HomeTips & TrickMountaineeringTips Memilih Outfit Naik Gunung untuk Wanita Hijab maupun Non Hijab

Tips Memilih Outfit Naik Gunung untuk Wanita Hijab maupun Non Hijab

Sebenarnya, outfit naik gunung wanita sama saja dengan pria. Pertama, yang paling penting adalah kita perlu mengenakan celana dan jaket gunung. Eigerian bisa memilih celana dan jaket parasut yang terasa ringan dan nyaman, namun tetap berfungsi dengan baik untuk melindungi tubuh dari suhu dingin di gunung.

Sedangkan untuk pakaian, kita juga bisa pilih pakaian yang berbahan polyester, nylon, atau campuran antara keduanya karena memiliki fungsi yang cepat kering saat berkeringat, dan lebih mudah di packing. Kemudian untuk alas kaki, utamakan pakai sepatu dan sebaiknya hindari sandal untuk mendaki gunung.

Pilih sepatu yang desainnya khusus untuk naik gunung. Tentu saja selain modelnya yang keren, pastikan alas kaki tersebut nyaman dan aman selama dikenakan.

Selanjutnya, tinggal lengkapi outfit naik gunung wanita dengan kacamata dan topi. Jadi, mendaki akan terasa semakin nyaman dan juga aman. Untuk mengetahui tips memilih outfit naik gunung wanita selengkapnya, langsung saja cek ulasan di bawah ini!

Outfit Naik Gunung Wanita: Konsep Layering

outfit naik gunung wanita

Terkait konsep layering outfit naik gunung wanita, Eigerian bisa perhatikan beberapa tips berikut ini. Layering system pada dasarnya adalah sistem lapisan pakaian yang digunakan pada saat berkegiatan di luar ruang, tujuannya adalah untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, nyaman, dan kering pada saat beraktifitas. Pada umumnya lapisan yang dibutuhkan terdiri dari 3 lapisan, yaitu:

1. Lapisan dasar (base layer)

Lapisan ini berfungsi untuk menjebak panas tubuh agar tetap hangat dan untuk menyerap keringat namun cepat kering. Bahan yang digunakan biasanya polyester (sintetis) atau morino wool (alami).

2. Lapisan tengah (mid layer)

Lapisan yang berfungsi sebagai penghangat, bahan yang digunakan antara lain fleece, lapisan penghangat sintetis (synthetic down) dan lapisan penghangat alami (organic down) seperi bulu angsa.

3. Lapisan luar (outer layer)

Lapisan ini berfungsi untuk melindungi dari cuaca seperti hujan (contohnya raincoat), berangin (windbreaker), dan di kondisi lainnya (jaket jenis hardshell dan jaket waterproof).

Sederhananya, pemakaian lapisan harus disesuaikan dengan kondisi cuaca dan suhu sekitar. Yang perlu diperhatikan adalah, ketahui kondisi cuaca dan suhu yang akan dituju, supaya perlengkapan yang dibawa tidak over kapasitas atau under kapasitas.

Outfit Naik Gunung Wanita: Perpaduan Warna Menarik

Sebenarnya tidak ada aturan untuk warna outfit naik gunung wanita.Tapi, supaya penampilan terlihat semakin stylish dan menyatu dengan alam, pilihlah warna-warna tanah. Seperti warna hitam, cokelat, hijau army atau hijau emerald, serta abu-abu. Eigerian juga bisa memilih warna yang bold tapi tetap kalem dan terkesan netral. Seperti merah marun, biru dongker, atau oranye.

Atau jika Eigerian tertarik dengan warna yang lebih terang lagi, juga boleh. Tapi, akan lebih pas kalau Eigerian memilih warna basic, seperti merah, biru, hingga kuning. Sebab, warna-warna tersebut meskipun cerah tetapi tidak terkesan berlebihan. Jika Eigerian suka warna yang mencolok, tidak masalah juga.

Asalkan, Eigerian pandai memadukannya. Kelebihan penggunaan warna cerah adalah tidak mudah menyerap pana, berbeda dengan warna gelap yang cenderung menyerap panas secara lebih mudah. Jadi, jika Eigerian berada di gunung siang hari dan cuaca panas, baju berwarna cerah tidak terlalu membuat gerah. 

Baca juga: Inspirasi Outfit Pria untuk Tampil Keren dan Stylish

Sempurnakan Outfit Naik Gunung dengan Aksesoris

outfit naik gunung wanita

Aksesoris untuk outfit naik gunung wanita ada bermacam-macam. Namun, yang tidak boleh terlewatkan tentu saja topi atau beanie, kacamata, dan sarung tangan. Topi akan melindungi kita dari paparan sinar matahari, supaya sinarnya tidak langsung mengenai wajah. Sedangkan topi yang modelnya beanie, dengan desain dilengkapi dengan penutup telinga bisa melindungi dari udara dingin.

Kalau sarung tangan, fungsi utamanya adalah sebagai pelindung dari hawa dingin. Pasalnya, udara dingin mudah masuk ke dalam tubuh melalui telapak tangan. Belum lagi, saat cuaca dingin membeku, bukan tak mungkin jika tangan kita ikut freezing.

Seperti ketika matahari terbenam atau pagi-pagi sekali di gunung, kita memang perlu mengenakan sarung tangan yang modis dan tebal supaya tangan kita tetap hangat.

Selain itu, kita juga bisa mengenakan bandana. Tidak hanya untuk ikat kepala saja, tapi bandana yang multifungsi juga bisa kita jadikan syal untuk menutupi leher agar tetap hangat. Lalu, bisa juga kita mengenakannya sebagai masker. Jadi, bandana yang kita bawa bisa melindungi wajah dari debu sekaligus udara dingin. Menarik, bukan?

Baca juga: Pentingnya Memahami Layering System Saat Pakai Jaket Outdoor

Nah, barusan kita sudah mempelajari tips memilih outfit naik gunung wanita. Sebenarnya, kalau soal fashion tergantung selera masing-masing. Namun, yang penting, Eigerian memerhatikan cara-cara yang tepat dalam mengenakan outfit tersebut. Dengan begitu, kita bisa mendaki dengan OOTD stylish versi kita sendiri.

Pasti asyik banget! Dapatkan segala macam perlengkapan mountaineering yang Eigerian butuhkan hanya di Eiger Adventure Store. Kini, Eigerian juga bisa belanja online dengan sangat mudah di website Eiger. Cek sekarang, dan dapatkan penawaran terbaiknya!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments