HomeTips & TrickRiding5 Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Bergelombang dan Rusak

5 Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Bergelombang dan Rusak

Berkendara motor di berbagai medan jalan memang bisa menjadi pengalaman yang menarik dan memuaskan. Ada banyak medan jalan yang umumnya diminati oleh para penggemar berkendara motor, mulai dari jalan raya dan perkotaan, jalan pegunungan, jalan desa, jalan berbatu atau berkerikil, jalan pasir atau gurun, dan lain sebagainya. Kira-kira, bagaimana jika Eigerian dihadapkan dengan jalan bergelombang dan rusak?

Berkendara motor di jalan rusak dan bergelombang tentunya memerlukan kewaspadaan dan keterampilan khusus, mengingat kondisi jalan yang tidak merata dapat meningkatkan risiko kecelakaan. 

Supaya berkendara tetap aman dan nyaman, simak beberapa tips berkendara motor di jalan bergelombang dan rusak yang telah dirangkum di bawah ini, yuk!

Tips Berkendara Motor di Jalan Bergelombang

jalan bergelombang
Sumber: Eiger Adventure

Berkendara motor di jalan bergelombang dapat memberikan tantangan tambahan dibandingkan dengan mengendarai di jalan rata. Berikut ini ada beberapa tips untuk berkendara motor di jalan bergelombang yang wajib diperhatikan:

1. Pelajari Teknik Berkendara yang Baik

Pelajari teknik berkendara yang baik, termasuk juga cara menahan motor pada kondisi jalan yang bergelombang. Latihan dan pemahaman yang baik tentang kendaraan, tentunya dapat meningkatkan keamanan berkendara. Selain itu, cobalah untuk selalu mencari cara untuk meningkatkan keterampilan berkendara. Mengikuti kursus atau pelatihan berkendara juga dapat membantumu mengatasi berbagai kondisi jalan, lho.

2. Perhatikan Kecepatan dan Jangan Rem Mendadak

Kurangi kecepatan pada saat melintasi jalan bergelombang. Hal ini sangat penting, sebab kecepatan yang tinggi dapat membuat kendaraan lebih sulit dikendalikan, terutama jika ada ketidaksempurnaan pada permukaan jalan. Lalu, hindari menggunakan rem mendadak saat melintasi jalan yang bergelombang. Rem mendadak bisa menyebabkan kehilangan traksi, terutama pada kondisi jalan yang tidak merata.

3. Kendalikan Kopling dan Gas, Perhatikan Rem dan Ban

Gunakan kopling dan gas secara perlahan dan halus, tujuannya adalah untuk menghindari kehilangan kendali. Hindari akselerasi atau deselerasi yang tiba-tiba. Selain itu, pastikan rem berfungsi dengan baik dan ban memiliki tekanan yang tepat. Rem yang baik dan ban yang sesuai dengan kondisi jalan akan membantu menghindari kecelakaan.

4. Perhatikan Lubang dan Rintangan, Perhatikan Keselamatan!

Selalu perhatikan kondisi jalan dan hindari lubang atau rintangan yang dapat menyebabkan goncangan ataupun kecelakaan. Hindari juga jalur air yang bisa menyebabkan licin, ya! Tetap perhatikan keselamatan lalu lintas dan aturan jalan, jangan terlalu fokus pada kondisi jalan sehingga kamu mengabaikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keamanan berkendara. Jika mungkin, hindari jalur yang sangat bergelombang atau rusak parah, dan pilih jalur yang lebih baik jika tersedia.

5. Posisi Tubuh yang Benar dan Gunakan Perlengkapan Pengaman

Pertahankan posisi tubuh yang seimbang dan stabil, pastikan berat badan terdistribusi merata pada kedua roda dan hindari perubahan berat badan yang mendadak. Lalu, pastikan menggunakan perlengkapan pengaman seperti helm, jaket pelindung, sarung tangan, dan sepatu yang sesuai. Perlengkapan ini tentunya akan memberikan perlindungan ekstra dalam situasi darurat.

Baca juga: Bre Jangan Lupa, Ini Arti Safety Riding yang Perlu Kamu Tahu!

Daftar Riding Gear untuk Berkendara Motor dengan Aman dan Nyaman

jalan bergelombang
Sumber: Eiger Adventure

Riding gear atau perlengkapan keselamatan saat berkendara motor sangat penting untuk melindungi diri dari potensi risiko dan cedera selama perjalanan. Berikut ini adalah beberapa riding gear yang sebaiknya dikenakan saat berkendara motor:

1. Helm

Helm merupakan perlengkapan keselamatan paling penting. Pilihlah helm yang memenuhi standar keselamatan dan sesuai dengan ukuran kepala, lalu pastikan helm dipakai dengan benar dan terpasang dengan baik. Eigerian bisa pakai EIGER VECCHIO FF HELMET atau EIGER VECCHIO HF HELMET yang hadir dengan desain retro yang unik terinspirasi dari pengendara motor perkotaan dengan gaya klasik. Kedua helm berstandar SNI, dilengkapi dengan sistem pengunci double D-ring untuk keamanan.

2. Jaket Pelindung

Sebaiknya gunakan jaket pelindung yang terbuat dari bahan tahan luka dan dilengkapi dengan pelindung siku, bahu, dan punggung. Jaket ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap cedera fisik jika terjadi kecelakaan. Banyak pilihan jaket riding dari EIGER yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa di antaranya adalah EIGER PROMPTITUDE 1.1 JACKET, EIGER VERSNELD RIDING JACKET, EIGER HALFY PACKABLE ANORAK JACKET, dan masih banyak lainnya.

3. Sarung Tangan

Sarung tangan akan melindungi tangan dari luka lecet dan luka bakar akibat gesekan dengan aspal. Pilihlah sarung tangan yang nyaman dan sesuai dengan cuaca, baik itu yang tahan air untuk kondisi hujan atau yang berlapis untuk perlindungan tambahan. 

4. Kacamata atau Pelindung Wajah

Gunakan kacamata atau pelindung wajah untuk melindungi mata dari debu, angin, serangga, dan partikel lainnya yang bisa menyebabkan gangguan atau cedera. EIGER BRAUCIENS SUNGLASSES bisa diandalkan untuk menemani kendaraan berkendara, karena kacamata ini dilengkapi dengan material berdaya tahan kuat namun juga tetap memberikan kenyamanan selama pemakaian yang hadir dengan desain trendi untuk memberikan tampilan tangguh pada gaya harian.

5. Celana Pelindung

Celana pelindung khusus motor bisa memberikan perlindungan tambahan pada area pinggul, lutut, dan panggul. Beberapa celana motor dilengkapi dengan pelindung yang dapat dilepas, dan Eigerian bisa pakai EIGER KROMOA CARGO PANTS. Celana ini akan mendukung kenyamanan dan keleluasan bergerak dengan bahannya yang elastis dan reinforcement pada bagian belakang celana. 

6. Sepatu atau Boot Motor

Sepatu atau boot motor dirancang secara khusus untuk memberikan perlindungan pada kaki dan pergelangan kaki. Pastikan sepatu yang Eigerian pilih memiliki sol yang tahan terhadap gesekan dan perlindungan tambahan pada jari kaki dan pergelangan kaki, ya!

Baca juga: 6 Tips Memilih Sepatu Anti Slip & Rekomendasi Produknya

7. Rompi dan Pelindung Telinga

Rompi pelindung juga bisa memberikan perlindungan tambahan untuk dada dan punggung. Jika Eigerian sering berkendara dengan kecepatan tinggi atau di jalan tol, pelindung telinga dapat membantu mengurangi kebisingan dan melindungi pendengaran.

8. Knee and Elbow Guards (Pelindung Lutut dan Siku)

Bagi pengendara off-road atau yang suka touring, pelindung lutut dan siku akan memberikan perlindungan tambahan terhadap benturan dan gesekan. EIGER KNEE PROTECTOR 01 RIDING EQUIPMENT dapat diandalkan untuk melindungi lututmu saat berkendara. Dilengkapi dengan protector lutut Hex-Ek dari EIGER yang fleksibel dan sudah tersertifikasi sesuai standar EN 1621.

Selalu pastikan bahwa riding gear yang Eigerian gunakan sesuai dengan standar keselamatan dan cocok dengan ukuran tubuh, ya! Dan selalu ingat, segala produk untuk menunjang riding activity bisa didapatkan dengan mudah website resmi EIGER Adventure. Eigerian akan mendapatkan benefit berupa gratis ongkir, jaminan produk ori, harga terbaik, dan opsi pembayaran yang beragam untuk semua metode yang diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru