HomeTips & TrickRidingDemi Keselamatan, Inilah Fungsi Spion Motor yang Perlu Diketahui

Demi Keselamatan, Inilah Fungsi Spion Motor yang Perlu Diketahui

Beberapa orang memilih untuk melepas spion motor karena beberapa alasan tertentu, misalnya demi estetika atau modifikasi. Beberapa orang mungkin ingin mengubah penampilan motor mereka dan merasa bahwa melepas spion bisa memberikan tampilan yang lebih bersih atau estetis. Padahal ini tidak dianjurkan dan dapat menimbulkan risiko keselamatan, karena fungsi spion motor ada banyak sekali.

Spion motor punya peran yang sangat penting dalam keselamatan dan kenyamanan pengendara, serta bisa mempengaruhi keamanan lingkungan sekitar. Tentunya ada banyak alasan mengapa spion motor sangat penting. Salah satu fungsi spion motor adalah untuk membantu pengendara melihat kondisi lalu lintas di belakang, tanpa harus mengubah posisi tubuh atau arah pandangan. Tentu saja ini memungkinkan pengendara untuk membuat keputusan yang lebih aman saat berganti lajur atau mengambil tindakan lain di jalan.

Cari tahu lebih banyak tentang fungsi spion motor melalui ulasan menarik di bawah ini, yuk!

Fungsi Utama Spion Motor

fungsi spion motor
Sumber: Eiger Adventure

Spion motor memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan pengendara. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama spion motor yang wajib diketahui:

1. Menghindari Kecelakaan

Spion motor akan membantu pengendara untuk melihat kendaraan atau objek di belakang mereka, sehingga ini bisa mengurangi risiko tabrakan dari arah belakang dan membantu dalam mencegah kecelakaan.

2. Merubah Arah atau Jalur

Sebelum pengendara merubah arah atau jalur, mereka bisa menggunakan spion untuk memastikan bahwa jalur yang akan mereka masuki atau kendaraan yang ada di belakang mereka aman.

3. Pemantauan Lingkungan

Spion motor juga akan membantu pengendara untuk memantau lingkungan sekitar mereka, termasuk mendeteksi pejalan kaki, sepeda, atau kendaraan lain yang mungkin berada di sekitar.

4. Kenyamanan Pengendara

Penggunaan spion motor akan memberikan kenyamanan ekstra kepada pengendara karena mereka dapat dengan mudah memantau kondisi di sekitar mereka tanpa harus mengubah posisi tubuh atau kepala.

5. Kepatuhan Hukum

Di banyak negara, menggunakan spion motor merupakan salah satu persyaratan hukum. Penggunaan spion motor ini sangat penting untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan mencegah pelanggaran.

6. Mencegah Pencurian dan Kerusakan

Spion motor juga dapat membantu dalam mencegah pencurian kendaraan atau kerusakan yang disengaja. Dengan melihat ke spion, maka setiap pengendara dapat memerhatikan tindakan mencurigakan atau potensi ancaman terhadap kendaraan mereka.

7. Kenyamanan Parkir

Pada saat parkir, spion motor akan membantu pengendara untuk melihat ke belakang dan memastikan bahwa mereka tidak merusak kendaraan lain atau berpotensi bertabrakan saat melakukan manuver parkir.

Dengan semua fungsi ini, spion motor memainkan peran yang sangat krusial dalam keselamatan dan kenyamanan pengendara serta membantu dalam menjaga keamanan di jalan raya.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara, Dijamin Ampuh!

Spion Aman, Jangan Lupa Pakai Riding Gear Lengkap!

fungsi spion motor
Sumber: Eiger Adventure

Sekarang Eigerian sudah tahu betapa pentingnya penggunaan spion motor. Kalau urusan spion motor sudah beres, jangan lupa untuk menggunakan riding gear lengkap saat berkendara. Berbagai jenis riding gear atau perlengkapan berkendara motor yang lengkap sangat penting untuk melindungi diri saat berkendara. Kira-kira, item apa saja yang umumnya dianggap sebagai bagian dari riding gear yang lengkap:

  • Helm adalah perlengkapan yang paling penting untuk keselamatan saat berkendara. Pilihlah helm yang sesuai dengan standar keamanan, nyaman dipakai, dan memenuhi persyaratan hukum yang berlaku.
  • Jaket motor dirancang khusus untuk melindungi tubuh dari angin, hujan, hingga benturan. Pilihlah jaket yang terbuat dari bahan yang tahan luka, seperti kulit atau bahan serat sintetis yang kuat.
  • Sarung tangan juga diperlukan untuk melindungi tangan dari angin, dingin, panas, dan cedera saat jatuh. Pastikan sarung tangan yang Eigerian pilih sesuai dengan cuaca dan jenis berkendara yang dilakukan.
  • Celana motor yang dirancang khusus untuk berkendara akan memberikan perlindungan tambahan pada area kaki dan pinggul. Pilihlah celana yang nyaman dan tahan luka.
  • Sepatu motor yang dirancang khusus memiliki perlindungan tambahan di area pergelangan kaki, tumit, serta jari kaki. Pastikan juga bahwa sepatu tersebut nyaman untuk dipakai selama perjalanan.
  • Pelindung pinggul dan punggung juga diperlukan karena ini akan membantu melindungi area ini dari cedera dalam kecelakaan. Beberapa jaket motor biasanya sudah dilengkapi dengan pelindung ini, atau Eigerian bisa membelinya secara terpisah.
  • Pelindung lutut dan siku akan memberikan perlindungan tambahan untuk bagian tubuh yang rentan terhadap cedera saat jatuh. Pada umumnya, pelindung ini terbuat dari bahan keras yang tahan luka.
  • Kacamata atau pelindung mata akan melindungi mata dari debu, angin, dan benda-benda asing lainnya. Mereka juga membantu meningkatkan kenyamanan serta visibilitas selama berkendara.
  • Rompi pengaman atau rompi keselamatan dirancang khusus untuk memberikan perlindungan tambahan pada bagian dada dan punggung.
  • Eigerian juga memerlukan pelindung leher atau buff untuk membantu melindungi leher dari cuaca dan memberikan kenyamanan ekstra.

Baca juga: 5 Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Bergelombang dan Rusak

Selalu ingat bahwa keselamatan selalu menjadi prioritas utama saat berkendara motor. Jadi, sangat disarankan untuk tetap menjaga dan menggunakan spion motor sesuai dengan fungsinya yang esensial dalam berkendara. Selain itu, penting juga untuk memilih riding gear yang sesuai dengan jenis berkendara, kondisi cuaca, dan standar keselamatan. Pastikan juga semua peralatan itu pas dengan ukuran tubuh untuk memberikan perlindungan maksimal.

Semua riding gear dengan kualitas dan harga terbaik bisa Eigerian dapatkan di website resmi EIGER Adventure. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan, cek koleksi terbarunya, yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru