HomeTips & TrickTravelingYuk Jelajahi 7 Destinasi Wisata Budaya Terhits di Indonesia!

Yuk Jelajahi 7 Destinasi Wisata Budaya Terhits di Indonesia!

Selain terkenal kaya akan keragaman panorama alamnya, Indonesia menyajikan kekayaan budaya dengan memiliki 700 bahasa daerah, 1.340 suku bangsa, hingga 300 kelompok etnik. Bukan hal yang mengherankan lagi jika Indonesia memiliki destinasi wisata budaya yang tersebar hampir di seluruh penjuru negeri.

Hampir setiap daerah memiliki keunikan budayanya tersendiri, termasuk keunikan rumah adat, kuliner tradisional yang lezat, tradisi turun-temurun, hingga kebiasaan masyarakatnya yang terus dilestarikan. Tentunya potensi kekayaan budaya, melahirkan banyak destinasi wisata budaya populer yang setidaknya harus Eigerian kunjungi satu kali seumur hidup.

Ingin tahu lebih banyak di mana saja destinasi cultural tourism yang ada di Indonesia? Simak daftar rekomendasi selengkapnya yang telah kami rangkumkan berikut ini, ya!

Rekomendasi Destinasi Wisata Budaya yang Populer di Indonesia

1. Candi Borobudur, Magelang

Siapa yang tidak mengenal candi Budha terbesar di dunia yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini? Salah satu Situs Warisan Dunia yang diakui UNESCO ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Candi terpopuler di Indonesia ini berbentuk stupa dengan arsitektur megah dan menawan yang bisa dinikmati para pengunjung.

Tak hanya menyaksikan bebatuan candi yang bernilai sejarah dan budaya yang tinggi, di sekitar kawasan Borobudur juga menyajikan hamparan alam yang indah. Kamu dapat berkeliling di desa-desa wisata sekitar candi, menginap di homestay, menyantap kuliner tradisional, hingga aktivitas seru lainnya ala pedesaan. 

Alamat: Jalan Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

2. Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

Bergeser ke Museum Ullen Sentalu yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu museum unik dan tercantik di Indonesia ini merekam hampir seluruh perjalanan budaya yang terbentuk di Pulau Jawa. Mulai dari peradaban Kerajaan Mataram yang menjadi cikal bakal terciptanya Keraton Solo dan Yogyakarta.

Selain memiliki koleksi budaya lengkap yang dipamerkan, museum budaya ini dibangun dengan arsitektur yang memadukan konsep rumah dan alam. Pengunjung akan merasa betah mengenal budaya Jawa dengan suasana museum yang menenangkan, serta akan ditemani pemandu museum yang informatif.

Alamat: Jalan Boyong No.KM 25, Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Desa Adat Ratenggaro, Sumba NTT

Di bagian timur Indonesia, tepatnya di Sumba, ada satu kampung adat berlokasi di pinggiran pantai yang menyajikan peninggalan sejarah manusia era zaman megalitikum. Eigerian harus tahu, di kampung wisata budaya Ratenggaro, kamu dapat menyaksikan situs 304 kubur batu megalitikum yang umurnya sudah ribuan tahun. Wow sekali!

Tidak hanya menyaksikan situs peninggalan manusia zaman megalitikum, pengunjung dapat menikmati fasilitas wisata lainnya yang tak kalah menariknya, seperti berkuda dan menyewa baju adat. Di kampung adat Ratenggaro, pengunjung diperbolehkan masuk ke rumah adat Uma Kelada yang mempunyai atap langit-langit setinggi 15 meter. 

Alamat: Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

4. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

rumah adat tana toraja
Rumah Adat di Tana Toraja. Credit image: senangrekreasi.com

Kita beranjak ke daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di Tana Toraja. Salah satu destinasi wisata terpopuler di Sulawesi Selatan ini kita akan disuguhkan keindahan alam yang luar biasa serta jajaran bangunan rumah adat Tongkonan yang unik dan kokoh. 

Masyarakat Tana Toraja dikenal dengan kepercayaan dan warisan tradisi yang hingga saat ini masih dilestarikan. Salah satu daya tarik dari Tana Toraja adalah tradisi Manene, yaitu upacara adat untuk membersihkan jenazah leluhur keluarga. Ada juga upacara adat Rambu Solo yang merupakan perayaan kematian, serta beberapa paying-patung kayu khas Toraja.

5. Desa Wisata Penglipuran, Bali

Penglipuran adalah salah satu desa wisata yang wajib kamu kunjungi saat sedang liburan di Pulau Bali. Diberi penghargaan sebagai salah satu desa terbersih di dunia, membuat wisata budaya ini tidak pernah sepi pengunjung lokal maupun mancanegara. 

Selain menyusuri jajaran rumah adat Bali yang unik dan bersih, di desa ini pengunjung juga dapat menyaksikan Tugu Pahlawan, Kawasan Hutan, dan Kawasan Hutan Bambu. Satu hal yang membuat desa wisata ini bertahan hingga kini adalah penduduk setempat yang mampu mempertahankan keseimbangan antara alam dan adat saling berdampingan dengan damai.

Alamat: Jalan Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

6. Wae Rebo, Flores

wisata budaya
Foto Wae Rebo. Credit image: Flores Holiday Indonesia

Kembali ke bagian timur Indonesia, ada satu wisata budaya yang sangat terkenal yaitu Wae Rebo. Dikenal sebagai desa di atas awan dengan ketinggian 1.200 mdpl, membuat wisatawan harus trekking terlebih dahulu untuk mencapai desa ini. 

Daya tarik dari Wae Rebo adalah tujuh rumah adat yang memiliki gaya arsitektur yang unik. Kerennya, Desa Wae Rebo telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia UNESCO. Eigerian harus ikut berbangga!

Alamat: Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

7. Museum Ganesya, Malang

Terakhir, destinasi wisata budaya di Indonesia tepatnya di Malang ini tergolong masih baru. Museum Ganesya baru diresmikan pada tahun 2019, menawarkan jejak warisan sejarah dan budaya di Pulau Jawa. Mulai dari kebudayaan masa Kerajaan Singosari hingga kejayaan Kerajaan Majapahit. 

Di museum terbesar yang ada di Malang ini, Eigerian juga dapat mengunjungi Galeri Topeng yang menyimpan lebih dari 1000 koleksi topeng modern dan tradisional. Jadi, selain belajar sejarah, kamu juga bisa mengenal lebih dekat tentang perkembangan seni di Tanah Air.

Alamat: Jalan Graha Kencana Raya, Karanglo, Banjararum, Kecamatan Singosari, Malang

Produk Eiger untuk Menemanimu Keliling Berwisata Budaya

EIGER INDONESIA CULTURAL SHIRT WS

Eiger Indonesia Cultural Shirt WS
Sumber: eigeradventure.com

Kemeja lengan pendek bercorak grafis khas Indonesia ini cocok menemani kamu berkeliling wisata bertema budaya. Indonesia Cultural Shirt dibuat dari 100% bahan rayon yang nyaman, lembut, dan potongan santai. Memiliki kerah model champ dan model side split pada bagian sampingnya. Tersedia dalam dua pilihan warna, dark grey dan blue, yang bisa kamu pilih sesuai ukuran badanmu. Jangan ragu lagi memilih shirt unik ini yang cocok kamu andalkan saat traveling. 

EIGER ALCOVE WAIST BAG

Eiger Alcove Waist Bag
Sumber: eigeradventure.com

Untuk membawa printilan barang-barang penting, gunakan Alcove waist bag dengan ukuran 4L. Kompartemen utama dalam tas ini punya ruang yang cukup luas untuk menaruh ponsel, charger, dompet, kacamata, dan barang penting lainnya saat traveling. 

Pada bagian depannya ada saku tambahan untuk menyimpan barang yang sering kamu gunakan. Terbuat dari bahan Polyester 600D yang nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun untuk bepergian. Tersedia dua pilihan warna blue dan grey yang sama-sama elegan.

EIGER NICASIO CAP

Eiger Nicasio Cap
Sumber: eigeradventure.com

Untuk melindungi kepala dari panas matahari saat jalan-jalan di luar, gunakan topi Verde yang nyaman ini. NICASIO adalah topi dengan desain snapback style yang cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari di luar ruangan. Di bagian belakang topi, terdapat bagian pengaturan sehingga topi bisa menyesuaikan lingkar kepalamu. Di bagian depannya ada badge aplikasi logo Eiger yang bikin tampilan semakin elegan. Dibuat dari material cotton twill dan suede yang nyaman di kelapa dan anti gerah.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata budaya paling hits di Indonesia yang bisa kamu jelajahi dengan mengenakan produk EIGER yang berkualitas.

Kapanpun dan dimanapun, Eigerian dapat memiliki koleksi produk EIGER original dan terbaru hanya di situs resmi Eiger Adventure. Belanja produk EIGER secara online makin mudah dengan berbagai metode payment mulai dari bank transfer, kartu kredit, paylater, hingga COD. Temukan semua produk EIGER favoritmu dengan harga terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru