HomeNews & InfoBerapa Biaya Naik Gunung Kerinci? Ayo Naik Gunung!

Berapa Biaya Naik Gunung Kerinci? Ayo Naik Gunung!

Eigerian, di sini siapa yang mau naik Gunung Kerinci? Sebelum naik gunung ini, cari tahu terlebih dahulu berapa biaya naik Gunung Kerinci, selengkapnya di artikel ini!

Gunung Kerinci berada di Provinsi Jambi, Indonesia, tepatnya berada di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat.

Mempunyai ketinggian 3.850 mdpl, gunung ini dijuluki sebagai Gunung Gadang. Gunung Kerinci juga merupakan salah satu gunung berapi bertipe stratovolkano yang hingga kini masih aktif. 

Berapa Biaya Naik Gunung Kerinci?

Untuk mendaki Gunung Kerinci, Eigerian perlu menyiapkan biaya mulai dari tiket transportasi dan tiket masuk. 

1. Tiket transportasi

Untuk tiket transportasi, Eigerian bisa menyesuaikan dengan transportasi yang digunakan dari tempat asal. Transportasi yang bisa digunakan dibagi menjadi dua jenis, yaitu transportasi darat dan udara.

  • Transportasi jalur darat

Kalau kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa menggunakan bus antarkota Jakarta – Jakarta, seperti Medan Jaya, Handoyo, Family Raya, Ceria, dan sebagainya. Kemudian, naik bus dari Terminal Kampung Rambutan Jakarta.

Setelah itu, turun di Terminal Kota Bangko Kabupaten Jambi. Waktu yang dibutuhkan selama perjalanan sekitar dua hari dua malam. Sementara biayanya sendiri sekitar Rp250.000 hingga Rp350.000.

  • Transportasi jalur udara

Untuk menggunakan transportasi udara, kamu bisa berangkat dengan pesawat Jakarta-Jambi. Biaya untuk naik pesawat sendiri berkisar sekitar Rp450.000. 

Adapun alternatif lain yang bisa digunakan, yaitu Padang – Kresiktuo. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp490.000 hingga Rp770.000.

Baca juga: Mendaki Gunung di Luar Negeri, Persiapkan 8 Hal Penting Ini!

2. Tiket masuk

Biaya naik gunung ini dipisah menjadi dua kategori berdasarkan hari, yaitu kategori hari Senin sampai Jumat serta kategori Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Berikut rincian tiketnya:

  • Senin-Jumat 
  • Pos R10 Kersik Tuo (Resort Kerinci Utara) Rp20.000 untuk wisatawan domestik dan Rp310.000 untuk wisatawan mancanegara. Harga tiket sudah termasuk tarif masuk, trekking, dan berkemah dua hari satu malam.  
  • Camping ground Bangun Rejo, Solok Selatan (Resort Sungai Lambai) Rp40.000 untuk wisatawan domestik dan Rp620.000 untuk wisatawan mancanegara. Kemudian, tiket termasuk tarif masuk, trekking, dan berkemah empat hari tiga malam.
  • Tarif pelajar untuk pos R10 Kersik Tuo (Resort Kerinci Utara) Rp11.000 
  • Tarif pelajar untuk Camping Ground Bangun Rejo, Solok Selatan (Resort Sungai Lambai) Rp22.000
  • Sabtu-Minggu dan hari libur nasional 
  • Pos R10 Kersik Tuo (Resort Kerinci Utara) Rp25.000 untuk wisatawan domestik dan Rp460.000 untuk wisatawan mancanegara. Tiket termasuk tarif masuk, trekking, dan berkemah dua hari satu malam.  
  • Camping Ground Bangun Rejo, Solok Selatan (Resort Sungai Lambai) Rp50.000 untuk wisatawan domestik dan Rp920.000 untuk wisatawan mancanegara. Tiket termasuk tarif masuk, trekking, dan berkemah empat hari tiga malam 
  • Tarif pelajar untuk pos R10 Kersik Tuo (Resort Kerinci Utara) Rp14.000 
  • Tarif pelajar untuk Camping Ground Bangun Rejo, Solok Selatan (Resort Sungai Lambai) Rp28.000

Syarat Mendaki Gunung Kerinci

Setelah menyiapkan biaya naik Gunung Kerinci, ketahui syarat mendaki ke gunung ini, yuk Eigerian:

  1. Setiap pendaki wajib melapor saat mendaki dan turun dari gunung melalui jalur Kersik Tuo ke pos R10 atau pos registrasi dan informasi pendakian Gunung Kerinci, yang berlokasi di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Sedangkan via Solok Selatan ke Camping Ground Bangun Rejo di Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat.
  2. Setiap pendaki wajib menunjukan Surat Keterangan Sehat di pintu masuk R10 dan saat membeli tiket.
  3. Pendaki wajib membawa identitas diri untuk didata dalam form pendakian.
  4. Bagi pendaki yang berumur kurang dari 17 tahun wajib menyerahkan Surat Izin orang tua/wali yang ditandatangani di atas materai Rp6.000.
  5. Melengkapi formulir identitas diri, rencana tanggal dan lokasi turun/kembali, dan isian barang bawaan yang menghasilkan sampah.
  6. Wajib menggunakan dan membawa jasa pemandu (guide) atau porter yang telah ditetapkan oleh BBTNKS dan pemerintah daerah. 
  7. Masuk jalur pendakian antara pukul 06.00 sampai 17.00 WIB dan mendaki di jalur yang sudah ditentukan atau jalur resmi.
  8. Memakai dan membawa perlengkapan standar pendakian gunung, serta perbekalan pendakian yang cukup.
  9. Membawa kantung sampah dan membawa sampah bawaannya ke luar kawasan Taman Nasional.
  10. Setiap pendaki menjaga norma agama, norma susila, dan kearifan lokal.

Baca juga: Tips Memilih Kaos Pendaki Agar Nyaman Selama Mendaki Gunung

Mari Kembali Naik Gunung Kerinci pakai EIGER!

Gunung Kerinci merupakan salah satu tempat wisata yang tidak bisa dilewatkan. Setelah libur Lebaran, mari kembali naik Gunung Kerinci pakai EIGER, Eigerian!

Beberapa produk Mountaineering itu, seperti Rhinos 45 NG, Vipera, dan Lintang Warmer Jacket. Ayo, lengkapi kebutuhan mendakimu dengan EIGER, produk yang orisinal dan berkualitas ini bisa dibeli di website eigeradventure.com atau EIGER Adventure Store terdekat di kotamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru