HomeTips & TrickLifestyle11 Teknik Dasar Olahraga Parkour, Cermati di Sini!

11 Teknik Dasar Olahraga Parkour, Cermati di Sini!

Menjadi salah satu olahraga ekstrim yang banyak digemari anak muda, parkour merupakan jenis olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik, fleksibilitas, dan kemampuan bergerak seseorang. Nyatanya, olahraga parkour juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, jika kamu melakukannya dengan benar.

Sebenarnya jika ditelisik jauh ke akar katanya, parkour adalah bahasa Prancis yang berarti seni gerak. Dalam Collins Dictionary, disebutkan bahwa olahraga parkour adalah aktivitas berlari atau bergerak melalui area di kota menggunakan gerakan terampil untuk melompati tembok dan benda lainnya. Yang lebih menantang adalah tidak digunakannya alat bantu apapun untuk olahraga ini.

Baca Juga: 7 Perbedaan Sepeda Balap dan Sepeda Gunung, Yang Punya Hobi Bersepeda Wajib Tahu 

11 Teknis Dasar Olahraga Parkour, Wajib Tahu!

olahraga parkour
Sumber: freepik.com

Jangan sampai Eigerian berpikir parkour hanya sekedar berlari dan melompat saja, karena sejatinya banyak sekali teknik dasar yang harus dikuasai sebelum bisa bermanuver dengan lincah. Setidaknya terdapat 12 teknik dasar dari parkour yang wajib dipelajari sebelum beraksi.

1. Lompatan ke Atas dan Bawah

Kamu bisa berlatih dengan melompat naik ke sebuah objek yang lebih tinggi dan kemudian turun kembali ke posisi semula. Teknik ini menjadi dasar karena gerakan parkour akan mengandalkan banyak kekuatan eksplosif dari otot kaki.

2. Berguling

Atau dikenal dengan sebutan gerakan roll. Fungsinya adalah untuk mengurangi beban pada kaki ketika kamu mendarat dari objek yang tinggi, dan mendapatkan momentum gerakan ke depan untuk berlari.

3. Wall Climb

Gerakan memanjat tembok ini berguna untuk melewati objek besar yang memiliki ketinggian lebih dari tubuh Eigerian. Fokusnya adalah menarik tubuh ke atas dengan kekuatan tangan, dan membantunya dengan pijakan kaki ke objek tersebut.

4. Jumping Over

Teknik dasar keempat adalah jumping over, untuk berpindah dari satu objek ke objek lain yang letaknya cukup jauh. Kamu perlu melatihnya dengan baik dan berlari agar mendapatkan daya lenting yang diperlukan.

5. Precision Jump

Jika teknik keempat tadi dilakukan sambil berlari, maka teknik kelima ini justru dilakukan dari posisi diam dan berhenti di posisi diam kembali. Lompatan yang dilakukan bisa cukup jauh, dan memerlukan kekuatan kaki serta keseimbangan yang baik.

6. Vaulting

Setelah menguasai jump over, teknik berikutnya ini bisa dipelajari. Kamu akan melakukan lompatan melewati sebuah objek dengan bantuan tangan, untuk mendapatkan lompatan yang lebih jauh. Variasinya sendiri cukup banyak, dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

7. Swinging Through

Teknik berikutnya adalah swinging through, yang merupakan teknik bergelantung. Eigerian perlu menemukan tiang yang bisa diandalkan. Kombinasi gerakan yang dilakukan adalah berlari, kemudian mencapai bagian bar yang akan jadi titik bergelantung, meraihnya, mengayun ke depan, dan lanjur berlari.

8. Cat Leap

Teknik cat leap mirip dengan gerakan kucing ketika melompat. Teknik ini gabungan dari precision jump dan wall climb, untuk melewati tembok yang tinggi dan berada cukup jauh di depan.

9. Wall Spin

Selanjutnya adalah wall spin. Inti dari teknik ini adalah gerakan menggunakan dua tangan sebagai tumpuan, dan melakukan rotasi ke arah samping untuk mengganti arah tubuh.

10. Front Flip dan Back Flip

Dimulai dengan berlari, melompat, kemudian melakukan rotasi ke arah depan, untuk melanjutkan berlari. Teknik ini cukup sulit dilakukan, dan harus dilatih dengan arahan yang tepat. Hal yang sama juga berlaku untuk back flip.

11. Wall Flip

Terakhir adalah wall flip, yang mirip dengan gerakan back flip. Hanya saja rotasi dilakukan dengan terlebih dahulu berlari ke arah  tembok, dan menjadikannya pijakan langkah untuk melakukan flip ke belakang.

Tapi Apa Sih Manfaatnya?

olahraga parkour
Sumber: freepik.com

Menjadi salah satu bentuk olahraga ekstrim haru sebaiknya dilakukan dengan arahan yang tepat dan penuh kehati-hatian, nyatanya parkour memiliki manfaat yang sangat banyak. Mulai dari manfaat untuk fisik hingga mental, berikut deretan manfaat yang bisa Eigerian dapatkan dari olahraga tersebut.

  • Meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh
  • Menguatkan tulang dan persendian
  • Meningkatkan fleksibilitas gerak
  • Melatih ketahanan jantung dan paru-hari
  • Membentuk postur tubuh yang baik
  • Mengurangi rasa takut
  • Menurunkan perilaku antisosial
  • Menjadi variasi olahraga yang menyenangkan
  • Melatih kecepatan mengambil keputusan
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Melatih fokus saat melakukan kegiatan
  • Meningkatkan kreativitas dan imajinasi

Tips Simpel Berlatih Olahraga Parkour untuk Pemula

olahraga parkour
Sumber: freepik.com

Untuk bisa belajar olahraga parkour dengan baik, Eigerian bisa mempraktekkan gerakan dasar yang disebutkan di bagian awal tadi. Selain itu, beberapa tips untuk pemula yang sifatnya mendasar juga bisa dilihat di bawah ini.

  • Lakukan latihan kekuatan dan kelenturan tubuh secara rutin
  • Mulai dengan gerakan yang lebih mudah
  • Awali dengan melihat gerakan yang dilakukan instruktur atau orang yang lebih ahli, imajinasikan, kemudian latih secara rutin
  • Selalu perhatikan lingkungan sekitar
  • Pastikan Eigerian berlatih di tempat yang aman
  • Ingat batas, jangan terlalu berlebihan
  • Jangan takut gagal tapi tetap berhati-hati dalam bergerak agar tidak mengalami cedera
  • Jika diperlukan, gunakan perlengkapan pelindung saat berlatih parkour

Parkour Seru Bersama Eiger Adventure!

Untuk bisa bergerak dengan leluasa, dukungan apparel yang berkualitas jelas akan banyak membantu. Di artikel ini, akan disertakan setidaknya dua produk Eiger Adventure yang bisa kamu gunakan, pertama adalah Eiger Wallace Line Sleeveless T-Shirt, dan kedua Eiger Harrier Shoes.

Eiger Wallace Line Sleeveless T-Shirt

olahraga parkour
Sumber: Eiger Adventure

Tersedia hingga ukuran XXXXL, harga dari outfit keren ini hanya Rp188.100 saja. Memberikan keleluasaan gerak yang baik, kamu juga bisa merasakan terpaan angin langsung untuk menghindari hawa panas.

Eiger Harrier Shoes

olahraga parkour
Sumber: Eiger Adventure

Sepatu ini didesain khusus untuk menunjang performa Eigerian saat berlari di luar ruang, terlebih untuk area dengan permukaan yang tidak rata. Memiliki daya cengkram yang baik, Eigerian bisa membawa pulang sepatu ini dengan harga Rp1.168.900 saja.

Baca Juga: Ingin Menjelajah Wisata Alam Ekstrim? Ini 6 Rekomendasinya! 

Sekilas tentang olahraga parkour di atas semoga bisa jadi informasi yang menarik dan berguna untuk Eigerian. Jangan lupa, tetap utamakan keselamatan dan pelajari tekniknya dengan benar agar terhindar dari cedera. Kamu bisa segera mencari komunitas dan mulai berlatih dan mendalami olahraga ini. Dapatkan juga apparel dari Eiger Adventure di situs resminya, yang memberikan ongkir gratis ke berbagai lokasi di Indonesia, jaminan produk original, harga terbaik, serta metode pembayaran yang beragam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru