HomeTips & TrickTravelingAturan Bagasi Pesawat yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Traveling

Aturan Bagasi Pesawat yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Traveling

Jika kita ingin liburan atau bepergian dengan pesawat terbang, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Berkaitan dengan regulasi penerbangan, aturan setiap maskapai perlu ditaati oleh semua penumpang. Salah satunya adalah aturan bagasi pesawat.

Mulai dari regulasi umum yang mengatur ketentuan barang yang tidak boleh dibawa oleh penumpang, mengikuti security check, serta kapasitas bagasi pesawat yang berbeda-beda setiap maskapainya.

Umumnya, maskapai penerbangan akan memberikan ruang bagasi pesawat gratis sebesar 15-25 kg. Jika barang bawaan Eigerian melebihi berat tersebut, maka Eigerian wajib membeli bagasi tambahan.

Pembelian bagasi tambahan dan keterangan aturan bagasi pesawat sebenarnya bisa dilihat melalui situs masing-masing maskapai. 

Namun, untuk mempermudah kita dalam memahami regulasi tersebut, berikut ini rangkuman aturan bagasi pesawat berbagai maskapai di Indonesia.

Baca Juga: 5 Cara Packing Baju di Koper Agar Muat Banyak dan Tetap Ringan

Aturan Bagasi Pesawat Berbagai Maskapai di Indonesia

bagasi pesawat
(Foto penumpang dan tas koper. Sumber: Freepik.com)

Sebelum memahami aturan bagasi pesawat, kita perlu mengetahui bahwa bagasi pesawat dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, bagasi kabin yang berada di dalam kabin penumpang, tepatnya di atas kursi penumpang.

Kedua, bagasi tercatat atau bagasi yang diserahkan kepada maskapai untuk diangkut ke dalam pesawat yang kita tumpangi dan ditempatkan di ruang khusus bagasi. 

Ruang khusus bagasi ini terpisah dengan kabin penumpang. Aturan bagasi maskapai penerbangan di Indonesia berbeda-beda, berikut regulasinya.

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia memberikan bagasi gratis untuk penerbangan domestik dan internasional, namun dengan kapasitas yang berbeda.

Kapasitas bagasi rute domestik untuk dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi di kabin kelas satu, mendapatkan bagasi 40 kg. Sementara itu, kelas bisnis berkapasitas 30 kg, dan kelas ekonomi sekitar 20 kg.

Kapasitas bagasi gratis untuk rute internasional penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi di kabin kelas satu adalah 50 kg. 

Pada kelas bisnis, kapasitas bagasi 40 kg, dan kelas ekonomi sekitar 30 kg. Bayi tanpa kursi di kelas bisnis dan ekonomi kapasitas bagasinya 10 kg.

Sementara itu, bagasi kabin yang diperbolehkan berukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm dengan berat tidak lebih dari 7 kg.

2. Citilink Indonesia

Maskapai Citilink memberikan bagasi gratis untuk semua penumpang dengan kapasitas 20 kg untuk penerbangan domestik. Sementara itu, rute internasional dan pesawat ATR72-600 mendapat kapasitas bagasi 10 kg.

Penumpang juga boleh membawa bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg. khusus armada A320, ukuran bagasi kabin maksimal adalah 56 cm x 36 cm 23 cm. Sementara itu, armada ATR72-600 ukuran maksimalnya 41 cm x 36 cm x 23 cm.

Baca Juga: 5 Destinasi yang Cocok untuk Road Trip Bersama Pasangan Atau Sahabat

3. Lion Air

ruang tunggu penumpang.
(Foto ruang tunggu penumpang. Sumber: Unsplash.com)

Maskapai Lion Air memberikan kapasitas bagasi sebesar 20 kg untuk penerbangan domestik. Untuk bagasi kabinnya, kapasitas maksimal sebesar 7 kg. Namun, ukuran bagasi kabin Lion Air berbeda-beda, tergantung jenis armada pesawatnya.

Kalau Eigerian menggunakan pesawat Boeing (Lion Air dan Batik Air), dimensi bagasi kabinnya sebesar 40 cm x 30 cm x 20 cm. Sementara itu, pesawat ATR (Wings Air) dimensinya sekitar 35 cm x 30 cm x 20 cm.

4. Batik Air

Kapasitas bagasi gratis maskapai Batik Air ditentukan berdasarkan kelas penerbangan. Untuk kelas bisnis, kapasitas bagasinya sebesar 30 kg. Sementara itu, kapasitas bagasi kelas ekonomi ialah 20 kg.

Adapun berat maksimal bagasi kabin yakni 7 kg dengan dimensi maksimal 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Baca Juga: 5 Inspirasi Outfit Jalan-Jalan Anti Ribet Tapi Tetap Stylish

5. Sriwijaya Air

Jika Eigerian akan bepergian dengan maskapai Sriwijaya Air, maka pastikan semua bagasi yang dibawa sudah terdaftar paling lambat satu jam sebelum keberangkatan untuk rute domestik. 

Untuk rute internasional, pastikan bagasi sudah terdaftar paling lambat dua jam sebelum terbang.

Setiap penumpang kelas ekonomi mendapat bagasi gratis berkapasitas 20 kg, khusus pesawat ATR hanya 10 kg. Penumpang bayi tidak mendapat bagasi gratis. Kapasitas maksimal bagasi kabin seberat 7 kg dengan dimensi 56 cm x 33 cm x 23 cm.

6. AirAsia

penumpang maskapai penerbangan
(Foto penumpang maskapai penerbangan. Sumber: Freepik.com)

Maskapai AirAsia memberikan kapasitas bagasi gratis sebesar 20 kg untuk rute domestik. Jika berat bagasi kita lebih dari ketentuan tersebut, semua bagasi terdaftar akan dikenakan biaya tambahan yang besarannya bervariasi.

Sementara itu untuk bagasi kabin, setiap penumpang boleh membawa dua buah tas atau koper mini dengan berat tidak lebih dari 7 kg.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Travel Pouch untuk Berbagai Kegiatan, Simak di Sini!

7. Super Air Jet

Maskapai milenial Super Air Jet memberikan kapasitas bagasi gratis sebesar 20 kg untuk setiap penumpangnya. Jika melebihi kapasitas tersebut, akan dikenakan biaya tambahan sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, penumpang juga diperbolehkan membawa bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg dengan berdimensi tidak lebih dari 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Selain memahami aturan bagasi pesawat, Eigerian juga perlu menggunakan perlengkapan traveling terbaik demi keamanan dan kenyamanan saat berpergian.

Nah, Eigerian bisa menggunakan perlengkapan outdoor dan traveling seperti travel lock atau gembok koper, tas ransel, shoulder bag, pakaian, jam tangan, dan aksesoris traveling lainnya dengan berbelanja melalui situs Website EIGER  Adventure Official.

Proses belanja online di situs web EIGER sangatlah mudah dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik untuk berbagai barang pilihan.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru