HomeTips & TrickMountaineeringIngin Jelajah Alam Bandung Raya? Ini 6 Rekomendasi Lokasinya

Ingin Jelajah Alam Bandung Raya? Ini 6 Rekomendasi Lokasinya

Bandung terkenal akan pesona alamnya yang indah dan memiliki magnet tersendiri. Selain warisan sejarah dan budaya, ragam kuliner khas yang lezat, banyak orang dari luar kota antusias melakukan jelajah alam Bandung yang memukau. 

Di samping ada banyak destinasi wisata alam yang memang populer dan ramai dikunjungi, Bandung juga memiliki lokasi-lokasi jelajah alam tersembunyi yang tak kalah menarik untuk dieksplor, lho! 

Eigerian bisa memilih banyak lokasi jelajah alam mulai dari gunung, camping ground, hutan wisata, dan masih banyak lagi. Tak salah memang Bandung menjadi pilihan tepat buat kamu yang suka berpetualang dan healing di alam. Penasaran di mana saja rekomendasi lokasi jelajah alam Bandung yang ciamik? Yuk, simak daftar lengkapnya.

Rekomendasi Daftar Lokasi Jelajah Alam Bandung

1. Hutan Pinus Rahong

Pertama, salah satu destinasi wisata alam di Bandung yang bisa kamu jelajahi untuk healing adalah Hutan Pinus Rahong. Menawarkan suasana alam yang masih sangat asri dan tersembunyi, hutan pinus ini cocok jadi tempat “pelarianmu” sejenak dari padatnya rutinitas sehari-hari.

Hutan Pinus Rahong terletak di wilayah Pengalengan dengan posisi sangat strategis dan mudah diakses. Di sini, Eigerian bisa camping bersama teman atau keluarga. Selain camping, kamu bisa trekking, outbound, offroad, downhill, flying fox, arung jeram, dan aktivitas outdoor lainnya yang seru banget!

2. Sunrise Point Cukul Pangalengan

Sumber: instagram.com/sunrisepointcukul

Seperti namanya, Sunrise Point Pangalengan merupakan kawasan wisata yang terkenal sebagai lokasi terbaik menikmati pemandangan matahari terbit yang begitu menawan. 

Lokasi Sunrise Point Pangalengan yang buka setiap hari ini tepatnya berada di Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Di sini pengunjung dapat camping semalaman, melakukan berbagai aktivitas outdoor, dan menikmati sunrise di pagi harinya.

Sunrise Point Pangalengan berada di ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Maka disarankan Eigerian menyiapkan jaket yang hangat, selimut, sarung tangan, kaos kaki, serta tenda dan sleeping bag jika kamu berkemah di sini.

Baca juga: 12 Tempat Camping di Pangalengan, DIjamin Bikin Betah!

3. Gunung Patuha (2.386 mdpl)

Gambar Gunung Patuha dan Kawah Putihnya. Sumber: Pariwisata Indonesia

Kawasan Gunung Patuha terkenal akan wisata kawah putihnya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke wilayah Bandung. Kawah putih tersebut adalah bentukan dari letusan gunung ini. Keberadaannya di Bandung Selatan dengan ketinggian 2.386 mdpl. 

Keunikan kawah Gunung Patuha adalah dinding dan airnya yang berwarna putih. Gunung Patuha juga memiliki kawasan hutan gunung atau hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit, dan juga hutan Montana. Tertarik berkunjung ke sini?

4. Kawah Putih Ciwidey

Kamu pasti sering menyaksikan potret Kawah Putih Ciwidey yang menjadi background foto-foto instagramable di media sosial, bukan? Memang wisata alam terkenal di Bandung ini sangat populer dan jadi salah satu destinasi utama pengunjung saat berlibur di Bandung.

Kawah Putih Ciwidey adalah danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha, seperti yang sudah disebutkan pada bagian sebelumnya. Air di kawah ini mengandung asam yang sangat tinggi, sehingga permukaan airnya berwarna putih kehijauan, biru, bahkan coklat tergantung konsentrasi sulfur dan temperaturnya. 

5. Gunung Malabar (2.343 mdpl)

Gambar keindahan Gunung Malabar. Sumber: wisatalagi.blogspot.com

Di selatan Kabupaten Bandung, terdapat gunung api yang titik puncaknya dinamakan Malabar dengan ketinggian 2.343 mdpl. Selain Malabar, puncak lainnya dari gunung ini adalah Puncak Haruman, Puncak Puntang, dan Puncak Mega. 

Sama seperti Gunung Patuha, Gunung Malabar meliputi kawasan hutan gunung atau hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit, dan juga hutan Montana. Uniknya, gunung ini memiliki hamparan perkebunan teh yang dimiliki oleh Bosscha.

6. Gunung Artapela (2.194 mdpl)

Next, daftar gunung yang cocok jadi lokasi jelajah alam Bandung adalah Gunung Artapela. Salah satu hidden gem Bandung ini memang masih jarang dikunjungi pendaki. Bagi kamu yang hobi naik gunung, lokasi satu ini wajib kamu kunjungi.

Ketinggian Gunung Artapela berada di 2.194 mdpl yang sangat cocok untuk pendaki pemula. Meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi, namun Eigerian tetap dapat menikmati keindahan alam Bandung yang memukau dan jadi pengalaman tak terlupakan. 

Jelajah Alam Bandung dan Indonesia Bersama Produk EIGER Adventure

Itulah informasi mengenai daftar rekomendasi lokasi jelajah alam Bandung Jawa Barat yang bisa masuk sebagai bucket list Eigerian.

Selain mempersiapkan pengetahuan serta kondisi fisik dan mental yang baik, setiap kali ada agenda camping dan jelajah alam, kamu wajib menyiapkan perlengkapan mountaineering. Mulai dari tas gunung, jaket, sepatu gunung. tenda, trekking pole, alat masak, sleeping bag, dan lainnya agar aktivitas jelajah alam semakin nyaman dan mudah.

Eiger Adventure Official menyediakan berbagai perlengkapan outdoor dengan jaminan produk original, komplit, dan pastinya high quality. Proses belanja mudah dengan berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih, dari bank transfer, paylater, hingga COD.

Belanja online langsung dari website resmi EIGER Adventure Official berkesempatan mendapatkan voucher belanja, promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Yuk, tunggu apalagi, checkout barang yang kamu butuhkan sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru