HomeTips & TrickMountaineeringAgar Tetap Awet dan Tahan Lama, Inilah Cara Merawat Tenda yang Tepat

Agar Tetap Awet dan Tahan Lama, Inilah Cara Merawat Tenda yang Tepat

Tenda merupakan rumah kedua untuk berlindung sekaligus beristirahat saat kita bertualang di alam bebas. Demi keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya, tenda pun dilengkapi dengan ukuran, material, model, serta fitur yang beraneka ragam. Hal itu pulalah yang membuat tenda ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Maka dari itu Eigerian, yuk cari tahu cara merawat tenda yang baik lewat artikel ini.

Meski mahal, peralatan yang satu ini terbilang aman digunakan dalam jangka waktu yang panjang asalkan dirawat dengan maksimal. Tenda yang dirawat dengan baik akan membuat kegiatan terasa aman, nyaman, dan sesuai rencana, serta membuat umur tenda jauh lebih panjang.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu lakukan agar tendamu tetap awet dan terawat!

5 Tips Cara Merawat Tenda Agar Tahan Lama

1. Bersihkan tenda setiap habis digunakan

Menjaga kebersihan dalam dan luar tenda saat dan sesudah digunakan adalah hal yang wajib dilakukan dan salah satu cara merawat tenda. Bersihkanlah semua sampah dan noda dalam tenda dengan maksimal agar tidak berbau dan berjamur.

Sepulang dari camping, sebaiknya buka lagi tenda dan jemur di ruangan yang kering dan teduh. Tujuannya agar tenda benar-benar bersih dan kering.

2. Rutin cuci tenda dan hindari menggunakan detergen

Kalau tenda sudah terlihat sangat kotor atau bau, cucilah tenda menggunakan air. Namun, hindari menggunakan detergen karena bisa merusak kainnya.

3. Simpan dengan rapi di tempat yang kering dan sejuk

Setelah tenda dipastikan kering dan bersih, tutup kembali ritsleting tenda dengan pelan agar tidak cepat rusak atau aus, kemudian lipat tenda dan masukkan kembali ke dalam kantongnya.

4. Cek secara berkala jika lama tak digunakan

Sebelum melipat dan menyimpan tenda, cek kembali setiap bagian tenda jangan sampai ada yang tertinggal. Pastikan setiap bagian sudah kering dan seluruh aksesori lengkap dan bersih.

Lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui kondisi tenda. Jangan sampai ada jamur yang muncul.

Bagaimana Cara Membersihkan Tenda yang Tepat? Ikuti Tips Berikut!

1. Dirikan kembali tenda setelah pemakaian

Carilah tempat datar dan kering untuk mendirikan tenda. Pastikan frame terpasang dan terkunci pada tempatnya. Biarkan tenda berdiri tanpa pasak dan tali pancang.

2. Miringkan tenda

Buka salah satu pintu tenda jika tendamu memiliki dua pintu. Miringkan tenda dengan posisi pintu berada di bawah. Goyangkan tenda sambil menepuk pelan bagian terpal tenda dari sisi luar.

Hal ini dilakukan untuk mendorong kotoran sampai ke bagian pintu. Keluarkan semua kotoran yang telah mengumpul di dekat pintu tenda.

3. Periksa bagian dalam tenda

Perhatikan di setiap kantong yang ada di dalam tenda, apakah ada sampah yang tertinggal, atau makanan yang tertinggal. Lakukan cara ini dengan selalu mengecek kantong sebelum melipat tenda.

4. Bersihkan semua bagian yang kotor

Gunakan air bersih tanpa campuran sabun agar tidak merusak kainnya. Cara pertama adalah dengan cara menyemprotkan air ke bagian luar tenda dengan tekanan rendah, agar tanah dan debu  yang menempel bisa turun sendiri tanpa harus di lap.

Gunakan lap basah untuk mengelap bagian luarnya. Perhatikan agar tidak terlalu keras ketika berada di daerah jahitan karena lapisan seam tape bisa terbuka. Ketika seam tape terbuka maka peluang air masuk melalui celah itu akan semakin besar yang membuat tenda kamu akan bocor.

Pada bagian dalam tenda, cukup usapkan lap basah yang telah diperas sebelumnya. Cara ini menghindari adanya cekungan air di bagian terpal. Gosokan dengan cara perlahan dan halus.

5. Jemur tenda di tempat teduh

Jangan jemur tenda langsung di bawah sinar matahari untuk menjaga kain tenda agar tidak rusak. Jemurlah di tempat yang teduh atau diangin-anginkan. Pastikan saat menjemur tidak ada air yang menggenang di salah satu bagian tenda.

6. Bersihkan peralatan pendukung dan aksesori lainnya

Setelah tenda kering, segera lepaskan frame-nya dan bersihkanlah dengan cara menyikatnya. Untuk pasak yang bengkok, luruskanlah kembali dengan memukul-mukul ringan. Tali pancang bisa kamu kucek cukup dengan air bersih saja.

Jangan Sampai Rusak, Begini Cara Menyimpan Tenda yang Benar

Cara Merawat Tenda

1. Perhatikan jika ada bagian yang perlu diperbaiki

Sebelum tenda disimpan, perhatikan bagian dalam dan luar tenda, apakah ada bagian yang perlu diperbaiki, semisal kantong di dalam tenda yang perlu dijahit dan lainnya.

2. Lipat dengan baik dan benar

Cara penyimpanan tenda adalah melipatnya tanpa tekanan, jangan melipat seperti akan dimasukkan ke dalam carrier. Melipat tenda tanpa tekanan akan membuat bahan tenda tidak mudah tertekuk dan lebih awet.

3. Perhatikan peralatan lainnya

Pastikan pasak, frame, dan tali telah bersih dan kering sebelum disimpan untuk menghindari karat atau lembap pada peralatan tersebut.

4. Letakkan frame dengan posisi yang benar

Untuk menyimpan frame tenda dalam waktu lama, rentangkan frame hingga tidak ada bagian yang tertekuk. Letakkan dengan posisi horizontal agar tidak melengkung.

Cara ini bertujuan untuk menjaga kekencangan tali di dalam frame, ketika tali ini kendur maka akan merepotkan ketika akan mendirikan tenda.

5. Cara Merawat Tenda dengan Simpan di area yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik

Simpanlah tenda saat sedang tidak di gunakan di tempat yang kering dan jauh dari sinar matahari langsung atau terlalu dingin agar tidak lembap untuk menghindari jamur. Eigerian juga bisa simpan silica gel agar area tersebut tetap kering.

Baca Juga: Kebelet BAB di Gunung? Simak Tips Aman dan Nyamannya!

Temukan Pengalaman Camping yang Seru Bersama EIGER!

Menjelang akhir tahun, ayo lengkapi peralatan outdoor kamu dengan EIGER. Buat kamu yang berencana hiking atau camping, kamu bisa tambahkan outfit mendaki, mulai dari jaket, celana, sandal gunung, meja dan kursi, serta tenda berkapasitas 1 sampai 6 orang agar kegiatan kamu tetap aman dan nyaman!


Temukan peralatan hiking dan camping favorit kamu hanya di eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store. Dapatkan juga tawaran menarik,  seperti promo diskon akhir tahun yang sayang banget buat dilewatin! Ayo, belanja sekarang juga, Eigerian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru