HomeTips & TrickTravelingInilah 6 Aplikasi Traveling yang Wajib Ada di Smartphone!

Inilah 6 Aplikasi Traveling yang Wajib Ada di Smartphone!

Selain harus mempersiapkan dana, mental, dan juga berbagai perlengkapan untuk traveling, para traveler juga wajib mempersiapkan smartphone-nya dengan mengisi berbagai aplikasi traveling, lho! 

Traveling ke luar negeri memang tampaknya sangat mengasyikan. Tapi kalau ini adalah pengalaman pertama Eigerian, bepergian ke luar negeri pasti ada rasa khawatir, takut, dan lainnya, walaupun hanya sedikit. Nah, aplikasi traveling yang terpasang di smartphone akan membantu dan memudahkan Eigerian selama bepergian baik di dalam maupun luar negeri. 

Daftar Aplikasi Traveling yang Wajib di Download

aplikasi traveling
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah daftar aplikasi traveling yang wajib ada di smartphone Eigerian. Sebelum pergi traveling, jangan sampai lupa di download, ya!

1. Aplikasi Maps Waze

Sebelumnya, mungkin Eigerian lebih familiar dengan aplikasi Google Maps di mana aplikasi Google Maps adalah bawaan perangkat dari Google. Aplikasi Google Maps dan Waze ini ada kemiripan, di mana keduanya sama-sama bisa menjadi petunjuk arah bagi kita dalam menemukan tempat atau saat merasa kesulitan tidak tahu arah jalan.

Aplikasi Maps Waze juga bisa membantumu untuk mendeteksi jalan-jalan yang sering terjadi kemacetan dengan ikon-ikon lucu. Dijamin, aplikasi traveling yang satu ini cocok sekali buat Eigerian yang suka road trip dan tidak perlu galau terjebak kemacetan.

2. Aplikasi Booking Tiket dan Hotel

Saat traveling ke luar negeri atau ke daerah wisata yang jaraknya jauh, Eigerian mungkin harus naik pesawat. Nah, sebetulnya ada banyak aplikasi booking tiket yang bisa digunakan, seperti Traveloka, Tiket.com, dan lainnya. Selain itu, ada juga aplikasi booking tiket yang lebih praktis, karena bisa digunakan baik di dalam maupun luar negeri yaitu aplikasi Hopper. Fitur aplikasi Hopper ini berupa kalender yang disusun berdasarkan warna, selain itu ada juga fitur “watch a flight” di mana fitur ini nantinya akan memberikan peringatan saat harga tiket yang diincar mencapai harga paling murah.

Selain untuk pemesanan pesawat dan moda transportasi lainnya, aplikasi booking hotel atau penginapan juga sangat diperlukan. Aplikasi Tripadvisor bisa jadi pilihan terbaik sebagai aplikasi traveling karena bisa menjadi penasehat kita dalam hal mencari objek-objek wisata, hotel dan tujuan kuliner terbaik yang direkomendasikan. Serunya lagi, aplikasi ini bisa tetap kita akses dalam kondisi offline sekalipun, lho.

3. Aplikasi Online Transportation

Saat pergi traveling ke sebuah tempat yang sulit dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat, Eigerian akan membutuhkan jasa transportasi online seperti Gojek, Grab, dan sejenisnya. Pemesanan jasa transportasi online ini sangat praktis dari smartphone, dengan cara pembayaran yang mudah dan disesuaikan dengan jarak tempuh yang ingin dituju. Jadi, tidak perlu bingung kalau solo traveling dan tidak bawa kendaraan, tinggal manfaatkan saja jasa transportasi online ini.

4. Aplikasi Hiburan

Saat melakukan perjalanan jauh, ini bisa jadi sangat membosankan. Jadi, di saat perjalanan panjang menuju ke sebuah tempat Eigerian mungkin butuh aplikasi hiburan selain games offline tentunya. Misalnya aplikasi untuk mendengarkan musik yang Eigerian suka seperti Joox atau Spotify. Aplikasi ini bisa diandalkan untuk mendengarkan lagu-lagu secara free yang sedang hits dan Eigerian sukai.

Sementara itu bagi Eigerian yang addict soal games, aplikasi yang wajib untuk di-download adalah aplikasi games online yang tersedia di Playstore. Tinggal dipilih dan disesuaikan dengan selera masing-masing!

5. Aplikasi Google Translate

Kemudian, aplikasi traveling yang juga wajib diunduh adalah Google Translate. Ini sangat penting, apalagi jika ingin bepergian ke daerah-daerah yang tidak Eigerian ketahui bahasa lokalnya. Google Translate versi terkini akan memungkinkan Eigerian mendeteksi percakapan bahasa asing yang tidak dipahami. Selain itu, Eigerian juga bisa memanfaatkan fitur “Conversation Mode”. Ini bisa mengarahkan smartphone ke tengah percakapan yang sedang berlangsung dan mendengarkan percakapan secara langsung.

Meskipun hasil terjemahannya tidak selalu akurat, setidaknya pesan yang ingin ditangkap bisa diketahui. Aplikasi ini juga sangat penting bagi Eigerian yang traveling ke luar negeri dan minim sekali pengetahuan bahasa asingnya. Sebab, tidak semua negara penduduknya bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan fasih.

6. Aplikasi Salaam

Bagi umat muslim, aplikasi traveling yang bisa menunjukan arah kiblat dan aplikasi ibadah lainnya sangatlah penting. Eigerian bisa mengunduh Aplikasi Salaam, di mana melalui aplikasi Aplikasi Salaam ini kita bisa menemukan arah kiblat dengan mudah. Selain arah sholat, kita juga dapat membaca Al-Quran di smartphone melalui aplikasi ini.

Aplikasi Salaam juga dilengkapi dengan Adzan, dan terdapat notifikasi visual serta audio pengingat waktu sholat dengan beberapa pilihan suara muadzin, hingga pengingat waktu puasa.

Baca juga: 10 Tips Backpacker ke Luar Negeri untuk Pemula, Pasti Bisa!

Selain Aplikasi Traveling, Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan!

aplikasi traveling
Sumber: Eiger Adventure

Selain memastikan aplikasi traveling sudah terpasang di smartphone, ada beberapa hal yang juga perlu disiapkan sebelum bergegas.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan destinasi liburan beserta waktu berangkatnya, supaya Eigerian bisa memesan tiket dan memesan hotel favorit dari jauh-jauh hari. Lalu, jangan lupa membuat itinerary dengan jelas dan detail, dengan memperhatikan waktu dan tempat tujuan wisata yang diinginkan. Pastikan juga untuk membuat daftar tempat wisata berdekatan yang bisa dikunjungi sekaligus biar lebih menghemat waktu perjalanan. 

Berbagai dokumen penting yang diperlukan selama perjalanan juga wajib untuk disiapkan, terutama buat Eigerian yang akan melakukan traveling ke luar kota atau ke luar negeri menggunakan pesawat.

Baca juga: 12 Ide Outfit ke Bandara, Simpel dan Stylish untuk Traveling!

Selain dokumen penting, barang-barang yang akan dibawa selama traveling juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Tidak usah terlalu banyak, Eigerian cukup bawa barang secukupnya dan masukkan ke dalam tas yang akan digunakan selama traveling. Selain tas berkapasitas besar, Eigerian juga bisa menambahkan tas organizer untuk membuat barang tersusun lebih rapi.

Eigerian bisa cek koleksi tas traveling dan berbagai produk lainnya di website resmi EIGER Adventure. Selain jaminan produk original, soal kualitas juga tidak perlu diragukan. Ditambah lagi, untuk mendapatkan produk terbaik Eigerian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Yuk, belanja sekarang dan jangan lewatkan promo yang ada!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru