HomeNews & InfoIngin ke Luar Negeri? Cek Dulu Cara Membuat Visa!

Ingin ke Luar Negeri? Cek Dulu Cara Membuat Visa!

Eigerian, ada yang berencana liburan ke luar negeri akhir tahun ini? Inilah cara membuat visa yang bisa kamu perhatikan!

Visa sendiri adalah dokumen yang diterbitkan oleh suatu negara melalui sebuah perwakilan. Umumnya, visa berisi izin untuk masuk sekaligus keluar dari negara tersebut. Visa berlaku selama periode waktu dan tujuan tertentu.

Pengajuan visa wajib dilakukan sebelum membeli tiket pesawat. Adapun hal yang dipertimbangkan oleh Kedutaan Besar (Kedubes) terkait pembuatan visa, yaitu tujuan dan durasi tinggal di negara tujuan. Lantas, bagaimana cara punya visa ke luar negeri?

Syarat dan Cara Membuat Visa

Agar punya visa ke luar negeri, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Berikut syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pembuatan visa:

  • Siapkan paspor asli dan fotokopi
  • KTP asli dan fotokopi
  • Pas foto sesuai persyaratan 
  • Formulir permohonan sesuai visa
  • Bukti pembayaran visa
  • Surat keterangan sponsor
  • Surat keterangan kerja
  • Rekening koran atau slip gaji tiga bulan terakhir
  • Jadwal perjalanan dan lama tinggal
  • Surat keterangan sehat

Baca juga: 10 Perlengkapan Liburan yang Wajib Kamu Bawa

Langkah Membuat Visa 

Setelah mengetahui syarat yang harus dipenuhi untuk punya visa ke luar negeri, kamu bisa mengikuti tahapan cara membuat visa berikut ini:

1. Mendaftarkan diri melalui visa center

Untuk registrasi diri terkait pengajuan visa, kamu bisa melakukannya ke kedubes negara yang ingin didatangi. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya melalui website resmi dari kedubes tersebut. 

Saat melakukan registrasi diri, kamu perlu berhati-hati tentang semua persyaratan yang diminta. Selain itu, kamu juga perlu mengunduh formulir aplikasi dari website tersebut. Isilah data diri secara lengkap, sesuai dengan KTP maupun paspor yang dimiliki. 

2. Penyerahan berkas persyaratan

Saat menyerahkan berkas persyaratan, pastikan untuk melampirkan semua berkas dalam berkas pengajuan. Selain itu, pastikan pula untuk memeriksa seluruh berkas sebelum menyerahkannya. 

Buatlah rangkap dalam jumlah yang lebih banyak untuk berjaga-jaga saat memberikannya. Kekurangan berkas syarat pengajuan visa bisa membuat pengajuan visamu ditolak. Jadi,  jangan lupa untuk melengkapi lampiran berkas yang dibutuhkan, ya!

3. Lakukan proses verifikasi data

Verifikasi data akan dilakukan oleh pihak kedutaan. Proses verifikasi data dilakukan selama 2 sampai 5 hari kerja terhitung saat pengajuan. Kendati begitu, perlu dipahami pula bahwa proses pengajuan visa bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Jika permohonan status visa (disetujui atau ditolak), kamu akan mendapat pesan email. Usai verifikasi data selesai, kamu akan menerima pesan email. 

4. Proses wawancara

Jika langkah pertama hingga ketiga sudah selesai, kamu akan diundang untuk melakukan wawancara oleh pihak Kedubes. Saat melakukan proses wawancara, sebaiknya datang lebih pagi karena antrean wawancara biasanya panjang. Pakailah pakaian yang rapi saat datang ke Kedubes. 

Saat wawancara, banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk cara menjawab. Nantinya, pihak kedutaan hanya akan menanyakan kegiatan yang dilakukan di negara tujuan. Kemudian, yakinkan pula bahwa kamu akan kembali ke Indonesia sesuai dengan jadwal yang ditentukan. 

5. Pengambilan visa

Biasanya, proses pengajuan visa baru akan selesai sekitar dua minggu atau lebih dari itu. Jika visa sudah disetujui, kamu akan dikirim email untuk pengambilan visa. Kamu hanya perlu datang ke Kedubes negara yang dituju untuk pengambilan visa. 

Saat melakukan pengambilan visa, jangan lupa untuk membawa dokumen identitas asli. Biasanya, dokumen visa kunjungan hanya berlaku sekitar 60 sampai 180 hari saja. Usai itu, kamu harus melakukan pengajuan kembali. 

Meski begitu, sejumlah negara memberikan keleluasaan dalam jangka waktu berlakunya visa. 

Baca juga: Daftar Negara Bebas Visa Bagi Paspor Indonesia, Cocok Untuk Liburan!

Berapa biaya pembuatan visa?

Proses pembuatan visa membutuhkan biaya yang berbeda-beda, prosesnya tergantung pada jenis visa yang diajukan. Untuk membuat visa, kamu perlu menyiapkan dana minimal Rp100 ribu. Sementara untuk kunjungan wisata, biaya yang diperlukan sebesar Rp500 ribu. 

Nantinya, pembayaran akan dilakukan ketika kamu mulai pengajuan visa. Dalam hal ini, kamu mesti menyiapkan bukti pembayaran atau transfer itu sebagai berkas yang akan dilampirkan dalam pengajuan visa. Pembayaran akan dilakukan satu kali saat proses pengajuan berlangsung.

Liburan ke Luar Negeri Bareng EIGER!

Nah, kalau kamu sudah punya visa ke luar negeri, proses berikutnya tentu menyiapkan itinerary yang dibutuhkan. Produk-produk EIGER siap menemani kamu untuk liburan ke luar negeri! Salah satunya, berlibur dengan koleksi 1989.

Kamu bisa berbelanja produk EIGER di website www.eigeradventure.com atau EIGER Adventure Store terdekat di kotamu! Nikmati gratis ongkir dan produk original dari EIGER!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru