HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat dan Manfaatnya

7 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat dan Manfaatnya

Menanam tanaman hias outdoor bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan. Kira-kira, apa saja tanaman hias outdoor yang mudah dirawat?

Sebelum membahas lebih lanjut seputar jenis tanaman outdoor yang mudah dirawat, Eigerian juga perlu tahu langkah-langkah umum untuk menanam tanaman hias outdoor. Pertama, Eigerian perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan di sekitar tempat Eigerian akan menanam, termasuk intensitas cahaya matahari, drainase tanah, dan perlindungan dari angin atau cuaca ekstrem. Lalu, pilih jenis tanaman hias outdoor yang cocok dengan kondisi lingkungan tempat tinggal.

Langkah berikutnya, Eigerian perlu menyiapkan tanah dengan baik dengan mencampurkan kompos atau pupuk organik untuk meningkatkan kesuburan dan drainase tanah. Pastikan tanah tersebut cukup longgar dan bebas dari gulma, ya! Lalu, tanam tanaman sesuai dengan panduan yang disarankan untuk jenis tanaman tertentu. Pastikan juga akar ditanam dengan cukup dalam dan padat, dan beri ruang yang cukup antara tanaman.

Setelah berhasil menanam, jangan lupa berikan air dengan cukup untuk membantu tanaman mengakar dengan baik. Setiap tanaman memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda, termasuk penyiraman, pemupukan, pemangkasan, serta perlindungan terhadap hama dan penyakit. Jadi, pastikan untuk memahami kebutuhan spesifik tanamanmu dan memberikan perawatan yang sesuai.

Selain itu, selalu pantau pertumbuhan tanaman secara teratur. Perhatikan tanda-tanda masalah seperti layu, perubahan warna daun, atau serangan hama lalu segera tanggapi masalah itu. Terakhir, nikmati keindahan tanaman hias outdoor yang Eigerian tanam dan jaga mereka dengan penuh perhatian. 

Manfaat Tanaman Hias Outdoor bagi Lingkungan

Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat
Sumber: Freepik

Tanaman hias outdoor memiliki beberapa manfaat bagi lingkungan sekitarnya, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyediakan Oksigen

Seperti semua tanaman, tanaman hias outdoor juga melakukan proses fotosintesis yang menghasilkan oksigen. Oksigen sangatlah penting bagi kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia, sehingga tanaman membantu menjaga kualitas udara di sekitarnya.

2. Menyerap Polutan Udara

Tanaman juga memiliki kemampuan untuk menyerap polutan udara seperti karbon dioksida, formaldehida, dan senyawa organik volatil lainnya. Dengan demikian, mereka akan membantu membersihkan udara dari zat-zat berbahaya dan meningkatkan kualitas udara.

3. Mengurangi Pemanasan Global

Tanaman, terutama pohon yang besar, akan membantu mengurangi pemanasan global dengan menyerap karbon dioksida dari udara selama proses fotosintesis. Mereka juga akan memberikan teduh, yang membantu mengurangi suhu udara di sekitar mereka.

4. Menyerap Air Hujan

Tanaman hias outdoor akan membantu mengurangi risiko banjir dengan menyerap air hujan melalui akar mereka dan mengurangi aliran permukaan air.

5. Meningkatkan Keanekaragaman Hayati

Tanaman hias outdoor yang ditanam di taman atau ruang hijau akan menyediakan habitat bagi berbagai jenis serangga, burung, dan hewan kecil lainnya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan keanekaragaman hayati dan menjaga keseimbangan ekosistem.

6. Meningkatkan Estetika Lingkungan

Tanaman hias outdoor juga akan memberikan nilai estetika yang tinggi bagi lingkungan sekitarnya. Mereka mampu menghijaukan dan memperindah ruang terbuka, taman, halaman, dan area publik lainnya, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan dan menarik secara visual.

Dengan demikian, tanaman hias outdoor tidak hanya memberikan manfaat estetika saja. Akan tetapi juga memberikan kontribusi yang berharga bagi kesehatan lingkungan secara keseluruhan.

Baca juga: Kenali Manfaat Green Living dan Tips Mudah Penerapannya

Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat

Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat
Sumber: Freepik

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat biasanya memiliki toleransi yang baik terhadap sinar matahari, kelembapan rendah, dan tanah yang kurang subur. Beberapa pilihan yang populer termasuk di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kaktus dan sukulen: Kaktus dan sukulen membutuhkan sedikit air dan mampu bertahan di bawah sinar matahari langsung. Tanaman jenis ini sangat cocok untuk daerah yang panas dan kering.
  2. Lavender: Lavender merupakan tanaman yang tahan kekeringan dan biasanya tumbuh secara baik di bawah sinar matahari penuh. Tanaman jenis ini juga menarik serangga yang menguntungkan.
  3. Rosmarin: Rosmarin merupakan tanaman herbal yang tahan kekeringan dan mudah dirawat. Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh dan tanah yang baik drainasenya.
  4. Daun Telinga Gajah (Elephant Ear): Tanaman jenis ini memiliki daun yang besar dan menarik. Tanaman ini mampu tumbuh subur di daerah yang lembab dengan sedikit sinar matahari langsung.
  5. Bougenville (Bougainvillea): Bougenville merupakan tanaman merambat yang berbunga indah. Tanaman ini tahan kekeringan dan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh.
  6. Agave: Agave merupakan tanaman yang serupa dengan kaktus dan sukulen yang tahan kekeringan dan membutuhkan sedikit perawatan.
  7. Sarana (Yucca): Tanaman ini juga tahan kekeringan dan mampu tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh. Tanaman ini memiliki tampilan yang unik dengan daun berbentuk pedang.

Baca juga: 10 Tanaman Pencegah Banjir yang Berguna Saat Musim Hujan

Yuk, pilih jenis tanaman hias outdoor favoritmu dan mulai berkebun untuk menghijaukan sekitar! Tapi ingat, selalu pastikan untuk memperhatikan kebutuhan khusus setiap tanaman dan memberikan perawatan yang sesuai seperti penyiraman yang cukup sesuai kebutuhan, pemupukan, dan pemangkasan jika diperlukan, ya!

Selain berkebun, meminimalisir penggunaan produk tidak ramah lingkungan juga perlu diperhatikan dalam rangka menerapkan gaya hidup sehat. Jika selama ini Eigerian masih menggunakan tas plastik atau botol minum sekali pakai, saatnya beralih ke tote bag dan botol minum berkualitas dari EIGER! Langsung saja kunjungi website resmi EIGER Adventure atau EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu untuk menemukan berbagai produk ramah lingkungan dari EIGER.

Selain itu, Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang kini sudah bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.  Produknya juga tersedia lengkap, ada jaminan produk original, banyak promo menarik, hingga gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apa lagi, cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru