HomeTips & TrickTravelingUji Adrenalinmu dengan Coba Permainan Seru Flying Fox di Alam

Uji Adrenalinmu dengan Coba Permainan Seru Flying Fox di Alam

Halo Eigerian, apakah kalian tertantang meluncur dari ketinggian dengan wahana permainan flying fox? Siapa sih yang belum mengenal permainan yang menguji adrenalin ini? Ya, flying fox adalah salah satu permainan outbound yang paling disukai mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tentunya permainan yang banyak dijumpai di tempat-tempat wisata maupun spot outdoor yang alami ini nggak bisa dilakukan secara sembarangan, lho. 

Karena keselamatan adalah kunci utama dari permainan outbound ini, Eigerian harus memperhatikan apa saja perlengkapan yang digunakan, bagaimana cara bermain yang tepat agar tetap aman, serta yang paling penting harus didampingi oleh operator yang sudah terlatih. 

Yuk rasakan keseruan bermain flying fox di tempat terbuka bersama orang-orang yang kamu sayangi!

Apa itu Permainan Flying Fox?

Banyak orang yang tertarik mencoba aktivitas rekreasi saat waktu liburan atau di akhir pekan, salah satunya flying fox. Ini adalah permainan meluncur dari ketinggian menuju tempat yang lebih rendah menggunakan zip line atau alat katrol yang digantungkan pada sling baja. 

Sebenarnya, flying fox hanya salah satu media permainan di ketinggian atau dikenal sebagai high rope activity/course. Jenis permainan outbound ini mungkin terdengar cukup menegangkan, namun percayalah permainan ini bisa membangun keberanian dan percaya diri. 

Saat meluncur dari dermaga starting point, biasanya di pohon yang berada di tempat lebih tinggi, hal pertama yang dirasakan cukup menegangkan karena menggantung di udara. Namun Eigerian tidak perlu khawatir karena permainan ini menggunakan alat pengaman yang lengkap dan terjamin keselamatannya.

Agar dapat sukses meluncur sampai landasan, lawan rasa takutmu dan bangkitkan rasa percaya diri. Jangan selalu pejamkan mata selama meluncur, tinggal nikmati pengalaman menggantung sembari menikmati keindahan alam sampai di tempat finish, ya.

Bagaimana Cara Bermain Flying Fox yang Aman?

flying fox

Saat bermain permainan high ropes ini, terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan, di anataranya:

  • Saat menunggu giliran meluncur, operator akan bergerak untuk memasangkan Alat Pelindung Diri (APD). APD terdiri dari pengaman tub (sit harness atau full body harness), pengaman kepala (safety helmet), dan jika dibutuhkan akan dipasangkan pengaman tangan (gloves).
  • Ketika kamu sudah berada di area luncur, maka SOP yang dilakukan para operator adalah wajib memasangkan tali pengaman (life line) yang dicantolkan ke pengaman tubuh. Kemudian tali luncur (cowstail/connector rope) jangan lupa untuk dikaitkan juga. Nah, tali pengaman akan dilepaskan jika pemain sudah siap meluncur. 
  • Pemain akan meluncur menggunakan tali baja (wire rope) yang terdiri dari dua lintasan, yaitu lintasan utama (main lines) dan lintasan pengaman (safety lines) yang ada di samping atau atasnya. Safety lines penting untuk mengantisipasi jika terjadi free fall atau pemain jatuh bebas, ada tali pada lintasan pengaman yang akan menyelamatkan.
  • Setelah mendarat dengan sukses di dermaga finish, sebelum melepas seluruh rangkaian APD, operator segera memasang kembali life line yang dikaitkan di pengaman tubuh (sit harness).

Baca juga: Nikmati Permainan Outbound di 5 Tempat Menarik Ini!

Daftar Lokasi Bermain Flying Fox di Indonesia

Wahana permainan yang lumayan ekstrem dan seru ini dicintai oleh para pecinta uji adrenalin dan mereka yang suka ketinggian. Di Indonesia ada banyak spot wisata yang menawarkan keseruan bermain meluncur dari ketinggian menggunakan tali khusus ini. Masing-masing lokasi bermain flying fox memiliki tinggi dan panjang lintasan yang bisa bikin pertama kali melihat terasa merinding.

Penasaran di mana saja Eigerian bisa menikmati keseruannya? Simak daftar lokasinya berikut ini, yuk.

1. Wisata Kalibiru, Yogyakarta

Lokasi permainan high ropes yang menantang nyali bisa kamu temukan di salah satu wisata alam terkenal di Yogyakarta, yaitu Kalibiru. Bagi kamu yang berjiwa muda dan bernyali besar, wajib coba permainan meluncur yang berada di daratan dengan ketinggian 450 mdpl. 

Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Waduk Sermo, pepohonan, dan perbukitan Menoreh. Terdapat dua lintasan yang bisa kamu pilih, untuk jalur mini sepanjang 50 meter dan jalur yang lebih menantang dengan panjang lintasan 85 meter. 

flying fox

2. Dreamland Cicalengka, Bandung

Lokasi permainan outbound kedua yang bisa kamu kunjungi adalah Dreamland Cicalengka yang berada di Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata alam ini mempunyai atraksi wisata flying fox dengan lintasan terpanjang se Indonesia. Panjang lintasannya sekitar 700 meter dan berada di ketinggian 1600 mdpl. Wow!

Selain menguji adrenalin, meluncur di Dreamland Cicalengka menjadi pengalaman paling tak terlupakan, karena kamu dapat menikmati pemandangan alam luar biasa sambil menghirup sejuknya udara pegunungan.

3. Pravasa Bali Adventure, Bali

Saat plesiran ke Pulau Dewata, cobalah mampir ke Pravasa Bali Adventure yang berada di Kedewatan, Gianyar, Bali. Kamu bisa mencoba kegiatan rekreasi yang memacu adrenalin, salah satunya adalah Valgula Flying Fox.

Kamu akan merasakan pengalaman bergelantungan dari ketinggian 40 meter di atas Sungai Campuhan dan menikmati hijaunya pemandangan Bukit Campuhan. Panjang lintasannya sejauh 130 meter. 

Permainan Outbound Makin Aman dengan Produk dari EIGER Adventure

Flying fox adalah jenis permainan outbound yang high impact. Oleh karena itu, diperlukan peralatan yang memadai, tenaga operator berpengalaman, SOP, dan jaminan keamanan yang ketat. Salah satu permainan outbound dapat menjadi sarana membangun keberanian dan kepercayaan diri. 

Jika perlu perlengkapan pendukung permainan outbound, langsung saja cek di Eiger Adventure Official. Mulai dari carabiner, sarung tangan, safety helmet, dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan di Eiger. 

Agar kegiatan outdoor-mu semakin seru dan menyenangkan, kenakan produk casual fashion mulai dari pakaian, celana, topi, sandal, jam tangan, tas, dan lainnya yang bisa kamu temukan dengan mudah.

Seluruh produk Eiger terbuat dari bahan berkualitas. Belanja produk EIGER original  secara online di website Eiger Adventure Official semakin mudah dengan banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih serta keuntungan gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru