HomeTips & TrickGreen & HealthyMemilih Waktu Olahraga yang Baik, Baca Dulu Artikel Ini!

Memilih Waktu Olahraga yang Baik, Baca Dulu Artikel Ini!

Melakukan olahraga rutin kini sudah jadi bagian dalam rutinitas masyarakat dunia. Tak hanya karena pandemi yang sempat melanda, namun juga karena kesadaran pada pentingnya olahraga mulai dimiliki semakin banyak orang. Yang masih menjadi perdebatan adalah kapan waktu olahraga yang baik?

Sebagian besar orang menyebutkan olahraga di sore atau malam hari memberikan lebih banyak manfaat. Sementara sebagian orang lain beranggapan bahwa olahraga pagi bisa berdampak lebih baik pada tubuh.

Meski sama-sama berolahraga, ternyata kedua pendapat ini juga didukung oleh berbagai fakta menarik. Nah sebelum kamu memutuskan kapan waktu olahraga yang baik, kamu bisa lihat pertimbangannya di bawah ini.

Baca Juga : Mudah dan Efektif, Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Ini Patut Dicoba

Fakta Olahraga Di Pagi Hari

waktu olahraga yang baik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Pertama mari simak fakta terkait waktu olahraga di pagi hari. Cukup banyak orang yang memilih waktu olahraga ini untuk mengawali harinya, dengan berbagai motivasi. Namun menurut salah satu artikel di alodokter.com, beberapa manfaat atau keuntungan olahraga pagi antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Tubuh terasa lebih segar dan berenergi
  2. Meningkatkan suasana hati sejak pagi hari hingga aktivitas selesai karena hormon endorfin diproduksi saat olahraga pagi ini
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dalam waktu satu hari tersebut akan lebih banyak.
  4. Olahraga pagi hari mendorong seseorang untuk mengkonsumsi makanan sehat di waktu siang dan malam hari.
  5. Meningkatkan performa kerja atau aktivitas. Olahraga di pagi hari bisa membuat Anda lebih fokus dan dapat mengambil keputusan dengan lebih baik.
  6. Mengontrol nafsu makan sepanjang hari dan membantu proses diet dengan mengurangi makanan yang dikonsumsi.

Aktivitas fisik yang cukup di pagi hari juga bisa meningkatkan pembakaran lemak 20% lebih banyak. Dengan catatan, olahraga di pagi hari dilakukan dalam kondisi perut kosong. Namun wajib dipastikan kamu tak memiliki masalah dengan cara olahraga tanpa sarapan terlebih dahulu ini.

Tidak sedikit bukan keuntungan olahraga di pagi hari? Lalu menurut kamu, apakah waktu olahraga yang baik adalah di pagi hari sebelum beraktivitas? Mari simak dulu fakta olahraga di malam hari.

Fakta Olahraga Di Malam Hari

waktu olahraga yang baik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Fakta juga datang dari kegiatan olahraga di malam hari. Banyak yang berpendapat waktu olahraga yang baik adalah di malam hari karena berbagai alasan. Manfaatnya, dikatakan dalam artikel yang sama, adalah sebagai berikut.

  1. Kondisi otot ideal untuk olahraga karena suhu tubuh sudah meningkat sehingga otot menjadi lebih hangat.
  2. Olahraga yang dilakukan bisa lebih intens, sebab daya tahan dan kekuatan di sore hari cenderung lebih tinggi daripada di pagi hari.
  3. Secara sosial, olahraga di sore atau malam hari lebih baik karena cenderung lebih banyak bertemu dengan orang yang melakukan aktivitas serupa.
  4. Membantu meredakan stres dan memperbaiki suasana hati setelah seharian bekerja atau beraktivitas yang menguras konsentrasi.
  5. Tubuh memiliki reaksi yang lebih cepat dan lincah, sehingga manfaat gerakan intens yang dilakukan akan lebih terasa.
  6. Penggunaan energi yang jauh lebih efektif karena penyerapan oksigen juga lebih baik daripada saat pagi hari.

Dengan enam manfaat tersebut, tak heran jika banyak orang yang berpendapat olahraga di sore atau malam hari lebih baik bukan?

Nah dengan membaca kedua bagian ini, mungkin kamu juga sudah memiliki kesimpulan tentang mana waktu olahraga yang baik, di siang atau sore dan malam hari.

Lalu Secara Umum, Mana Waktu Olahraga yang Baik?

waktu olahraga yang baik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Setelah mengetahui masing-masing enam fakta dari olahraga di pagi dan malam hari, kamu bisa menentukan mana yang lebih ingin kamu dapatkan manfaatnya bukan?

Selain itu, sebenarnya pemilihan waktu olahraga yang baik ini juga sebaiknya dikonsultasikan dengan personal trainer atau ahli kesehatan, yang bisa membantu kamu menentukan bagaimana pola metabolisme tubuh. Dengan informasi ini, kamu bisa mengetahui mana kira-kira waktu yang tepat untuk olahraga dan mendapatkan manfaat maksimalnya.

Meski pada akhirnya olahraga tetaplah olahraga, yang kebanyakan efeknya adalah baik untuk tubuh, hal paling tepat dilakukan adalah olahraga secara rutin. Karena olahraga di sore atau pagi hari sama-sama bermanfaat baik, kamu tinggal menentukan satu pilihan, kemudian menjalankannya dengan konsisten.

Dengan begini kamu akan bisa memperoleh manfaat maksimal dari olahraga yang dilakukan. Buat pola latihan yang terukur dan tingkatkan secara perlahan untuk terus melatih otot dan kekuatan tubuh. Di waktu yang sama, kamu juga akan bisa menjaga kebugaran dan suasana hati, sehingga aktivitas bisa dilakukan dengan lebih optimal.

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga untuk Diet yang Efektif dan Wajib Dicoba! 

Memilih waktu olahraga yang baik memang sebenarnya bukan perkara sulit. Dengan acuan dan pertimbangan dari personal trainer atau ahli kesehatan yang kamu percaya, pemilihan ini bisa berlangsung cepat. Tentu saja, ini juga wajib disesuaikan dengan rutinitas yang kamu miliki.

Selain menentukan waktu olahraga yang baik, kamu juga wajib menggunakan peralatan yang berkualitas guna mendukung aktivitasmu. Eiger Adventure, dapat memberikan dukungan penuh pada aktivitas olahraga yang dilakukan setiap hari. Kunjungi laman produknya sekarang, dan dapatkan perlengkapan olahraga terbaik yang tersedia!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments