HomeTips & TrickMenyegarkan! Ini 7 Tips Wisata Mangrove Beserta Lokasinya

Menyegarkan! Ini 7 Tips Wisata Mangrove Beserta Lokasinya

Wisata mangrove bisa jadi salah satu pilihan wisata alam yang bisa kamu kunjungi selain wisata gunung atau pantai. Secara ekosistem, wisata mangrove ini juga punya keunikannya sendiri, sama seperti pegunungan atau lautan.

Selain dipenuhi dengan tumbuhan bakau yang mendominasi, lebih dari itu, ada banyak jenis satwa dan organisme lainnya yang hidup dalam kawasan tersebut.

Sayangnya, masih belum banyak orang yang datang mengunjungi wisata alam yang satu ini dikarenakan medannya yang basah dan berlumpur. Namun, sebetulnya sekarang banyak tempat wisata mangrove di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang sehingga pengunjung bisa dengan nyaman menikmati keindahan alam dalam momen berlibur.

Apalagi, dengan melakukan wisata mangrove tentu sekaligus mendukung perekonomian warga sekitar yang menjaga dan melestarikan wilayah hutan bakau ini. 

Kalau Eigerian berminat untuk menjadikan wisata mangrove menjadi agenda selanjutnya di momen liburanmu bersama keluarga, simak beberapa tips yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung.

7 Tips Wisata Mangrove

(Foto: kabarwisata.id)

Berikut ini beberapa tips untuk kamu yang ingin melakukan wisata mangrove, ayo catat!

1. Pilih waktu berkunjung yang tepat

Rata-rata pengunjung datang ke tempat wisata mangrove pada pagi atau sore hari untuk merasakan sinar matahari pagi maupun menyaksikan matahari terbenam.

Di samping itu, suhu udara pun lebih bersahabat, Eigerian. Namun, tak sedikit juga yang datang sejak atau sampai siang hari. Perlu diketahui, beberapa bagian di kawasan ini terbuka tanpa penghalang yang membuatmu akan terpapar sinar matahari langsung sehingga alangkah baiknya kamu menggunakan baju yang nyaman, membawa payung, dan gunakan sunblock.

2. Kenakan outfit yang nyaman

Jangan lupakan kenyamanan saat jalan-jalan dengan menggunakan outfit yang nyaman dan hindari berbahan tebal. Berwisata di kawasan mangrove kamu bakal berjalan cukup jauh dan itu sudah cukup untuk membuatmu berkeringat.

Pastikan pakaian yang kamu pakai memudahkan kamu bergerak dan menyerap keringat. Selain itu, kamu bisa pakai kacamata hitam, topi, dan jangan lupa gunakan sepatu agar kaki tetap nyaman saat menapaki bilah-bilah bambu yang mendominasi jembatan panjang di hutan mangrove.

3. Bawalah obat-obatan khusus

Selama mengeksplor tempat ini, kamu bakal masuk ke dalam kawasan mangrove yang cukup rapat, di mana tempat ini juga menjadi habitat nyamuk. Selain lotion antinyamuk, kamu juga bisa memakai celana panjang atau pakaian yang menutup seluruh anggota tubuh.

4. Ikut penanaman mangrove

Pengelola hutan mangrove juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk ikut serta dalam melestarikan ekosistem mangrove melalui kegiatan menanam langsung. Kegiatan ini akan dikenai biaya, termasuk tiket masuk ke ekosistem mangrove serta investasi satu pohon mangrove.

5. Ikut menjaga dan mengelola sampah

Bila bertemu kampung di sekitar kawasan lindung, perhatikanlah bagaimana pembuangan sampah mereka. Jangan ikut-ikutan buang sampah sembarangan, kamu harus jadi jadi contoh, memberi penyuluhan pengelolaan sampah bila memungkinkan.

6. Nikmati wahana rekreasi yang tersedia

Di beberapa kawasan mangrove juga ada yang menyediakan wahana rekreasi untuk pengunjung, seperti perahu kano, speedboat, perahu dayung, hingga penginapan.

Jadi, selain berjalan kaki menikmati hijaunya hutan bakau, kamu juga bisa mencoba pengalaman baru menggunakan perahu. Ketika sudah lelah dan ingin bermalam, kamu bisa langsung menyewa tempat untuk menginap, mulai dari rumah tenda, vila, vila bertingkat, hingga rumah bentang. Tarifnya pun berbeda bergantung pada fasilitasnya.

7. Jangan lupa urus surat izin

Karena kawasan mangrove biasanya ada di kawasan lindung yang berada dalam pengawasan dan tanggung jawab sebuah instansi, maka kamu harus lebih dulu mengurus surat izin memasuki kawasan konservasi.

Baca Juga: Wajib Dibawa, 5 Travel Kit Ramah Lingkungan agar Liburan Semakin Seru

5 Lokasi Wisata Mangrove di Indonesia

(Foto: Kompas.com/Suci Wulandari Putri)

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata mangrove yang sudah terjangkau dan memiliki fasilitas penunjang bagi wisatawan:

1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta

Taman Wisata Alam Angke Kapuk memiliki luas 99,82 hektare dan terletak di sebelah kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Untuk mengunjungi wisata ini, Eigerian bisa datang menggunakan transportasi darat, seperti motor atau mobil dari pukul 08.00-17.30 WIB. Bahkan, seringkali beberapa orang bersepeda dari Jakarta hingga ke kawasan ini.

2. Hutan Mangrove Kulon Progo, Yogyakarta

Hutan Mangrove Kulon Progo letaknya berdampingan dengan Sungai Bogowonto di Pantai Congot yang memanjang dari arah timur ke barat. Buka dari pukul 06.00-18.00 WIB dan ada banyak bangunan bambu yang dibangun megah menjadi jembatan dan menara.

3. Hutan Mangrove Karimunjawa, Jawa Tengah

Karimunjawa mungkin lebih identik dengan pantainya. Padahal di sekitaran pantai cantiknya itu ada juga hutan mangrove yang indah dan sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi, kawasan wisata yang buka 24 jam ini semakin menyenangkan dengan udaranya yang sejuk.

4. Hutan Mangrove Tarakan, Kalimantan Utara

Selain di pulau Jawa, ada pula tempat wisata mangrove di pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Utara, yaitu Hutan Mangrove Tarakan. Luas area wisata ini mencapai 21 hektare yang dipenuhi dengan tanaman bakau. Kawasan konservasi sekaligus destinasi wisata ini buka dari jam 09.00 hingga 17.00 WITA setiap harinya.

5. Taman Wisata Hutan Mangrove Klawalu, Papua Barat

Beralih ke kawasan Indonesia Timur, Taman Wisata Hutan Mangrove Klawalu juga bisa jadi pilihan untuk destinasi wisata selanjutnya. Buka mulai pukul 08.00-18.00 WIT, tempat wisata mangrove ini bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 17-30 menit dari Bandara Domine Eduard Osok.

Baca Juga: 5 Hutan Wisata Seru untuk Dikunjungi, Segera Agendakan!

EIGER Siap Menemani Petualanganmu!

Jadikan EIGER sebagai sahabat setia di setiap langkah petualanganmu, Eigerian. So, ayo lengkapi koleksi peralatan dan perlengkapan outdoor-mu, mulai dari t-shirt, celana, sepatu, sandal, hingga ransel untuk mendukung kegiatanmu.


Daftar juga jadi member EIGER Adventure Club (EAC) untuk mendapatkan keuntungan lainnya saat berbelanja. Selain itu, kamu juga bisa merasakan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan praktis melalui mobile apps EIGER Adventure. Ayo unduh aplikasinya di sini. Dapatkan berbagai keuntungan, belanja pun jadi lebih menyenangkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru