HomeTips & TrickGreen & HealthyEigerian, Yuk Mulai Lakukan 10+ Kebiasaan Sehat ini Setiap Hari!

Eigerian, Yuk Mulai Lakukan 10+ Kebiasaan Sehat ini Setiap Hari!

Kebiasaan sehat atau healthy habit bukanlah hal yang diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan fisik dan mental. Kata kunci healthy habit adalah disiplin dan pengendalian diri tingkat tinggi. Nah, ditambah dengan bersabar dan konsisten, maka akan terbentuklah kebiasaan baru yang berdampak pada kualitas hidup yang semakin baik.

Ternyata, dengan rutin menerapkan kebiasaan sehat, bisa meningkatkan kualitas hidup Eigerian, seperti meningkatkan energi tubuh, mencegah risiko penyakit, memperbaiki suasana hati, lebih bahagia, dan hidup semakin produktif. 

Penasaran, kira-kira apa saja daftar kebiasaan sehat yang dapat menunjang terwujudnya kualitas hidup yang lebih baik? Sudahkah Eigerian melakukan satu atau beberapa di antaranya? Mari kita ulas satu per satu.

Daftar Kebiasaan Sehat yang Menunjang Kualitas Hidup Lebih Baik

1. Bangun Lebih Awal di Pagi Hari

Untuk membangun kebiasaan sehat, mulailah dengan rutin bangun lebih awal di pagi hari. Beranjaklah dari tempat tidur sebelum matahari terbit lebih tinggi. Bereskan tempat tidur, buka jendela kamar, dan hirup udara segar untuk menghilangkan kantuk. Dengan bangun lebih awal setiap hari, kamu dapat beraktivitas lebih produktif, lebih konsentrasi, dan tubuh tetap bugar. 

2. Jangan Lewatkan Sarapan!

Dilansir dari laman PharmEasy, riset menunjukkan bahwa dengan sarapan setiap hari dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga sistem tubuh tetap sehat. Menu sarapan yang sehat dan bergizi harus tinggi kandungan serat, vitamin, mineral, serta lemak dan karbohidrat yang lebih rendah. Jangan lewatkan makan sarapan ya, Eigerian, agar tubuh tetap berenergi dan segar sepanjang hari.

3. Konsumsi Makanan Utuh

Sumber: Freepik

Mengonsumsi makanan utuh bisa membantu memperbaiki kekurangan nutrisi yang terjadi akibat terlalu banyak makan makanan cepat saji (fast food). Makanan utuh terbukti memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan makanan olahan dan dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit kronis lainnya.

Contoh makanan utuh yang penting kamu masukkan dalam menu sehari-hari seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, susu, yogurt, daging tanpa lemak seperti ayam dan ikan, dan kacang-kacangan. 

Baca juga: Ingin Coba Plant-Based Diet? Ini 9 Langkah Memulainya!

4. Perbanyak Asupan Air Putih Setiap Hari

Minum banyak air putih dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuhmu serta mengisi kembali cairan yang hilang melalui keringat dan urin. Air juga dapat mengoptimalkan pergerakan nutrisi dan oksigen ke sel tubuh. Agar tubuh tetap terhidrasi dan persendian tetap berfungsi dengan baik, sesuai anjuran dokter, minumlah air putih 8 gelas sehari.

5. Selalu Gunakan Produk Pelindung Matahari yang Aman

Salah satu kebiasaan merawat kesehatan kulit sebagai investasi masa kini dan masa depan adalah melindungi kulit dari paparan buruk sinar matahari. Bagi Eigerian yang kerap beraktivitas sehari-hari di luar ruangan dan terpapar sinar matahari terus-menerus, wajib banget mengoleskan produk pelindung matahari seperti sunscreen untuk mencegah kerusakan kulit.

Oleskan sunscreen ke seluruh wajah dan bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari sebelum keluar beraktivitas. Jangan lupa untuk reapply sunscreen agar perlindungannya maksimal sepanjang hari, ya!

6. Mendapatkan Paparan Udara Segar Alami secara Teratur

Keluar rumah, berjalan-jalan di alam terbuka, dan menghirup udara segar adalah bagian penting dari kebiasaan hidup sehat yang perlu kamu lakukan, lho! Menghirup udara segar dapat membantu membersihkan paru-paru, meningkatkan mood dan energi positif, hingga menurunkan hormon stress.

Kamu bebas memilih kapan menghabiskan waktu di alam di tengah padatnya rutinitas sehari-hari. Bisa dengan mengelilingi atau duduk-duduk di taman, berjalan-jalan di alam terbuka seperti pantai atau pegunungan, untuk membantu meredakan stress. 

Sumber: Eiger Adventure

7. Tidur Siang Sebentar

Ini adalah kebiasaan sehat yang tidak banyak orang lakukan namun manfaatnya sangat besar untuk kesehatan, lho! Tidur siang dapat membantu memperbaiki gangguan tidur yang kamu alami di malam hari serta menyegarkan tubuh dan memelihara mental.

Cobalah tidur siang selama 20 menit, tepatnya 30 menit setelah makan siang. Jangan lupa setel alarm bangun dan kamu akan terbangun dengan perasaan segar kembali, stres berkurang, dan suasana hari yang lebih baik! Jika tidur siang di rumah, lakukan sebelum pukul 3 sore ya, agar malam harinya tidak susah tidur.

8. Tidur Malam yang Cukup, Nyenyak, dan Berkualitas

Satu hal kebiasaan sehat yang punya fungsi penting untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran tetap stabil adalah tidur yang cukup, nyenyak, dan berkualitas. Tidur dapat membantu mengembalikan fungsi normal tubuh dan memulihkan sistem saraf.

Kondisi kurang tidur dan selalu begadang bisa memunculkan gejala mengantuk, kelelahan, hingga kehilangan konsentrasi. Untuk mencegahnya, penuhi kebutuhan tidur 7-8 jam setiap hari. Jika kamu sulit tidur, cobalah baca buku menjelang tidur, mendengarkan musik tenang, meditasi, atau berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: 12 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Harus Dihindari

9. Off Sejenak dari Sosial Media

Sumber: Eiger Adventure

Off sejenak dari dunia maya juga penting lho untuk mencegah dampak buruk dari tingginya intensitas bersosial media karena pekerjaan atau entertain. Tetapkan waktu kapan off dari sosial media setiap harinya. Saat kamu mengurangi screening time, coba lakukan banyak hal lain yang menyenangkan. Seperti berjalan-jalan, meditasi membaca buku, berkebun, bersosialisasi dengan keluarga atau tetangga, atau lakukan aktivitas lainnya. 

10. Olahraga Minimal Tiga Kali Seminggu

Kesehatan fisik juga wajib untuk selalu dijaga dengan membangun rutinitas olahraga minimal tiga kali seminggu. Olahraga teratur dapat memperkuat otot, mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung, serta membantu mengatur berat badan.

Pilih jenis aktivitas olahraga yang membuatmu nyaman, misalnya jogging di luar ruangan, menaiki tangga, berenang, senam aerobik, atau bersepeda. Jika belum terbiasa berolahraga, lakukan gerakan yang ringan-ringan terlebih dahulu dan seiring waktu tingkatkan intensitasnya. 

Mulai Kebiasaan Hidup Sehat Bersama Eiger Adventure

Demikian beberapa contoh aplikasi kebiasaan sehat sehari-hari yang tentunya bermanfaat untuk kualitas hidup yang semakin baik! Eigerian bisa coba mulai memilih satu atau dua kebiasaan yang dilakukan secara rutin dan tetapkan goals yang realistis. Kuncinya konsisten, bersabar, gigih, dan jangan lupa apresiasi diri karena telah mau menerapkan kebiasaan yang sehat. 

Bagi Eigerian yang ingin melengkapi perlengkapan olahraga seperti matras, celana legging, baju olahraga, jaket, tumbler, dan lainnya, langsung belanja online sekarang juga melalui website Eiger Adventure Official.

Belanja online di website Eiger Adventure Official, kamu akan menemukan ratusan produk outdoor gear dari EIGER dengan jaminan produk original, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Yuk, buruan cek dan checkout barang pilihanmu sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru