HomeTips & TrickMountaineeringApa Saja Manfaat yang Dirasakan Saat Beraktivitas di Alam?

Apa Saja Manfaat yang Dirasakan Saat Beraktivitas di Alam?

Selama bertahun-tahun, para pakar mengatakan bahwa menghabiskan waktu sendiri atau bersama orang lain di alam terbuka memang baik untuk kesehatan mental. Beraktivitas di Alam sangat berguna. Rasanya, penilaian tersebut tidak akan berubah dalam waktu dekat ini. Apakah Eigerian pernah mencobanya?

Dengan banyaknya studi yang mendukung hal tersebut, apa saja cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk menikmati manfaat alam terhadap kesehatan mental?

Beberapa Aktivitas di Alam dan Manfaat yang Didapatkan

1. Jalan kaki selama 20 menit

Para ilmuwan menemukan bahwa menghabiskan waktu selama 20-30 menit di alam terbuka bisa menurunkan tingkat hormon stres (kortisol) hingga 10 persen. Menghabiskan waktu di alam terbuka hijau memberikan manfaat terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan seseorang, tetapi 20 menit awal merupakan yang paling efisien.

Bahkan jika kita tinggal di kota besar, penulis studi mengatakan bahwa berada di luar rumah atau kantor dan menghabiskan waktu di sekeliling pohon atau rerumputan juga cukup memberikan efek.

2. Berolahraga di taman

Selain menurunkan hormon stres, berolahraga di alam terbuka juga bisa meningkatkan kesejahteraan diri seseorang.

Dr. Dimitrios Paschos mengungkapkan, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kegembiraan seseorang untuk menangkal depresi, seperti melakukan yoga atau olahraga. Olahraga juga bisa menjadi distraksi terhadap pikiran-pikiran negatif dan meningkatkan interaksi sosial.

3. Berkebun

Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa bekerja secara aktif dengan tanaman bisa mengurangi stres. Sebuah studi di tahun 2015 membandingkan dua aktivitas, yaitu bekerja dengan mengolah data dan merawat tumbuhan.

Studi tersebut menemukan bahwa partisipan cenderung lebih tenang ketika bekerja dengan alam. Menaruh tanaman dalam pot di teras rumah juga bisa memberi dampak positif.

4. Berkemah

Jika punya waktu lebih, luangkanlah waktu untuk berkemah, tentunya di tempat yang terjamin kebersihannya dan tidak terlalu ramai orang.

Selain berkemah, kamu juga bisa berjalan-jalan ke tempat konservasi atau tempat-tempat yang memiliki banyak area alam terbuka.

5. Meletakkan tanaman di meja kerja

Jika tidak memiliki kesempatan untuk berada di alam terbuka dan bersantai, berkebun atau merawat tanaman secara rutin juga bisa memberi dampak positif terhadap suasana hati.

Tanaman seperti lidah buaya, bambu atau sirih gading bisa ditaruh di ruangan dengan pencahayaan rendah dan kelembapan rendah, sehingga cocok ditaruh di meja kerja.

Beberapa Perubahan yang Bisa Kamu Rasakan Saat Beraktivitas di Alam

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai hidup sehat, misalnya dengan menghabiskan waktu di alam. Berbeda jauh dengan keramaian kota, kehidupan di alam bisa memberikan perubahan positif untuk kesehatan mental dan fisik.

Tak perlu menghabiskan waktu yang lama, cukup jalan-jalan sebentar dan kamu pun bisa langsung merasakan efeknya!

1. Menghilangkan stres secara perlahan

Akhir-akhir ini, kamu sering merasa stres? Mungkin, kamu bisa mengatasinya dengan pergi ke taman atau area yang penuh dengan tanaman hijau.

Menurut penelitian, cara yang satu ini dijamin ampuh untuk menghilangkan stres sekaligus menjaga kesehatan mental.

2. Mencegah depresi dengan mengurangi beban pikiran

Depresi cenderung terjadi saat kamu gak bisa mengendalikan hal-hal negatif di otak. Makanya, kamu bisa lakukan healing dengan bermain di alam sekitar 1-2 jam. Kamu akan langsung merasakan suasana sejuk yang bisa memberikan ketenangan.

3. Melatih fokus jangka pendek

Buat kamu yang merasa kesulitan untuk berkonsentrasi, mungkin kamu bisa melatihnya dengan menghabiskan waktu di alam.

Dengan suasana yang cenderung sunyi, fokusmu gak akan gampang teralihkan. Selain itu, kamu juga bisa melatih daya memorimu supaya tak gampang lupa.

4. Keluar dari comfort zone

Tak cuma sekadar relaxing, tapi kamu juga bisa melatih jiwa survival dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menantang di alam, misalnya hiking atau camping.

Dengan segala keterbatasan, kamu harus bisa memanfaatkan sumber daya yang ada di alam dengan sebaik mungkin agar bisa bertahan hidup.

So, sudah tahu kan apa saja yang bisa kita lakukan di alam terbuka untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Ayo, terapkan salah satu poin di atas dan rasakan sensasinya buat tubuh kamu.

Baca Juga: Simak Tips Memilih Celana untuk Mendaki Gunung Di Sini!

Tambahkan juga produk-produk EIGER untuk melengkapi petualanganmu! Ayo kunjungi eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store terdekat di kotamu, Eigerian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru