HomeTips & TrickGreen & HealthyIni Sederet Manfaat Daur Ulang Barang Bekas dan Caranya

Ini Sederet Manfaat Daur Ulang Barang Bekas dan Caranya

Sebagai masyarakat modern yang sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan, langkah daur ulang agaknya sudah jadi hal ideal setiap hari. Daur ulang barang bekas bisa mengurangi jumlah limbah rumah tangga secara masif, sehingga mengurangi sampah yang dapat merusak lingkungan.

Manfaatnya sendiri secara luas tak hanya di bidang mengurangi limbah rumah tangga saja, namun berantai hingga ke kebersihan dan kelestarian lingkungan. Hal ini akan dibahas lebih lanjut di bagian berikutnya, bersama dengan cara melakukan daur ulang secara mandiri di rumah.

Maka simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Kenapa Daur Ulang Barang Tidak Terpakai Perlu Dilakukan?

5 Manfaat Daur Ulang Barang Bekas di Rumah

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

1. Mengurangi Pencemaran Akibat Limbah

Barang yang sudah selesai digunakan biasanya akan menjadi limbah dan menuju ke tempat pembuangan akhir. Jika melihat kondisi TPA ini, maka pasti kamu akan mulai berpikir bagaimana caranya untuk mengurangi gunungan sampah tersebut.

Melakukan daur ulang pada barang bekas bisa membantu mengurangi produksi sampah rutin rumah tangga, yang pada akhirnya mampu membantu mengurangi limbah akhir yang dibuang ke TPA. TPA jelas memiliki prosedur pengolahan sampah. Namun jika jumlahnya terlalu banyak, maka sampah ini akan menumpuk dan menjadi bencana untuk lingkungan dan kesehatan.

2. Menjaga Lingkungan Tetap Sehat dan Bersih

Jelas dengan berkurangnya sampah dan limbah yang masuk ke TPA, maka akan berkurang juga risiko kesehatan untuk kamu dan semua orang. Dalam skala kecil, barang bekas yang didaur ulang di lingkungan rumah setidaknya akan menjaga lingkungan terkecil kamu ini tetap bersih.

Lingkungan yang bersih akan jauh dari risiko penyakit atau virus, sehingga kesehatan semua orang akan terjaga. Dengan demikian, daur ulang barang bekas akan memiliki dampak baik juga untuk kesehatan secara umum, dan kebersihan lingkungan.

Lagi pula jika lingkungan bersih, akan sedap dipandang juga bukan?

3. Hemat Energi dan Sumber Daya Alam

Dalam jangka panjang, daur ulang ini juga akan membantu penghematan energi dan sumber daya alam. Hemat energi dalam konteks pengolahan sampah masif, dan hemat energi dalam konteks produksi barang-barang baru dari permintaan pasar.

Bahan baku yang digunakan dalam sistem produksi juga berangsur-angsur akan berkurang, sehingga eksploitasi alam akan menurun. Memang hal ini baru bisa dirasakan dalam jangka panjang dan jika semua orang konsisten melakukan daur ulang. Namun melihat manfaatnya yang masif, rasanya tak berlebihan jika semua bisa dimulai sekarang, dari diri sendiri.

4. Daur Ulang Barang Bekas Mengasah Kreativitas

Ketika mengolah barang bekas, kamu juga akan mengasah kreativitas yang kamu miliki. Baik dari inspirasimu sendiri atau melihat konten di YouTube misalnya, ini akan melatih kamu untuk berpikir kreatif dan menghasilkan sesuatu dengan tanganmu.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu luang dengan produktif, serta melatih kesabaran dan sarana relaksasi. Jadi manfaatnya untuk diri sendiri juga cukup banyak ya?

5. Berhemat

Karena barang yang didaur ulang bisa digunakan kembali untuk tujuan lain, maka kamu akan berhemat untuk pengeluaran pembelian barang baru. Jika dibuat dengan sungguh-sungguh, barang daur ulang juga akan memiliki nilai fungsi yang tidak kalah dengan barang baru.

Ingat, meski berbahan barang bekas, namun nilainya bisa tinggi jika dibuat dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Siapa tahu, produk daur ulang ini juga diminati orang lain dan bisa jadi pemasukan tambahan untuk kamu.

Lalu Bagaimana Caranya Mendaur Ulang secara Mandiri?

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah, untuk kamu yang sudah mulai terinspirasi dengan beberapa manfaat daur ulang bahan bekas di atas, cara di bawah ini bisa kamu coba. Sedikit membutuhkan effort, namun kamu bisa mendapatkan nilai guna yang lumayan dari barang yang didaur ulang ini.

  • Pertama, bersihkan barang bekas yang akan didaur ulang : langkah pertama yakni membersihkan barang bekas yang akan didaur ulang dari sisa produk yang ada di dalamnya. Cairan, debu, dan materi lain yang masih menempel, bisa dibersihkan agar daur ulang bisa dilakukan dengan baik.
  • Kedua, cari inspirasi daur ulang dengan bahan tersebut : hal ini bisa dilakukan dengan cukup mudah yaitu dengan membuka YouTube, Pinterest, atau platform lainnya. Biasanya barang bekas yang didaur ulang akan memanfaatkan bahan dasar dari barang tersebut.
  • Ketiga, persiapkan alat dan bahan : proses daur ulang akan memerlukan beberapa alat dan bahan untuk mengolah barang bekas menjadi barang yang masih dapat digunakan. Siapkan semuanya dengan baik.
  • Keempat, kerjakan dengan sungguh-sungguh : jika mengacu pada video atau tutorial, pastikan kamu menjalankan semua yang diarahkan oleh video atau panduan tersebut. Tapi di skenario lain, kamu juga bisa mencoba dan bereksperimen dengan barang bekas yang kamu miliki.
  • Kelima, lakukan finishing touch dan dokumentasikan : jika sudah selesai kamu bisa memberikan sentuhan akhir untuk menambah nilai estetika atau nilai fungsi dari produk daur ulang ini. Jika perlu, dokumentasikan semua prosesnya dan unggah ke akun media sosial yang kamu miliki.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Menghemat Air untuk Kehidupan Sehari-hari 

Daur ulang barang bekas menjadi satu kebiasaan yang sangat baik untuk diadaptasi. Dengan semangat yang sama, Eiger Adventure juga memiliki sederet produk Eiger Sustainable Series yang dibuat dengan nilai daur ulang dan efisiensi bahan baku. Namun demikian kualitasnya tak lagi perlu diragukan karena sudah terbukti oleh banyak pelanggan. Dapatkan semua produk sustainable series di website Eiger Adventure official sekarang, dan mari terus lestarikan lingkungan dengan aktivitas daur ulang!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments