HomeTips & TrickRidingJangan Panik, Ketahui Penyebab Motor Mogok di Jalan dan Cara Mengatasinya

Jangan Panik, Ketahui Penyebab Motor Mogok di Jalan dan Cara Mengatasinya

Berkendara sepeda motor memberikan kebebasan dan mobilitas, tetapi juga melibatkan tanggung jawab serta perhatian terhadap keselamatan. Setiap pengendara harus memahami dan mematuhi aturan lalu lintas, mengenakan perlengkapan keselamatan untuk mengurangi kemungkinan cedera dalam kecelakaan, dan memeriksa kendaraan secara berkala. Hal ini sangat penting, sebab ada berbagai tantangan dan risiko saat berkendara di jalan, termasuk motor mogok.

Saat mendapati motor mogok di jalan, jangan buru-buru panik, ya! Sebaiknya Eigerian tetap tenang supaya bisa berpikir jernih dalam menyikapinya. Ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab motor mogok di jalan yang perlu diperhatikan, apa sajakah itu?

Penyebab Motor Mogok di Jalan

motor mogok di jalan
Sumber: Eiger Adventure

Motor mogok di jalan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum motor mogok di jalan:

  • Salah satu penyebab yang paling sederhana adalah kehabisan bahan bakar.
  • Sistem bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik, seperti filter bahan bakar yang kotor ataupun pompa bahan bakar yang rusak, juga bisa menyebabkan masalah operasional pada motor.
  • Masalah pada sistem pengapian seperti busi yang rusak, kabel busi yang putus, atau coil yang tidak berfungsi juga bisa menyebabkan motor mati mendadak.
  • Penyebab lainnya adalah aki yang lemah atau rusak, sehingga membuat motor mati di tengah jalan.
  • Karburator yang tersumbat oleh kotoran atau rusak akan mengganggu aliran bahan bakar dan menyebabkan motor mati.
  • Overheating juga bisa menyebabkan motor mati. Ini berarti sistem pendinginan tidak berfungsi dengan baik, atau Eigerian terlalu lama mengemudi pada suhu yang sangat tinggi.
  • Masalah pada sistem elektrikal, seperti kabel yang putus, korsleting, atau masalah pada sistem pengisian (alternator) juga bisa menyebabkan motor mati.
  • Selain itu, masalah pada transmisi, seperti kopling yang selip atau gigi yang macet juga akan membuat motor sulit untuk bergerak atau bahkan mati.
  • Sensor-sensor pada motor yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik juga bisa memicu matinya motor. Contohnya, sensor posisi engkol (crankshaft position sensor) yang rusak akan menyebabkan motor berhenti.
  • Motor dengan sistem injeksi bahan bakar juga bisa mengalami masalah, seperti injector yang tersumbat atau injeksi bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik.
  • Sistem rem yang tidak berfungsi dengan baik juga mengakibatkan motor mati. Jika rem tertarik atau terkunci, maka motor mungkin sulit untuk digerakkan.

Baca juga: 10 Ciri Ciri Busi Motor Harus Diganti, Cek Disini Sekarang!

Cara Mengatasi Motor Mogok di Jalan

motor mogok di jalan
Sumber: Eiger Adventure

Setelah mengetahui sederet penyebab motor mogok di jalan, selanjutnya Eigerian juga perlu memahami langkah-langkah tepat untuk mengatasinya. Mengatasi motor yang mogok, sebaiknya Eigerian tetap tenang dan jangan panik berlebihan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Eigerian ambil:

  1. Pertama-tama, pertahankan ketenangan dan jangan panik karena panik hanya akan membuat situasi menjadi lebih sulit diatasi. Duduklah sejenak dan bernapas dengan tenang.
  2. Lalu, cek tangki bahan bakar apakah masih terisi cukup. Jika tangki kosong, itu artinya motor mogok di jalan karena kehabisan bahan bakar.
  3. Tips berikutnya, periksa busi untuk memastikan bahwa itu tidak kotor atau basah. Jika busi kotor atau basah, Eigerian bisa membersihkan atau mengeringkannya  dengan hati-hati sebelum mencoba menghidupkan motor lagi.
  4. Lalu, pastikan aki dalam kondisi baik dan terisi daya. Jika aki lemah, itu artinya Eigerian mungkin perlu mencoba menggunakan aki cadangan atau mencari bantuan.
  5. Jika motor masih tidak hidup, coba periksa karburator atau sistem injeksi. Karburator yang tersumbat atau injektor yang bermasalah akan menyebabkan masalah pada aliran bahan bakar.
  6. Periksa sistem pengapian, termasuk juga kondisi kabel busi dan coil. Sebab, kabel busi yang putus atau coil yang rusak akan menyebabkan motor mati.
  7. Beberapa motor modern biasanya dilengkapi dengan sensor-sensor yang penting untuk operasional yang baik. Jadi, coba periksa sensor-sensor seperti sensor posisi engkol atau sensor suhu untuk memastikan tidak ada masalah.
  8. Jika motor masih tidak hidup dan Eigerian berada di area yang aman, Eigerian bisa mencoba teknik kickstart (jika motor dilengkapi) atau mendorong motor untuk mencoba memulainya kembali.

Jika ternyata upaya untuk mengatasi masalah motor mogok tidak berhasil, dan Eigerian tidak dapat menyalakan motor kembali, pertimbangkan untuk memanggil bantuan. Eigerian bisa menghubungi teman atau keluarga, layanan darurat jalan, atau bengkel motor terdekat. Dan jika motor tidak dapat diperbaiki di tempat, maka Eigerian mungkin perlu mengorganisir transportasi tambahan untuk membawa motor ke bengkel atau tempat yang aman.

Baca juga: Jagalah Mesin Motormu, Ini 3 Ciri-ciri Oli Palsu!

Mengetahui penyebab dan cara mengatasi motor mogok di jalan akan membuat Eigerian lebih tenang saat menghadapinya. Selain itu, pastikan Eigerian untuk menggunakan perlengkapan berkendara secara lengkap seperti helm, sarung tangan, jaket, dan lainnya. Segala perlengkapan yang akan mendukung kenyamanan dan keamanan riding bisa Eigerian dapatkan di website resmi EIGER Adventure. Yuk, temukan barang-barang EIGER yang sempurna untuk kegiatan riding kamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru