HomeNews & InfoEIGER FriendsCara Mengatasi Takut Ketinggian Saat Rock Climbing Menurut Abex

Cara Mengatasi Takut Ketinggian Saat Rock Climbing Menurut Abex

Rock climbing atau panjat tebing merupakan aktivitas memanjat, menuruni, atau melintasi formasi batu alam atau dinding batu buatan. Dalam melakukan panjat tebing, seseorang sebaiknya memiliki fisik dan mental yang sehat.

Panjat tebing sendiri adalah olahraga yang mampu menguji kekuatan, daya tahan, ketangkasan, keseimbangan pemanjat, dan kontrol mental.

Tujuan dari panjat tebing sendiri adalah, untuk mencapai puncak formasi atau titik akhir dari rute yang telah ditentukan sebelumnya tanpa terjatuh.

Berdasarkan pantauan unggahan di Instagram, Abex, salah satu EIGER Friends yang hobi traveling dan mendaki gunung ini tampak sedang menggeluti panjat tebing. Padahal, Abex diketahui takut dengan ketinggian. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi takut ketinggian saat rock climbing menurut Abex?

Mengatasi Takut Ketinggian ala Abex

(Foto Abex melakukan rock climbing. Sumber: Instagram @anak_bebek)

Bagi Abex, panjat tebing merupakan salah satu kegiatan outdoor yang membutuhkan skill tertentu dengan berbagai teknik yang dipelajari dengan metode tertentu. Selain itu, rock climbing juga merupakan bagian dari mendaki gunung jadi ilmunya bisa dipakai ketika pendakian.

“Buat aku pribadi, rock climbing adalah kegiatan di mana menuntut aku untuk fokus dan bisa membantu aku mengatasi rasa takut akan ketinggian,” kata Abex.

Meski sudah sering melakukan pendakian gunung dengan ketinggian beribu-ribu meter, Abex menegaskan bahwa sebenarnya ia masih punya rasa takut terhadap ketinggian. Ia pun menceritakan hal yang membuatnya ingin mulai melakukan panjat tebing.

Hal yang memotivasi Abex untuk mencoba panjat tebing adalah untuk melakukan sesuatu agar Tebing Karst di Indonesia tidak semakin banyak yang hilang ditambang.

Apalagi, Tebing Karst bisa disebut sebagai sumber kehidupan. Abex pun berharap agar semakin banyak yang tergugah untuk ikut melakukan kegiatan panjat tebing, sehingga wisatawan semakin ramai dan bisa mengurangi pertambangan tebing di Indonesia.

“Dari tahun 2000 sebenarnya sudah coba memanjat di wall, karena salah satu materi dalam pencinta alam adalah Panjat Tebing, tapi enggak pernah bisa karena takut dengan ketinggian, ” tambahnya.

Hingga akhirnya, dua tahun ini, wanita yang sudah terjun ke dunia outdoor sejak usia 7 tahun ini menyadari bahwa rasa takut dengan ketinggian itu bukan harus dihindari atau dihilangkan, melainkan harus diatasi dan dicari solusinya. Maka itu, Abex mulai memanjat supaya bisa menjadikan rasa takut dengan ketinggian sebagai kawan bukan lawan.

Apa itu Karst?

Menurut laman Menlhk, Kars merupakan daerah yang terdiri dari batuan kapur yang berpori sehingga air di permukaan tanah selalu merembes dan mengalir ke dalam tanah.

Selain itu, Kars juga bisa diartikan sebagai sebuah bentuk permukaan bumi yang seringkali dicirikan dengan adanya closed depression, drainase permukaan, dan gua. 

Abex mengungkapkan bahwa dirinya belum banyak menjajaki tebing-tebing di Indonesia. Alasannya, karena ia masih belajar. Adapun dua tebing yang Abex pernah jajaki, yaitu di Krabi, Thailand, dan KlapaNunggal, Jawa Barat.

Latihan Bouldering Untuk Menguatkan Keterampilan

Untuk menguatkan keterampilan Abex dalam panjat tebing, ia melakukan latihan boulders. Boulders atau bouldering adalah salah satu jenis dari panjat tebing yang ada dan dikenal di kalangan petualang. 

Selain itu, bouldering biasa dilakukan di bebatuan, tebing, ataupun dinding yang tergolong lebih pendek atau rendah tanpa menggunakan tali pengaman. Abex mengaku bahwa ia sebenarnya sangat takut dalam melakukan rock climbing, bahkan ia pernah menangis di tebing.

Kendati begitu, Abex percaya bahwa rasa takut tidak boleh dijadikan musuh, tidak boleh dilawan tapi dijadikan sebagai kawan. Orang-orang yang takut dengan ketinggian mesti belajar mengatasinya. Cara mengatasi ketinggian menurut Abex adalah fokus dan melakukan management safety

“Susah banget sih, sampai sekarang masih takut, tapi manusia harus tetap punya rasa takut dan itu normal, karena itulah yang bikin aku masih hidup sampai sekarang, rasa takut,” ungkapnya.

Abex mengatakan dirinya selalu punya rencana untuk melakukan rock climbing. Kini, wanita berambut pendek ini sedang menunggu EIGER untuk mengajaknya pergi ke tebing-tebing di Padalarang, Citatah, dan sekitarnya. 

Kendati demikian, kalau angan-angan Abex sangat ingin pergi untuk manjat ke Thailand dan ke Maros, Makassar.

Ingin Memulai Rock Climbing? Yuk, Ikuti Tips dari Abex!

Berikut tips dari Abex untuk Eigerian yang ingin melakukan rock climbing, apa saja?

  1. Belajar dari dasar terkait rock climbing dengan pegiat climbing yang kompeten
  2. Ketahui tentang safety management karena panjat tebing bukan olahraga yang mudah
  3. Seringlah berlatih agar kamu terbiasa dengan berbagai macam teknik dan gerakan climbing, serta untuk mengurangi ketakutan terhadap ketinggian
  4. Cari tahu terlebih dahulu tentang kondisi alam Indonesia, karena sudah banyak tebing-tebing yang rusak bahkan hilang karena tambang.

Nah, itulah cara mengatasi takut ketinggian saat rock climbing menurut Abex. Eigerian yang tertarik untuk melakukan olahraga ini, bisa mulai dari mempersiapkan perlengkapannya terlebih dahulu. Daftra peralatan wajib untuk olahraga ini bisa Eigerian temukan di artikel ini.

Dan untuk membeli peralatan tersebut, Eigerian bisa langsung meluncur ke Website Resmi EIGER. Dapatkan produk original dengan penawaran spesial, gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan pasti cepat sampai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru