HomeTips & TrickRidingSederet Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Sederet Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Sebagian orang masih bertanya-tanya, apa sih manfaat bersepeda bagi kesehatan fisik dan mental? Lalu, kapan waktu paling tepat untuk bersepeda? Bersepeda itu banyak manfaatnya. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan waktu terbaik untuk bersepeda secara spesifik. Pasalnya, bersepeda baik pagi atau malam, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Bersepeda di Pagi Hari

Beberapa kelebihan bersepeda di pagi hari di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kita bisa mendapatkan tambahan endorfin di pagi hari, yang berarti kita dapat memulai hari dengan suasana hati yang lebih baik.
  • Berolahraga selama 45 menit di pagi hari akan membuat kita bisa menahan godaan untuk makan berlebihan.
  • Memulai hari dengan aktivitas fisik termasuk bersepeda, akan mendorong kita menjadi lebih aktif bergerak di sepanjang hari.
  • Bersepeda di pagi hari juga akan meningkatkan metabolisme, sehingga mampu membakar kalori lebih banyak sepanjang hari. 
  • Kita pun akan memiliki kualitas tidur lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang berolahraga di malam hari. 

Pagi hari memang bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersepeda, namun tidak sedikit orang yang kesulitan menyisihkan waktunya, terutama di hari kerja. Maka dari itu, bagi sebagian orang bersepeda di pagi hari sulit untuk dijadikan rutinitas. Jika sudah begitu, bersepeda di malam hari menjadi pilihan.

Kelebihan Bersepeda di Malam Hari

Malam hari juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersepeda, kok. Melakukannya di malam hari memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan performa tubuh dianggap mencapai puncak saat petang, termasuk kekuatan otot dan ketahanan dalam berolahraga.
  • Tubuh berolahraga paling efektif antara pukul 2-6 sore, pada saat suhu tubuh paling tinggi sepanjang hari.
  • Saat malam hari, kita berada dalam kondisi paling tanggap dan awas.
  • Detak jantung dan tekanan darah juga lebih rendah pada malam hari, di mana hal ini dapat menurunkan risiko cedera saat bersepeda.

Tapi perlu diperhatikan, bersepeda di malam hari mungkin dapat membuat sulit tidur. Jadi, sebaiknya pilih waktu yang tepat untuk bersepeda di malam hari supaya tidak mengganggu jadwal tidur, ya

Apa Saja Manfaat Bersepeda? 

manfaat bersepeda

Bersepeda memang kerap kali menjadi opsi low-impact exercise, yaitu jenis olahraga yang umumnya direkomendasikan bagi orang yang baru mulai berolahraga, obesitas, atau rentan mengalami cedera. Bersepeda memang sangat mudah dilakukan dan minim risiko cedera. Jika selama ini kita sudah sering atau baru mulai berolahraga, kita perlu mengetahui apa saja manfaat bersepeda untuk kebugaran jasmani seperti berikut ini:

1. Mengendalikan Berat Badan

Salah satu manfaat bersepeda yaitu mampu mengendalikan atau menurunkan berat badan. Olahraga yang satu ini memang mampu meningkatkan metabolisme, membangun otot, serta membakar lemak tubuh. Agar kita bisa mendapatkan hasil efektif, maka pastikan pengeluaran energi lebih besar dari asupannya. Jika mencoba untuk menurunkan berat badan, kita perlu mengkombinasikan bersepeda dengan pola makan yang sehat dan seimbang.

2. Meningkatkan Kekuatan, Keseimbangan, dan Koordinasi

Menjaga postur tubuh tetap tegak selama bersepeda akan membantu meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh secara keseluruhan. Keseimbangan yang meningkat sebagai salah satu manfaat bersepeda bisa mencegah risiko jatuh dan juga patah tulang. Meskipun tidak secara langsung mengurangi risiko, namun bersepeda adalah bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoarthritis. Pasalnya, manfaat bersepeda bisa memberikan tekanan sedikit pada persendian.

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat bersepeda sebagai olahraga kardio bisa merangsang dan memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, sirkulasi darah, serta membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Manfaat bersepeda juga termasuk membantu menguatkan otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah, lho. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan kegiatan bersepeda ke dalam olahraga harian, ya! Pasalnya, bersepeda bisa membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

4. Bersepeda Bikin Lebih Awet Muda!

Tahu tidak, olahraga intensitas tinggi yang bisa kita peroleh dengan bersepeda memiliki manfaat untuk mencegah penuaan hingga ke tingkat sel, lho. Aktivitas fisik berat akan meningkatkan kapasitas dan fungsi mitokondria, sehingga bisa membuat kita menjadi lebih awet muda. Melakukan olahraga rutin seperti bersepeda juga bisa mengurangi risiko kematian dini, sekaligus memperpanjang usia. 

5. Bersepeda juga Bikin Bahagia! 

Manfaat bersepeda dan aktivitas fisik lainnya juga bisa membantu tubuh kita menghasilkan lebih banyak hormon dopamin. Hormon dopamin tersebut berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia sehingga bisa meredakan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan kita alami. Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang yang rutin bersepeda lebih sedikit mengalami gangguan kesehatan mental dibandingkan olahraga lain, seperti senam aerobik atau gym, termasuk pada mereka yang tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali.

Baca juga: Pentingnya Memilih Sepatu Sepeda yang Tepat

Rekomendasi Produk Cycling Series dari Eiger

manfaat bersepeda

Orang dewasa dianjurkan untuk berolahraga aerobik tingkat sedang, seperti bersepeda, setidaknya selama 150 menit per minggu. Kita bisa membaginya dalam beberapa sesi, misalnya selama 30-60 menit sekali bersepeda sebanyak 3-5 hari seminggu. Kita pun dapat menyesuaikan waktu bersepeda dengan kesibukan yang dijalani. Nah, supaya lebih semangat, jangan lupa gunakan perlengkapan terbaik dan nyaman saat bersepeda, ya!  Di bawah ini ada beberapa produk Cycling Series dari Eiger yang cocok untuk dipakai bersepeda. Yuk, cek ulasannya di bawah ini!

1. EIGER COBALT SUNGLASSES – Rp307.300,-

Rasakan kepuasaan kegiatan bersepeda dengan pandangan yang jernih dengan memakai kacamata Cobalt. Dirancang untuk penggunaan yang nyaman selama pemakaian, kacamata ini juga hadir dalam desain lensa yang dapat diganti, lho! Dengan begitu, kita dapat mengganti lensa sesuai kebutuhan (ada lensa bening, hitam dan revo blue). Lensa polarized didesain untuk mengurangi silau dari pantulan sinar seperti dari air ataupun kaca. Lensa ini sangat baik digunakan untuk kegiatan bersepeda, dan kegiatan luar ruang lainnya karena membantu memperjelas pandangan. 

2. EIGER FLECKEN CC CAP – Rp129.000,-

Bersepeda menjelajahi jalanan sekitar kota dengan memakai topi sepeda Flecken, kenapa tidak! Topi yang satu ini dirancang untuk melindungi mata kita dari sinar matahari maupun tetesan keringat dan dilengkapi dengan detail sablon motif yang menarik. Materialnya terbuat dari bahan polyester. Fiturnya terdiri dari topi sepeda yang dilengkapi dengan visor pendek berbahan lunak, sablon motif yang unik, serta sweatband elastis pada bagian belakang untuk menyesuaikan topi dengan lingkar kepala.

3. EIGER X-MINI FRAME BAG 1.0 CYCLING BAG – Rp139.000,-

X-Mini Frame Bag 1,0 adalah tas ringkas yang dapat memuat perlengkapan bersepeda kita. Kompartemen utama tas ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kanan untuk menyimpan pompa, ban dalam cadangan, dan kunci-kunci (kunci L lipat). Sedangkan di bagian kiri dilengkapi organizer untuk menyimpan snack atau barang-barang kecil. Saku sampingnya berfungsi sebagai akses cepat untuk mengambil barang yang sering digunakan.

4. EIGER X-HASTEN CROSSBODY SLING BAG – Rp199.000,-

X-Hasten Crossbody adalah tas selendang tipis, yang sangat cocok digunakan untuk membawa perlengkapan esensial seperti ponsel, dompet, dan hand sanitizer. Untuk menahan tas supaya posisinya lebih stabil dan tidak terlalu banyak mengayun saat berolahraga seperti bersepeda atau jogging, tas ini juga dilengkapi tali pengencang yang dapat dilepas pasang kapanpun dibutuhkan. Menariknya lagi, tas ini menggunakan bahan water repellent, sehingga tidak mudah ditembus air atau hujan dengan intensitas ringan.

5. EIGER X-RAPIDEZ 1.5 HF GLOVES – Rp179.000,-

X-Rapidez 1,5 adalah sarung tangan half-finger yang dirancang untuk kegiatan bersepeda. Sarung tangan ini dilapisi dengan silikon anti-slip pada telapak tangan yang tidak akan membuat licin saat kita harus melakukan pengereman mendadak, serta tetap membuat tangan kering dan nyaman saat bersepeda.

6. EIGER X-CICLISMO MID SOCK – Rp99.000,-

Kaos kaki X-Ciclismo ini dirancang khusus untuk mendukung kegiatan bersepeda maupun untuk penggunaan harian. Kaos kaki ini dilengkapi dengan air mesh untuk meningkatkan sirkulasi udara, serta arch support yang mampu menunjang kenyamanan yang pas selama pemakaian. Selain itu, kaos kaki ini juga dilengkapi teknologi COOLMAX, lho.

7. EIGER X-URBAN RAPTOR SHOES – Rp999.000,-

Untuk alas kaki, percayakan saja pada X-Urban Raptor. X-Urban Raptor ini adalah sepatu low-cut yang dirancang untuk berkegiatan luar ruangan dan juga pemakaian sehari-hari. Sangat cocok untuk dipakai saat bersepeda.

Baca juga: Handlebar Bag, Tas Sepeda Keren yang Multifungsi

Bagaimana, kini sudah tahu kan manfaat bersepeda bagi kesehatan? Rekomendasi perlengkapan untuk bersepeda juga sudah dicantumkan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk malah bersepeda, bukan? Supaya semakin semangat, Eigerian bisa belanja segala macam perlengkapan bersepeda di website Eiger Adventure Official dulu, deh! Dapatkan berbagai produk dengan kualitas terbaik dari Eiger, tentunya dengan desain yang menarik dan bikin penampilan kian stylish. Tunggu apa lagi, cek koleksi terbarunya sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments