HomeTips & TrickTravelingCara Transit Pesawat untuk Maskapai yang Sama dan Berbeda

Cara Transit Pesawat untuk Maskapai yang Sama dan Berbeda

Ketika Eigerian bepergian menggunakan pesawat, ada beberapa pilihan penerbangan yang dapat dilakukan yaitu direct atau langsung dan transit dengan satu atau beda pesawat. Yuk, cari tahu bagaimana cara transit pesawat.

Bagi kita yang baru pertama kali naik pesawat, mungkin agak bingung ketika menggunakan penerbangan transit untuk mencapai lokasi tujuan.

Oleh karena itu, kita wajib tahu cara transit pesawat yang baik dan benar agar tidak salah langkah. Jadi, bisa mencapai tempat tujuan dengan tepat waktu.

Baca Juga: 9 Cara Naik Pesawat untuk Pemula Supaya Tak Ketinggalan

Cara Transit Pesawat

transit pesawat
(Foto papan informasi penerbangan. Sumber: Unsplash.com)

Ada beberapa prosedur transit pesawat yang bisa kita lakukan, tergantung pada penerbangannya. 

Misalnya, transit pesawat dengan maskapai yang sama atau berbeda. Ini dia langkah naik pesawat dengan penerbangan transit yang perlu Eigerian pahami.

1. Cara Transit Pesawat untuk Maskapai yang Sama

penumpang pesawat
(Foto penumpang pesawat terbang. Sumber: Unsplash.com)

Sebelum mengetahui cara transit pesawat dengan maskapai yang sama, Eigerian perlu memahami prosedurnya terlebih dahulu. Secara umum, prosedur transit dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Transit tanpa perlu turun dari pesawat, sehingga Eigerian akan diminta untuk tetap di dalam pesawat sekaligus menunggu penumpang lain turun dan penumpang tambahan naik dari bandara.
  • Penumpang diminta turun pesawat terlebih dahulu, tetapi akan terbang kembali dengan pesawat yang sama dan tidak perlu lapor kepada petugas. Jadi, Eigerian nantinya diarahkan menuju ruang tunggu dan dapat naik kembali setelah diminta oleh petugas.
  • Penumpang perlu turun pesawat dan diminta untuk membawa barang bawaan. Dalam hal ini, kita harus lapor kepada petugas untuk kemudian diberikan boarding pass sehingga dapat melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat lain.

Ketika transit dengan maskapai yang sama, inilah langkah-langkah yang perlu kita lakukan:

  1. Pastikan tiket penerbangan transit telah lengkap. Biasanya, penerbangan transit akan memiliki dua tiket pesawat sesuai rute awal ke tujuan transit dan kedua rute transit menuju destinasi akhir.
  2. Lapor pada pihak petugas ketika melakukan check-in di bandara pertama. Jadi, pihak penerbangan tahu bahwa kamu mengambil perjalanan transit. Dengan begitu, bagasi kita tidak diturunkan selama transit dan tidak perlu melakukan check-in ulang.
  3. Perhatikanlah setiap pengumuman yang disampaikan oleh pramugari. Hal ini penting agar kita tahu prosedur transit yang berlangsung selama penerbangan. Misalnya transit yang mengharuskan kita tetap berada di dalam pesawat, turun dahulu dengan membawa barang, atau turun tanpa barang.
  4. Persiapkan boarding pass lama untuk ditukarkan dengan yang baru oleh petugas.
  5. Simpan boarding pass dan tunggu pengumuman penerbangan berikutnya. Pastikan nomor gate benar dengan tertera yang ada dalam boarding pass, ya.

Baca Juga: Aturan Bagasi Pesawat yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Traveling

2. Cara Transit Pesawat dengan Maskapai yang Berbeda

perempuan mencari penerbangan
(Foto perempuan sedang mencari penerbangannya. Sumber: Freepik.com)

Selain transit menggunakan maskapai yang sama, kita juga dapat melakukan perjalanan udara dengan transit beda maskapai.

Ketika traveling dengan cara transit yang beda maskapai, Eigerian harus lebih sigap dan siap untuk mengeluarkan energi lebih. 

Pasalnya, kita sebagai penumpang tidak hanya diharuskan turun untuk berganti pesawat. Melainkan juga harus mengambil bagasi dan melakukan check-in ulang.

Sebagai gambaran, berikut cara transit pesawat dengan maskapai berbeda yang perlu Eigerian pahami:

  1. Perhatikan waktu pergantian persawat yang tertera pada boarding pass. Jadi, kita bisa mengestimasi waktu turun pesawat untuk mengambil bagasi dan melakukan check-in ke pesawat yang berikutnya. Waktu transit ini bisa beragam, mulai dari 1-2 jam, ada juga yang berlangsung cukup panjang hingga lebih dari 12 jam.
  2. Untuk mempercepat waktu check-in ke pesawat berikutnya, pastikan Eigerian telah mempersiapkan boarding pass, keterangan transit, identitas diri, paspor dan juga visa apabila diperlukan dalam penerbangan internasional.
  3. Setelah turun membawa bagasi, cari tahu posisi terminal penerbangan selanjutnya untuk dapat melanjutkan perjalanan sampai dengan tujuan. Dalam hal ini, kita bisa coba mencari informasi dengan melihat monitor yang menampilkan informasi penerbangan. Bisa juga dengan bertanya kepada petugas. Sebab, informasi gate untuk boarding sering kali mengalami perubahan.
  4. Apabila semua bagasi telah berada di tangan dan siap melanjutkan perjalanan, lakukan check-in barang bawaan untuk penerbangan berikutnya.
  5. Tunggu penerbangan berikutnya di ruang tunggu yang telah disediakan. Pastikan untuk menunggu di terminal atau gate yang tertera pada boarding pass sehingga lebih mudah bagi Eigerian dalam menuju pesawat selanjutnya.

Baca Juga: Pesawat Delay? Jangan Khawatir, Ini Aturan dan Kompensasinya

Solusi Tertinggal Pesawat Saat Transit

transit pesawat
(Foto wanita sedang mengecek jadwal penerbangan. Sumber: Freepik.com)

Selama proses transit pesawat, peristiwa tidak terduga mungkin saja terjadi. Misalnya tertinggal pesawat saat melakukan penerbangan transit.

Ketika hal kurang menyenangkan ini terjadi, kita tidak perlu panik dan bisa coba menghubungi maskapai terkait untuk menemukan solusinya. Bisa juga menuju kantor maskapai yang ada di bandara agar permasalahannya bisa ditangani lebih cepat.

Biasanya, pihak maskapai akan bertanggung jawab dengan penumpang yang mengalami hal ini. Apalagi kalau tertinggal pesawat disebabkan oleh kesalahan dari pihak maskapai, seperti karena pesawat yang delay atau durasi yang terlalu pendek.

Apabila hal ini terjadi, pihak maskapai mungkin akan mengarahkan kita ke penerbangan berikutnya sehingga bisa tetap sampai tujuan tepat waktu. 

Intinya, jangan malu bertanya pada pihak petugas untuk mencari solusi masalah yang Eigerian hadapi.

Baca Juga: Cek Dulu Ukuran Koper Kabin Pesawat yang Diizinkan Sebelum Traveling!

Agar kegiatan traveling berjalan lebih aman dan nyaman, lengkapi perlengkapan perjalananmu dengan produk-produk dari EIGER yang dapat dibeli melalui website EIGER Adventure Official.

Ada banyak sekali perlengkapan aktivitas outdoor dan kebutuhan traveling yang bisa Eigerian checkout. Semua produknya dijamin original, berkualitas, dan memiliki harga terbaik.

Proses berbelanjanya juga dijamin nyaman, berkat bantuan customer support yang tersedia selama 24 jam. Nikmati juga berbagai promo menarik seperti diskon spesial dan gratis biaya kirim. 

Jadi, tunggu apalagi, yuk, segera gunakan produk EIGER untuk melengkapi kebutuhan traveling-mu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments