HomeTips & TrickRidingSerba-Serbi Servis Rutin Motor: Waktu & 5 Bagian yang Dicek

Serba-Serbi Servis Rutin Motor: Waktu & 5 Bagian yang Dicek

Sebagai pemilik sepeda motor baru, mungkin kamu begitu senangnya dengan motor barumu yang keren hingga lupa memikirkan tentang perawatannya. Hal ini wajar saja di awal, namun ini adalah kesalahan pemula. Sekalipun kamu tidak terlalu paham soal mesin motor, bekali dirimu sekarang tentang servis rutin motor yang bertujuan menjaga performa motor tetap oke.

Selain menjaga performa mesin motor tetap baik dan aman saat dikendarai di jalan raya, dengan mengetahui segala hal terkait servis rutin motor akan meningkatkan kepercayaan dirimu sebagai pengendara baru. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Rutin Lakukan Servis Motor

Sebelum mengetahui apa saja komponen-komponen penting pada motor yang wajib untuk dirawat secara berkala agar kinerjanya tetap optimal dan aman, berikut beberapa manfaat jika kamu rutin lakukan servis motor.

  1. Keselamatan pengendara dan orang lain di jalan harus selalu jadi prioritas utama. Servis rutin bermanfaat untuk mengetahui potensi masalah sebelum terjadi bahaya yang mengancam keselamatan di jalan. Misalnya, rem yang rusak, kondisi ban yang aus, atau komponen lainnya yang sudah kendor. 
  2. Sepeda motor yang rutin dirawat akan mencapai performa puncak sehingga kamu bisa dengan percaya diri melintasi berbagai kondisi jalan serta mendapat pengalaman mengendara yang mulus dan menyenangkan.
  3. Manfaat servis motor berikutnya adalah membantu mendeteksi masalah sejak dini. Oleh karena itu, saat ditemukan problem pada motormu, bisa segera diperbaiki. Sekecil apapun masalahnya, jangan tunda untuk dibereskan segera ya, karena bisa mengakibatkan perombakan besar-besaran yang menguras dompet suatu saat nanti.
  4. Selain menjamin keselamatan dan keamanan berkendara, sepeda motor yang rutin diservis dengan baik juga akan punya usia pakai yang lebih lama, lho! Ini termasuk rutin mengganti oli, pelumasan yang tepat, dan mengganti suku cadang yang aus bisa mencegah motor cepat turun mesin. 
  5. Patuh pada jadwal servis rutin motor juga penting lho, terlebih jika motormu masih dalam garansi. Dengan servis motor secara berkala sesuai buku panduan, memastikan motormu tetap mendapat cakupan garansi dalam masa yang ditentukan oleh pabrikan. 
  6. Ternyata, rutin lakukan servis sepeda motor juga berkontribusi mengurangi dampak lingkungan juga. Mesin motor yang dirawat dengan baik akan bekerja lebih efisien dan minim menghasilkan emisi berbahaya. Tekanan ban yang pas dan filter udara yang bersih juga meningkatkan efisiensi bahan bakar plus mengurangi jejak karbon.

Kapan Servis Motor Harus Dilakukan?

Servis rutin bukan sebuah pilihan karena ini adalah tanggung jawab setiap pemilik sepeda motor. 

Pegiat otomotif menyarankan waktu servis rutin tergantung pada jarak kilometer yang sudah ditempuh masing-masing motor. Hal ini karena setiap motor bisa memiliki intensitas pemakaian yang berbeda. Ada pengguna motor yang bisa mencapai 2.000 km setiap bulan, sementara yang lainnya butuh lebih dari 2 bulan untuk mencapai jarak tempuh yang sama.

Lalu, kapan servis rutin motor perlu untuk dilakukan?

Motor keluaran lama (sekitar tahun 2000), servis motor dilakukan saat jarak tempuhnya sudah mencapai 2000 km.

Motor matic dan motor bebek keluaran baru, wajib dicek dan diservis saat jarak tempuhnya kurang lebih 4000-5000 km.

Untuk motor sport, sebaiknya servis saat mencapai 6000 km dan untuk moge sekitar 12.000 km.

Baca juga: Waspadalah, Inilah Tanda-Tanda Motor Kamu Harus Turun Mesin

Komponen-Komponen yang Menjadi Bagian Servis Rutin Motor

Buat Eigerian yang setiap hari berkendara pakai sepeda motor, tentu sebuah kesalahan jika sering lupa mengecek dan merawat beberapa komponen mesin pada motor secara rutin. Jika motor kurang dirawat, maka beberapa komponennya bisa alami kerusakan, performa menurun, dan akhirnya tidak bisa beroperasi lagi. Berikut adalah beberapa komponen yang sebaiknya rutin diperiksakan saat servis motor rutin.

1. Periksa Kondisi Busi

Busi merupakan salah satu bagian vital pada sepeda motor yang membantu proses pembakaran mesin berjalan dengan baik. Kondisi busi yang sehat tentunya berpengaruh terhadap nyalanya mesin motor. Jika kondisi busi kotor, berkerak, atau rusak, bisa dipastikan motor akan susah dihidupkan.

Ada dua tanda yang menandakan busi motormu tidak sehat, yaitu warnanya memutih atau menghitam. Busi yang berubah warna jadi putih pucat disebabkan oleh banyaknya udara dibanding bensin mesin. Sedangkan busi yang menghitam menandakan ada banyak kotoran atau kerak yang masuk dan menempel ke ruang bakar, kondisi busi seperti ini harus segera diganti.

Jadi, kamu wajib selalu memeriksa kondisi kesehatan busi motor dan segera ganti jika kondisinya sudah rusak agar sepeda motor bisa menyala dengan aman dan terkendali.

2. Cek dan Ganti Oli Motor

Ada banyak manfaat oli mesin bagi performa sebuah motor. Selain menjadi pelumas komponen mesin, oli juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kebocoran gas yang terjadi di ruang bakar, bisa mendinginkan mesin, dan juga mencegah karat. 

Tanda-tanda kamu jarang atau terlambat ganti oli mesin di antaranya seperti motor akan overheat, pemakaian bensin yang boros, hingga parahnya mesin motor lebih mudah rusak.

Nah kamu perlu memeriksa dan mengganti oli mesin setiap kali servis motor. Umumnya, oli mesin perlu diganti setelah mencapai jarak 2.500-3.000 km. Jika belum mencapai jarak tersebut, oli mesin wajib diganti lho setiap 6 bulan sekali. Biaya ganti oli pun tidak mahal dan terjangkau.

3. Cek Kondisi Kampas Rem

Komponen penting berikutnya yang perlu dicek kondisinya saat servis adalah kampas rem. Rem punya peran vital untuk mengendalikan, memperlambat, dan menghentikan laju putaran roda. 

Seperti yang banyak kita tahu, ada banyak kasus kecelakaan di jalan akibat rem blong dan tidak berfungsi dengan baik karena kampas remnya sudah menipis. Maka ada baiknya kamu cek kondisi rem depan dan belakang motor apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika sekiranya sudah tidak optimal untuk pengereman, maka sebaiknya ganti kampas rem depan cakram dan kampas rem belakang tromol dengan biaya yang ramah di kantong.

4. Filter Motor

Penyebab kenapa motor kerap mogok bisa jadi karena komponen filternya yang sudah kotor. Filter atau penyaring udara dari paparan debu dan kotoran ke mesin motor ini wajib kamu cek saat servis rutin. Selain bisa menyebabkan motor mogok, kondisi filter yang kotor bisa membuat motor tidak bertenaga dan bensinnya boros. 

Sebagai panduannya, motor bebek 150 cc disarankan mengganti filter udara per 10.000 km. Sedangkan untuk pengguna motor matic 150 dan 250 cc, dianjurkan untuk mengganti filter setiap 12.000 km atau 12 bulan sekali. Dipastikan dengan memasang filter yang baik akan terhindar dari risiko motor mogok di tengah jalan.

5. Cek Kondisi Tekanan Angin Ban Motor

Pemeriksaan tekanan angin ban motor secara rutin sangat penting untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan berkendara, serta efisiensi bahan bakar. Idealnya, kamu perlu melakukan pengecekan tekanan ban motor sebulan sekali atau sebelum berkendara jarak jauh. 

Perlu kamu catat, agar ban motor bisa berfungsi dengan baik, maka ban harus diisi dengan angin berdasarkan ukuran ban. Contohnya, untuk motor bebek dan motor matic yang berbobot ringan, tekanan angin yang dibutuhkan 28 – 30 pounds per square inch. Untuk motor sport, roda depan 32 – 34 psi dan ban belakang sekitar 39 – 41 psi.

Selain beberapa komponen di atas, komponen lainnya yang juga perlu rutin dicek adalah tuas kopling, bagian kelistrikan, handle gas, hingga air radiator.

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor yang Sulit Dihidupkan, Apa Saja?

Performa Motor Terkondisi Baik dan Gunakan Riding Gear Terbaik dari EIGER 

Setelah paham soal manfaat, kapan waktu servis, dan komponen penting apa saja yang perlu dirawat, kini waktunya Eigerian untuk langsung mempraktekkannya, ya! Tetaplah berkomitmen untuk melakukan servis motor di bengkel kepercayaan agar pengalaman berkendara menjadi jauh menyenangkan dan bebas masalah meski menempuh jarak berkilo-kilo. 

Setelah memastikan motor kamu terawat dan dalam kondisi prima, pastikan juga kamu berkendara dengan perlengkapan riding yang lengkap, aman dan nyaman.

Dalam konteks ini, Eigerian perlu coba menggunakan berbagai perlengkapan berkendara terlengkap dan berkualitas yang tersedia di EIGER Adventure Official.

Kamu bisa mendapatkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti celana riding, jaket riding, slayer, sarung tangan, helm, sepatu riding, dan masih banyak lagi.

Seluruh produk Riding dari EIGER terjamin original, berkualitas tinggi, harga terjangkau, dan tahan lama. Belanja bisa langsung kunjungi store resmi EIGER di kotamu atau belanja online hanya di situs resmi EIGER Adventure Official.

Nikmati berbagai promo menarik, voucher belanja, diskon setiap waktu, dan banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih (bank transfer, COD, paylater, dan lainnya). Belanja makin mudah dan juga menguntungkan dengan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru