HomeTips & TrickTravelingIni Dia 7 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga dan Tetap Seru

Ini Dia 7 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga dan Tetap Seru

Siapa yang tak ingin liburan bersama keluarga tersayang sehingga dapat merasakan hangatnya interaksi setiap anggota keluarga? Hal ini jadi dambaan banyak orang, terlebih mereka yang jam kerjanya begitu sibuk. Nah, di artikel singkat ini, ada lho tips liburan yang bisa digunakan oleh kamu semua yang ingin mengeksekusinya.

Lebih lanjut, tips liburan di bawah ini juga akan berfokus tentang bagaimana menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa harus menghamburkan uang. Memang, untuk keluarga seharusnya tidak ada yang mahal. Namun harus juga melihat realita bukan?

Maka dari itu, berikut tips liburan hemat bersama keluarga yang bisa dibagikan untuk kamu semua!

Baca Juga : Yuk Singgah Ke 5 Wisata Alam Semarang Seru Ini!

1. Rencanakan dengan Matang

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tentu semua agenda akan berjalan lancar jika direncanakan dengan matang. Mulai dengan survei tempat dan lokasi wisata, kemudian akomodasi yang bisa digunakan, hingga moda transportasi untuk menuju dan beraktivitas di lokasi wisata tersebut.

Kamu bisa dengan mudah mengetikkan kata kunci ‘akomodasi murah di ….’ untuk mendapatkan rekomendasi awalnya. Baru kemudian bisa ditelusuri dan dipastikan sehingga liburan yang kamu lakukan bersama keluarga bisa berjalan lancar, hemat, namun tetap seru.

Ingat, patuhi rencana ini dan konsisten pada semua yang sudah disusun. Meminimalisir terjadinya pembelian dadakan atau pengeluaran tambahan agar anggaran tidak membengkak.

2. Pesan Tiket dan Tempat Menginap Jauh-Jauh Hari

Pemesanan tiket dan tempat menginap akan memberikan harga lebih ekonomis saat kamu memesannya jauh-jauh hari. Ini termasuk dalam perencanaan matang yang dibahas di poin pertama tadi, namun spesifik pada waktu pemesanan kedua hal tersebut.

Tidak sedikit juga promo yang diberikan berbagai platform dan layanan untuk pemesanan tiket tiga atau enam bulan sebelum digunakan. Dengan memesan tiket dan penginapan seperti ini, kamu dijamin akan mendapatkan harga yang paling terjangkau jika dibandingkan dengan pemesanan mendadak.

Jangan buru-buru memesan tiket dan penginapan, pastikan dahulu semua agenda sudah tersusun dan waktu yang dipilih cocok untuk semua anggota keluarga.

3. Tips Liburan Ketiga, Hindari Peak Season

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Peak season adalah masa liburan, long weekend, atau momen lain yang membuat tempat wisata menjadi padat pengunjung. Pada peak season ini harga tiket dan penginapan akan meningkat drastis, sehingga tidak direkomendasikan untuk kamu yang ingin liburan hemat.

Tips liburan selanjutnya adalah dengan menghindari peak season saat akan berangkat bersama keluarga. Meski dengan konsekuensi atraksi yang kurang, namun setidaknya kamu bisa menikmati waktu berkualitas bersama keluarga di tempat wisata tanpa banyak kebisingan.

Peak season sendiri bisa dilihat dari kalender, dan terjadi saat liburan sekolah, long weekend, atau momen lain.

4. Kesampingkan Dulu Kemewahan

Berlibur di tempat yang mewah dan prestisius mungkin menyenangkan, namun harus diganjar dengan anggaran yang tak sedikit. Alih-alih fokus pada kemewahan, geser fokus kamu ke kenyamanan atau pengalaman bersama.

Pergeseran fokus liburan ini bisa membuat kamu menghemat banyak dana. Mulai dari memilih kereta alih-alih pesawat, mencari guesthouse alih-alih hotel mewah, dan mengunjungi lokasi alam alih-alih tempat wisata modern.

Lebih banyak waktu berkualitas bisa dihabiskan bersama keluarga dengan fokus pada pengalaman bersama dan kegiatan kolektif. Tetap menyenangkan, namun dengan lebih sedikit pengeluaran.

5. Batasi Anggaran dengan Membawa Uang Tunai

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Transaksi cashless memang sedang tren belakangan ini karena memberikan banyak kemudahan. Namun transaksi seperti ini berpotensi meningkatkan pengeluaran, karena tidak ada sensasi mengeluarkan uang untuk membayar apapun.

Kamu bisa tetap menggunakan metode tersebut jika kamu bisa mengontrol dan membatasi saldo yang dikeluarkan. Namun sebagai alternatif, membawa uang tunai saat liburan dapat membantu kamu membatasi pengeluaran, dengan bentuk fisik uang yang terus berkurang saat digunakan.

Memang akan sedikit lebih merepotkan, namun dalam rangka penghematan budget, hal ini rasanya masih bisa ditoleransi.

6. Bawa Botol Minum Sendiri

Terdengar sepele dan tidak penting dalam rangka menghemat pengeluaran selama liburan, tapi membawa botol minum sendiri bisa memberikan efek yang luar biasa. Terlebih jika tempat menginap yang kamu pilih memiliki fasilitas air minum gratis yang bisa diambil dan diisi ulang.

Sebotol air minum bisa membantu kamu menghemat pembelian air minum dalam kemasan atau minuman lain. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa berpartisipasi aktif mengurangi sampah botol plastik.

Win-win solution untuk kesehatan finansial dan pelestarian lingkungan bukan?

7. Meminimalisir Pembelian Insidental

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Pembelian berbagai hal secara mendadak memang akan terasa memuaskan. Tapi di sisi lain, pembengkakan pengeluaran akan terjadi jika keinginan berbelanja terus dituruti.

Akan sangat lebih baik jika setiap anggota keluarga memiliki batasan belanja yang bisa digunakan, sehingga anggaran yang sudah direncanakan tidak membengkak. Langkah kecil seperti menahan diri bisa membantu kamu tetap berhemat.

Baca Juga : 7 Perlengkapan Traveling yang Wajib Dibawah, Ini Daftarnya! 

Itu tadi setidaknya 7 tips liburan yang bisa diberikan pada kamu agar kamu bisa berlibur dan tetap hemat bersama keluarga. Untuk membantu kamu liburan, kamu bisa menggunakan apparel dan perlengkapan travelling series dari Eiger Adventure. Di website Eiger Adventure official semua produk bisa ditemukan, dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Dapatkan perlengkapan liburan di Eiger Adventure, dan maksimalkan pengalaman liburanmu bersama keluarga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments