HomeTips & TrickLifestyle6 Tips Puasa Sehat Ala Eigerian, Coba Lihat di Sini!

6 Tips Puasa Sehat Ala Eigerian, Coba Lihat di Sini!

Momen menjalankan ibadah puasa, menjadi momen yang dinantikan semua umat muslim di seluruh dunia. Kenikmatan menjalankan pantangan yang ada jelas menjadi sebuah candu, karena membuat seorang merasa lebih dekat dengan sang Pencipta. Tentu saja, ibadah puasa sehat harus tetap jadi pegangan, agar semua agenda yang ada tetap bisa dijalankan dengan baik.

Hal paling masif yang berubah adalah pola makan yang dimiliki setiap orang yang menjalankan ibadah puasa. Waktu makan yang idealnya tiga kali sehari di waktu sarapan, makan siang, dan makan malam, akan bergeser menjadi makan sahur dan berbuka puasa.

Asupan energi yang bisa dikatakan berkurang ini harus disiasati dengan cermat pula, seperti menggunakan beberapa tips puasa sehat di bawah ini.

Baca Juga: 11 Teknik Dasar Olahraga Parkour, Cermati di Sini!

1. Jangan Skip Makan Sahur!

Mungkin jadi salah satu tips yang paling banyak diketahui orang, tapi kadang-kadang masih saja dilewatkan. Secara praktis makan sahur adalah satu-satunya asupan energi untuk tubuh selama menantikan waktu berbuka, yang notabene berjarak lebih dari 12 jam.

Menu makan yang ideal jadi opsi terbaik yang bisa kamu santap supaya tubuh punya ‘bahan bakar’ yang diperlukan untuk bergerak dan beraktivitas. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi untuk menghindari rasa haus terlalu hebat di siang hari.

Beberapa makanan yang direkomendasikan antara lain adalah telur, buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, beras merah, oatmeal, ikan salmon, susu rendah lemak, dan sejenisnya.

2. Tetap Penuhi Kebutuhan Cairan Harian

puasa sehat
Sumber: Eiger Adventure

Memang waktu makan dan minum akan berubah secara drastis. Tapi hal ini tidak berarti kamu bisa mengesampingkan kebutuhan cairan harian yang dimiliki oleh tubuh manusia secara umum.

Pada titik  ideal, tubuh seorang dewasa memerlukan air setidaknya 2 hingga 3 liter setiap hari, atau lebih kurang 8 hingga 10 gelas air putih. Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan mengatur waktu minum saat sahur dan setelah berbuka puasa.

Sedikit saran untuk waktu sahur, hindari minuman-minuman yang dikenal bisa memicu kondisi dehidrasi atau haus di tengah hari. Beberapa minuman ini antara lain kopi, teh, serta minuman bersoda yang mungkin terasa segar sebagai penutup sahur.

3. Makanan Ideal dan Porsi Tepat

Tidak perlu terlalu mewah dan banyak, makan dengan komposisi gizi seimbang dan porsi yang tepat justru bisa memberikan suplai energi optimal untuk berkegiatan sepanjang hari. Tidak sedikit loh yang masih berpikiran sahur dan berbuka dalam porsi banyak adalah cara tepat untuk memberikan energi.

Nyatanya makan dalam porsi terlalu banyak dan komposisi makanan yang tidak seimbang justru bisa membuat perut terasa kembung, dan memicu banyak gangguan dan ketidaknyamanan lain sepanjang hari.

Jadi ingat, makan dalam porsi sewajarnya saja, perhatikan komposisi makanan yang disantap, dan cukupi kebutuhan air setiap hari selama berpuasa.

4. Jangan Lupakan Olahraga

puasa sehat
Sumber: Eiger Adventure

Jangan sampai kamu berpikir bahwa olahraga akan membuatmu semakin lemas dan tidak bersemangat ya!

Justru sebaliknya, rutin olahraga bisa jadi kunci menjaga kesegaran dan kesehatan selama kamu menjalani ibadah puasa. Olahraga yang terus dilakukan dengan intensitas sedang atau ringan bisa membantu menjaga kondisi tubuh.

Untuk waktu olahraganya sendiri bisa beragam, di pagi hari setelah sahur, atau sore menjelang berbuka dan malam setelah melaksanakan ibadah salat. Dengan begini, tubuh tetap bisa dilatih dan berada dalam kondisi terbaik meski harus menjalani ibadah puasa penuh selama seharian.

5. Penting! Atur Jadwal Tidur yang Ideal

Satu hal yang wajib tetap diperhatikan adalah jam tidur yang teratur. Waktu istirahat yang teratur dan berkualitas harus masuk dalam tips puasa sehat kali ini, karena hal ini juga berpengaruh pada kesehatan jangka panjang.

Selama menjalankan ibadah puasa ini, pastikan kamu mendapat waktu tidur malam tidak kurang dari 4 jam. Waktu tidur yang masih kurang bisa didapatkan setelah aktivitas ibadah subuh dan sahur selesai, tapi berikan waktu beberapa saat agar makanan bisa terlebih dahulu masuk ke pencernaan.

Sebenarnya waktu istirahat ideal tetap disarankan dari malam sekitar pukul 22.00 hingga sebelum sahur. Tapi jika tidak bisa menepati jadwal ideal ini, kamu bisa memastikan waktu minimal yang diperlukan tubuh bisa ditepati demi tubuh yang segar dan sehat lebih lama.

6. Sempatkan Bersentuhan dengan Alam

puasa sehat
Sumber: Eiger Adventure

Well percaya atau tidak menghabiskan beberapa belas menit di area terbuka hijau bisa memberikan semangat di tengah hari yang terik. Sambil menghabiskan waktu istirahat, kamu bisa mencari tempat yang teduh dan banyak pepohonan.

Bersentuhan dengan alam secara langsung seperti ini bisa mengembalikan sedikit energi dan semangat, sehingga kamu bisa melanjutkan puasa dengan lebih fokus. Jelas saat berada di ruangan selama jam kerja akan membuatmu cepat bosan dan melayangkan pikiran ‘kan?

Sekedar duduk menghirup udara segar, melemaskan mata dengan pemandangan hijau, dan menikmati ruang yang lebih asri, akan memberikan asupan semangat yang cukup sampai berbuka puasa.

Baca Juga: Lebih Berwarna, Coba Mix and Match Corak Baju ala EIGER 

Enam tips puasa sehat di atas bisa kamu persiapkan sejak sekarang, dan menjadi kebiasaan baik untuk masa yang akan datang. Pola hidup sehat yang nantinya tercipta selama bulan puasa semoga bisa jadi standar baru, dan membawa dampak positif sampai usia senja. Jika kamu mencari produk handal untuk aktivitas luar ruang, tentu situs resmi Eiger Adventure akan jadi tempat terbaik untuk menemukannya. Semoga bermanfaat, dan selamat mempersiapkan fisik dan mental menyambut bulan penuh berkah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru