HomeTips & TrickAlasan Kenapa Kamu Harus Cobain Road Trip dengan Kendaraan Pribadi

Alasan Kenapa Kamu Harus Cobain Road Trip dengan Kendaraan Pribadi

Buat kamu yang hobi traveling pasti sudah tidak asing lagi dengan kata road trip. Apabila diterjemahkan secara harfiah, road trip berarti perjalanan darat.

Perjalanan ini biasanya dilakukan dengan menempuh jarak yang cukup jauh dan waktu yang terbilang tidak sebentar menggunakan kendaraan yang nyaman, seperti motor atau mobil. Kebanyakan orang-orang melakukan road trip untuk pergi berlibur mengunjungi destinasi wisata bersama orang terdekat, seperti keluarga ataupun sahabat.

Road trip ini sendiri biasanya dilakukan dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Keduanya memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau Eigerian, lebih suka yang mana, nih?

Banyak yang bilang, kegiatan ini menggunakan kendaraan pribadi ternyata lebih seru dan hemat, lho Eigerian. Selain nyaman, waktunya juga lebih fleksibel karena bisa menyesuaikan dengan kegiatan pribadi.

Kamu juga bisa mengatur aktivitas selama liburanmu dengan mudah dan bisa mengunjungi banyak tempat tanpa memikirkan urusan transportasi. Apalagi kalau kamu bepergian dengan bayi atau anak kecil, tentunya perlu kendaraan yang lebih nyaman.

Alasan Kenapa Kamu Harus Cobain Road Trip dengan Kendaraan Pribadi

Road Trip dengan kendaraan pribadi

Bagi Eigerian yang suka bepergian menggunakan kendaraan pribadi, tahukah apa saja keseruan yang bisa kamu dapatkan?

1. Perencanaan jadi lebih sederhana

Menggunakan kendaraan pribadi nyatanya jauh lebih sederhana dari segi persiapan. Eigerian hanya perlu memperhatikan kondisi mobil agar prima untuk perjalanan jauh, membersihkan interior dan eksterior agar lebih aman saat berkendara dan membawa barang-barang seperlunya.

2. Lebih fleksibel karena bebas atur jadwal perjalanan

Perjalanan pun jadi lebih santai karena kamu telah mengatur itinerary yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Karena perjalanan ini menggunakan mobil pribadi, jadi Eigerian tidak perlu terburu-buru selama di jalan.

Kamu juga bisa menikmati waktu perjalanan dengan mengobrol bersama keluarga dengan tidak kehilangan fokus saat menyetir. Selain itu gaya liburan seperti ini tidak terikat dengan waktu maupun aturan karena kamu bebas menentukan kota tujuan, kecepatan dalam membawa mobil, spot-spot yang ingin didatangi dan juga bebas mengubah destinasi.

3. Mengeksplorasi tanpa batas

Pasti akan sangat menyenangkan bisa mengeksplorasi rute yang belum pernah kamu lewati selama perjalanan. Kamu bisa menemukan banyak hal baru dan suasana yang berbeda dari biasanya.

Keseruan lainnya, selama perjalanan darat, kamu tentunya dapat mengunjungi banyak destinasi sekaligus dan menjelajahi kawasan tersebut sepuasnya. 

4. Bebas berhenti di mana pun

Saat di perjalanan, tak jarang ada keinginan untuk mampir ke suatu tempat di luar dari itinerary. Kamu pasti sering kan menemukan spot bagus buat foto-foto atau mencoba kuliner yang kamu temui di perjalanan?

Nah, kegiatan ini menggunakan kendaraan pribadi bisa berhenti kapan pun dan di mana pun yang kamu suka. Hal ini tentunya membuat Eigerian punya banyak kesempatan mengeksplorasi berbagai tempat wisata.

5. Pengalaman yang tak terlupakan

Yang terpenting dan menjadi alasan utama kenapa kamu harus melakukan road trip adalah pengalamannya. Pengalaman kegiatan ini tidak akan bisa kamu lupakan, apalagi jika perjalanan ini bersama dengan orang terkasih.

Di setiap kota atau tempat tujuan kamu tentu akan memberikan pengalaman tersendiri. Bahkan, dari perjalanan ini kamu bisa ketagihan dan ingin rutin melakukan road trip bersama-sama.

6. Bujet yang lebih minim

Tergantung jenis mobil yang kamu miliki, namun umumnya mobil bisa menampung banyak orang sekaligus sehingga lebih murah jika harus naik transportasi umum di mana setiap orang harus membeli tiket.

Saat road trip bersama keluarga, Eigerian hanya akan mengeluarkan biaya bahan bakar dan jalan tol (jika masuk tol). Dan jika pergi bersama teman, kamu juga perlu membagi biaya makan dan wisata ke semua orang yang ikut road trip. Gaya liburan dengan sharing cost seperti ini tentunya lebih murah bukan?

Ingin Memulai Road Trip Dengan Mobil Pribadi? Ini Persiapannya!

Road Trip dengan kendaraan pribadi

1. Periksa kondisi kendaraan

Sebelum melakukan road trip, periksalah kondisi kendaraan pribadimu agar bisa dipastikan memiliki kondisi prima. Beberapa hal yang penting untuk kamu periksa, di antaranya kondisi mesin, tekanan angin pada ban, serta ketersediaan bensin.

Eigerian juga perlu menyiapkan peralatan darurat untuk mengatasi hal-hal yang tak diinginkan selama road trip, seperti ban cadangan serta perkakas dan ban.

2. Tentukan rute perjalanan

Agar perjalanan terasa lebih nyaman, Eigerian dapat menentukan rute perjalanan terlebih dahulu sebelum melakukan road trip. Kamu perlu memeriksa titik-titik penting di dalam rute perjalanan, seperti tempat peristirahatan, swalayan, dan pom bensin untuk mengisi bahan bakar.

Jika kegiatan ini dilakukan lebih dari satu hari, maka kamu perlu memeriksa hotel untuk bermalam dan beristirahat dengan tenang. Langkah ini jauh lebih praktis dengan menggunakan peta digital yang ada di smartphone.

Baca Juga: Daftar Negara Bebas Visa Bagi Paspor Indonesia, Cocok Untuk Liburan!

3. Bawa bekal makanan dan minuman

Hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum melakukan kegiatan ini adalah membawa bekal makanan dan minuman. Ini dimaksudkan agar tubuh tetap mendapatkan energi yang cukup setelah melakukan perjalanan panjang.

4. Persiapan kondisi fisik

Dikarenakan perjalanan akan dilakukan selama berjam-jam bahkan berhari-hari, maka pastikan bahwa kondisi fisik Eigerian dalam keadaan sehat. Makanlah makanan yang bergizi, jangan lupa berolahraga, dan pastikan istirahat yang cukup.

5. Bawa barang secukupnya

Kendaraan pribadi terbilang lebih praktis karena kamu bisa membawa semua barang yang dibutuhkan ke dalam mobil. Namun, jangan membawa barang terlalu banyak, ya Eigerian. Pilihlah barang apa saja yang paling dibutuhkan.

Ayo lengkapi peralatan dan perlengkapan traveling kamu, mulai dari apparel, sepatu, dan duffle bag agar road trip kamu tetap aman dan nyaman hanya di eigeradventure.com & EIGER Adventure Store terdekat di kotamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru