HomeTips & TrickGreen & Healthy5 Cara Memulai Pola Makan Sehat, Simak Detailnya!

5 Cara Memulai Pola Makan Sehat, Simak Detailnya!

Dasar dari polah hidup yang sehat adalah pola makan yang sehat. Dengan memiliki pola makan yang baik dengan menu yang tepat, kamu sudah menjalani bagian besar dari pola hidup tersebut. Tapi tantangan akan hadir, bagaimana cara mengubah atau memiliki pola makan yang sehat dan ideal di tengah semua kesibukan?

Alasan yang paling banyak disebutkan oleh publik terkait pola makan yang kurang baik adalah kesibukan yang menuntut ketepatan waktu. Di waktu yang sama, makanan sehat dianggap bukan makanan yang praktis sehingga sulit disesuaikan dengan jadwal yang dimiliki.

Tapi di sinilah kami hadir, memberikan cara menerapkan pola makan sehat untuk kamu yang memiliki kesibukan luar biasa. Semoga bermanfaat, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

Sarapan adalah Hal Mendasar

pola makan sehat
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tidak sedikit masyarakat modern sekarang ini yang memilih melewatkan sarapan dan menggantinya dengan brunch. Dari segi waktu, mungkin saja hal ini lebih masuk akal karena harus mengejar jam masuk kantor atau pekerjaan. Namun dari sisi kesehatan, hal ini sebenarnya tak disarankan.

Untuk beraktivitas hingga siang hari, kamu memerlukan tenaga yang didapatkan lewat sarapan. Tentu saja, beberapa jenis makanan dengan kandungan Karbohidrat kompleks sangat direkomendasikan, seperti oatmeal, nasi merah, atau sereal.

Untuk melengkapinya, tambahkan makanan mengandung Serat, Protein, serta sumber Lemak sehat. Kamu bisa mengkonsumsi buah, kemudian telur, kemudian alpukat untuk sarapan. Tentu menunya bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan dan kapasitas, namun setidaknya, asupan tersebut wajib diperhatikan.

Takaran Kopi dan Air Putih yang Ideal

Siapa yang tak menyukai secangkir kopi untuk memulai hari? Kebanyakan masyarakat memulai hari dengan secangkir minuman hitam pekat ini agar merasa lebih segar dan menghilangkan rasa kantuk. Tapi tahukah kamu konsumsi kopi yang berlebih juga tak baik untuk kesehatan?

Kopi bisa memicu dehidrasi dan naiknya asam lambung. Ketika dikonsumsi berlebihan, kamu akan merasa lekas buang air kecil. Di waktu yang sama, sifat asam dari kopi kurang bersahabat dengan lambung. Jadi konsumsinya harus dibatasi dengan bijak. Rasanya 1 atau 2 cangkir kopi cukup untuk satu hari.

Kemudian untuk membantu menyeimbangkan asupan cairan, jadikan air putih sebagai minuman utama kamu. Setidaknya 2 liter air putih wajib dikonsumsi setiap hari. Tak hanya untuk menghindarkan kamu dari dehidrasi, juga untuk menjaga kerja organ dalam tubuh agar tetap optimal dan lancar.

Baca Juga : Berkebun: Cara Ampuh Usir Kejenuhan di Rumah

Pilah-Pilih Makanan yang Kamu Makan

pola makan sehat
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Untuk memulai hidup sehat, kamu bisa memulai memilah dan memilih makanan apa saja yang kira-kira akan kamu konsumsi secara rutin. Saran kami, adalah memperbanyak konsumsi makanan alami dan mengurangi konsumsi makanan kemasan.

Makan alami, dari sisi manapun, memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada makanan kemasan. Terlebih pada bidang nutrisi dan mudahnya dicerna oleh tubuh, makanan alami bisa membantu pencernaan tetap terjaga bekerja dengan optimal, sekaligus memberikan asupan nutrisi yang diperlukan.

Keseimbangan asupan jadi kuncinya. Porsi untuk lauk, buah, sayur, daging, telur, dan sebagainya, idealnya dijaga dengan baik sehingga setiap hari tubuh menerima asupan nutrisi dari sumber alami. Untuk mendapatkan menu yang lebih pasti, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaanmu.

Bukan Berarti Tak Boleh Makan Di Restoran, Tapi Perhatikan Hal Ini

Yap, kamu bisa tetap makan di tempat makan atau restoran ketika sedang berada di kantor. Meski memang membuat bekal sendiri akan lebih baik, tapi makan di luar juga tak jadi masalah selama kamu memperhatikan hal sederhana ini.

Cara memasak, harus diperhatikan agar kamu tetap bisa mendapatkan asupan makanan sehat setiap hari. Utamakan makanan-makanan yang dimasak dengan cara direbus, ditumis, atau dipanggang, dan hindari makanan yang digoreng atau diberikan minyak dan lemak tambahan.

Cara mengolah makanan juga bisa berpengaruh besar pada kesehatan kamu secara keseluruhan, karena akan berefek pada kandungan makanan yang kamu makan. Mungkin awalnya akan sedikit repot, tapi jika sudah jadi kebiasaan, hal ini akan lebih mudah dilakukan.

Pola Makan Sehat dengan Memperhatikan Asupan Serat

pola makan sehat
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Memiliki pola makan sehat sebenarnya semudah memperhatikan asupan serat setiap hari yang masuk ke dalam tubuh. Ketika serat yang masuk ke dalam tubuh cukup, maka selain bisa membuat kamu memiliki pencernaan yang lancar juga bisa menjaga kesehatan organ pencernaan.

Serat berfungsi untuk membersihkan organ pencernaan secara reguler, sehingga tidak terjadi endapan atau penumpukan, bahkan hingga penyumbatan. Dengan kerja yang optimal, organ pencernaan dapat menyerap nutrisi dengan baik untuk didistribusikan ke seluruh tubuh.

Di waktu yang sama ketika asupan serta cukup kamu juga akan merasakan kenyang lebih lama, sehingga porsi makan tidak berlebihan.

Baca Juga : Tips Mencapai Work Life Balance Ala Millennials 

5 tips menerapkan pola makan sehat di atas semoga bisa membantu kamu untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Kamu masih bisa menemukan banyak artikel berguna lain di Eiger Adventure, sekaligus segala jenis perlengkapan kegiatan luar ruang berkualitas. Mari menjadi lebih baik bersama Eiger Adventure!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru