HomeTips & TrickItinerary Bisa Bikin Liburan Lebih Asyik dan Anti Ribet

Itinerary Bisa Bikin Liburan Lebih Asyik dan Anti Ribet

Saat liburan, kita akan memiliki waktu tenang dan terbebas dari tekanan pekerjaan. Tentunya, liburan menjadi waktu yang paling menyenangkan untuk hampir semua orang. Tetapi, liburan akan menjadi sebuah bencana, jika kita tidak melakukan perencanaan yang baik, termasuk membuat itinerary.

Secara bahasa, itinerary berarti rencana perjalanan, sedangkan secara istilah artinya adalah daftar yang mengurutkan acara perjalanan liburan secara lengkap mulai dari waktu, destinasi wisata, transportasi, hingga biaya perjalanan.

Entah itu liburan sendiri atau berkelompok, membuat itinerary adalah hal penting yang harus dilakukan agar perjalanan kita bisa lebih efektif dan efisien.

Manfaat Menyusun Itinerary Liburan

itinerary
Sumber: Freepik

Bagi beberapa traveler, itinerary mungkin bukan merupakan hal yang wajib untuk dibuat. Bahkan, ada beberapa yang merasa terikat dan tidak bebas jika menggunakan panduan. Padahal, panduan ini bisa dibuat lebih fleksibel. Berikut ini beberapa manfaat itinerary dalam perjalanan liburan kita.

  1. Pertama, agar kita tidak akan bingung mau ke mana saat sampai di kota tempat liburan. Begitu sampai, kita tidak perlu membuang banyak waktu untuk menentukan mau ke mana dulu. Dengan adanya itinerary, kita bisa segera pergi ke destinasi wisata tujuan yang telah ditetapkan. 
  2. Kedua, agar waktu liburan kita lebih efisien. Khususnya jika kita hanya punya waktu terbatas saat liburan, entah karena urusan pekerjaan atau hal lain, tapi ingin mengunjungi banyak tempat wisata. Itinerary akan membantu kita dalam memperkirakan waktu yang dibutuhkan dan berapa banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi.
  3. Ketiga, agar kita tahu perkiraan budget yang dibutuhkan saat liburan. Kita bisa menyusun pengeluaran, mulai dari penginapan, transportasi, hingga tiket masuk ke destinasi wisata. Bagi yang memiliki anggaran berlebih mungkin tidak terlalu bermasalah, tapi bagi yang liburan dengan anggaran minim tentu saja itinerary akan sangat membantu.
  4. Keempat, agar kita punya rencana cadangan jika rencana yang utama tidak terlaksana. Kelihatannya memang sepele, tapi rencana cadangan itu penting. Misalnya kita sampai di destinasi wisata tujuan, tapi ternyata lokasi tersebut sedang tutup karena ada perbaikan. Maka dengan itinerary, kita tidak akan kebingungan hendak menghabiskan waktu ke mana maupun melakukan kegiatan lainnya. Kita bisa segera memilih rencana cadangan yang telah diputuskan sebelumnya. 

Tips Menyusun Itinerary Liburan

itinerary
Sumber: Freepik

Untuk menyusun itinerary yang baik, silakan perhatikan beberapa tips di bawah ini:

1. Kumpulkan informasi penting

Jadwal pesawat, penginapan, transportasi, hingga rumah makan adalah informasi kunci yang harus dikumpulkan. Kita mungkin juga harus mengetahui rute-rute lokasi tujuan, misalnya rute dari bandara ke penginapan, rute dari penginapan ke lokasi wisata, dan juga jenis kendaraan yang bisa digunakan. 

2. Buat daftar kegiatan

Sangat penting bagi kita untuk membuat daftar semua hal yang ingin dilakukan selama liburan. Cari tahu acara lokal, kuliner khas, hingga lokasi wisata yang ingin dituju.

3. Tandai lokasi tujuan di peta

Menandai lokasi tujuan wisata di peta dan mencatat alamatnya adalah hal penting yang akan membuat liburan lebih efisien. Untuk setiap kegiatan, perkirakan lama waktu agar kita bisa menjangkaunya dan berapa lama alokasi waktu yang akan kita habiskan di setiap lokasi.

4. Atur kebutuhan budget liburan

Penting untuk dipahami, bahwa mahal atau tidaknya liburan tergantung bagaimana kita menetapkan alokasi budget. Jadi, bijaklah dalam mengatur kebutuhan budget selama liburan! 

5. Tetap fleksibel

Itinerary adalah sebuah petunjuk supaya kita tetap dalam jalur yang benar selama liburan. Jika kita melewatkan satu kegiatan, itu bukanlah sebuah kegagalan liburan. Kita bisa bertanya pada penduduk lokal tentang tempat makan populer, pasar tradisional, atau jika ada museum/lokasi wisata unik yang jarang terdengar. 

Baca juga: 7 Tempat Wisata Lembang Ini Punya Pemandangan Alam yang Indah

Buat Itinerary Se-detail Mungkin! 

Budget liburan sebaiknya memang dimasukkan ke dalam itinerary. Jangan hanya hitung berdasarkan kebutuhan saja, tapi juga berdasarkan budget yang ada. Dari kombinasi informasi di atas, kita bisa menyusun itinerary yang sempurna. Di hari pertama, kita menginginkan datang naik apa, mau menginap di mana, mau pergi ke mana dan mau makan di mana. Lalu hari kedua pergi ke mana, naik apa, makan di mana, dan seterusnya sampai liburan selesai. Semakin detail itinerary yang kita buat, maka akan semakin bagus. Misalnya ditambah dengan keterangan jam dan jumlah uang yang akan kita keluarkan.

Baca juga: Liburan Camper Van, Ini Persiapan yang Harus Kamu Lakukan

Sebelum berangkat liburan, sebaiknya kita memang membuat perencanaan dengan matang. Perjalanan liburan bisa terlaksana dengan nyaman dan aman dengan manfaat itinerary dalam perjalanan tersebut. Bahkan, kita juga memerlukannya untuk menghindari hal-hal tak terduga yang mungkin bisa terjadi. Jadi, sebaiknya Eigerian buat dulu itinerary lengkap sebelum berangkat liburan!

Selain itinerary, pastikan perlengkapan traveling-mu sudah siap. Simpan semua perlengkapan dengan aman serta mudah dijangkau ke dalam tas Roadtrip Ruck 32L. Finishing water repellent pada tas ini dapat melindungi tas dari cipratan air atau hujan ringan. Jadi, liburan ditemani tas ini dijamin aman dan nyaman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments