HomeTips & TrickRidingPerhatikan! Inilah Tips Aman Berkendara di Jalan Rusak dan Berlubang

Perhatikan! Inilah Tips Aman Berkendara di Jalan Rusak dan Berlubang

Eigerian pasti pernah kan menjumpai kondisi jalan yang rusak dan berlubang? Berkendara di jalan rusak dan berlubang tentunya bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, terlebih ini juga berpotensi berbahaya bagi pengemudi dan kendaraannya. Goncangan dan getaran yang disebabkan oleh lubang dan jalan yang rusak bisa membuat perjalanan tidak menyenangkan, terutama dalam jarak tempuh yang panjang. Pasti tidak nyaman, kan?

Berkendara di jalan rusak juga sering kali memperlambat perjalanan, karena pengemudi harus menghindari lubang serta rintangan atau mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi risiko kerusakan. 

Selain itu, lubang dan kerusakan jalan juga bisa menyebabkan kendaraan kehilangan kendali atau bergerak tidak stabil. Ini bisa sangat berbahaya terutama jika Eigerian berkendara dengan kecepatan tinggi atau dalam kondisi cuaca yang buruk. 

Apa Bahaya Berkendara di Jalan Rusak dan Berlubang?

jalan berlubang
Sumber: Eiger Adventure

Jalan yang rusak dan berlubang bisa menyebabkan kerusakan pada kendaraan, terutama pada suspensi, roda, ban, dan sistem kaki-kaki lainnya. Benturan yang terjadi pada saat melewati lubang atau jalan yang rusak bisa menyebabkan kerusakan struktural pada kendaraan, yang mungkin memerlukan perbaikan yang mahal.

Selain itu, jalan rusak dan berlubang juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Pengemudi mungkin terkejut atau tidak dapat menghindari lubang atau kerusakan jalan dengan cepat, terutama jika kecepatan kendaraan tinggi. Ini akan menyebabkan tabrakan atau kecelakaan lainnya dengan kendaraan lain atau bahkan benda di sekitarnya.

Selain bisa berdampak buruk pada kendaraan, kondisi jalan yang rusak juga bisa menyebabkan cedera pada penumpang. Terutama cedera pada punggung, leher, ataupun tulang belakang dapat terjadi akibat guncangan yang tiba-tiba. Mengingat ada banyak risiko dan bahaya yang mengintai, Eigerian perlu tahu nih tips aman berkendara di jalan rusak dan berlubang. Simak baik-baik, ya!

Baca juga: 5 Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Bergelombang dan Rusak

Tips Aman Berkendara di Jalan Berlubang

jalan berlubang
Sumber: Eiger Adventure

Sebelum berkendara di jalan rusak dan berlubang, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko dan menjaga keselamatan:

1. Periksa Kendaraan

Pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik sebelum berangkat. Periksa tekanan udara dan kondisi ban, suspensi, sistem kaki-kaki, serta bagian-bagian lainnya yang mungkin rentan terhadap kerusakan akibat jalan rusak dan berlubang.

2. Pertimbangkan Ban yang Tepat

Pilihlah ban yang cocok untuk kondisi jalan yang akan Eigerian hadapi. Ban dengan profil yang lebih tebal atau ban off-road mungkin lebih tahan terhadap kerusakan akibat lubang atau jalan yang rusak.

3. Gunakan Pelindung Ban

Jika memungkinkan, Eigerian juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pelindung ban atau ban dengan dinding samping yang lebih tebal. Ini akan membantu melindungi ban dari kerusakan yang disebabkan oleh lubang atau kerikil tajam.

4. Perhatikan Jarak Aman

Pertahankan jarak aman dengan kendaraan di depanmu, karena hal ini akan memberimu lebih banyak waktu untuk merespons lubang atau kerusakan jalan yang mungkin muncul di depan.

5. Kurangi Kecepatan

Berkendara dengan kecepatan yang moderat dan sesuaikan kecepatanmu dengan kondisi jalan. Mengurangi kecepatan akan memberimu lebih banyak waktu untuk menghindari lubang atau kerusakan jalan.

6. Hindari Rem Mendadak

Usahakan untuk menghindari rem mendadak saat mendekati lubang di jalan yang rusak. Hal ini sangat penting, sebab pengereman mendadak dapat menyebabkan kendaraanmu kehilangan keseimbangan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

7. Bersiap untuk Merespons

Tetaplah waspada dan siap untuk merespons secara cepat jika Eigerian menemui lubang atau jalan yang rusak di depanmu. Hindari melakukan manuver yang tiba-tiba atau agresif yang dapat meningkatkan risiko kehilangan kendali.

8. Perhatikan Lingkungan

Selalu perhatikan kondisi jalan di sekitar pada saat berkendara. Sebaiknya hindari bagian jalan yang terlihat rusak atau berlubang dengan mencari jalur yang lebih halus atau tidak terlalu parah dan rusak.

9. Pertimbangkan Rute Alternatif

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan rute alternatif yang lebih mulus ataupun kurang rusak jika tersedia. Selain itu, selalu perhatikan tanda-tanda atau peringatan yang ditempatkan oleh otoritas jalan terkait dengan kondisi jalan rusak atau berlubang.

10. Periksa Kendaraan Setelah Melintasi Jalan Berlubang

Setelah melintasi jalan berlubang, periksa kendaraanmu untuk melihat apakah ada kerusakan yang mungkin terjadi, terutama pada ban, suspensi, dan bagian bawah kendaraan. Langkah ini dapat membantumu mendeteksi masalah lebih awal sebelum menjadi lebih serius.

Baca juga: Ketahui Penyebab Motor Mogok di Jalan dan Cara Mengatasinya

Ingatlah untuk tetap tenang dan waspada pada saat berkendara di jalan rusak atau berlubang. Kesadaran dan responsif terhadap kondisi jalan akan membantu mengurangi risiko kecelakaan atau kerusakan pada kendaraanmu.

Selain itu, selalu pastikan riding gear yang Eigerian gunakan sesuai dengan standar keselamatan dan cocok dengan ukuran tubuh. Yuk, dapatkan segala produk untuk menunjang riding activity di website resmi EIGER Adventure. Selain mendapatkan produk original dan berkualitas, Eigerian juga akan mendapatkan benefit berupa gratis ongkir, harga terbaik, dan opsi pembayaran yang beragam untuk semua metode yang diinginkan. Cek sekarang, sebelum kehabisan stok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru