HomeTips & TrickTraveling5 Ide Aktivitas Jelajah Desa, Stylish dengan Koleksi Eiger!

5 Ide Aktivitas Jelajah Desa, Stylish dengan Koleksi Eiger!

Berwisata menjelajahi wilayah pedesaan jauh dari hiruk pikuk kota merupakan aktivitas traveling yang menyenangkan, apalagi bagi Eigerian yang memiliki rutinitas sehari-hari yang padat di tengah kebisingan dan kemacetan. Dengan jelajah desa kamu bisa melihat hijaunya hamparan sawah, menikmati gemuruh air terjun, menghirup udara pagi, dan merasakan tentramnya kehidupan di desa sungguh hal yang membahagiakan.

Dari sini kita tahu ada banyak manfaat dari berwisata jelajah desa untuk kesehatan fisik dan mental, apalagi saat dilakukan bersama teman-teman. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa mencari wilayah pedesaan yang terdekat dari tempat tinggalmu untuk dijelajahi. 

Agar tak bosan, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di lokasi pedesaan. Semakin penasaran apa saja aktivitas seru bareng teman-teman saat menjelajah wilayah desa? Mari simak ulasan selengkapnya. 

Ini Alasan Mengapa Perlu Coba Jelajah Desa 

Menghirup udara segar untuk bernapas

Kesegaran udara sangat mahal nilainya apalagi jika Eigerian tinggal di wilayah perkotaan dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Cobalah agendakan main ke wilayah pedesaan untuk menikmati lingkungan yang menyajikan udara yang bersih. Cukup dengan berjalan-jalan atau sekadar duduk-duduk di dekat persawahan, kamu bisa menghirup udara segar yang tidak didapatkan di kota.

Menyaksikan keindahan alam khas pedesaan

Ada banyak pemandangan alam yang bisa kamu nikmati sepuasnya selama jelajah desa. Mulai dari hamparan sawah hijau, ladang yang luas, pegunungan, air terjun, jalan berkelok, hingga aliran sungai yang jernih dan menyegarkan. 

Orang-orang desa ramah dan bersahabat

Orang yang tinggal di desa umumnya dikenal sebagai pribadi yang ramah, hangat, dan bersahabat kepada siapapun, terlebih tamu yang datang di desa mereka. Selain menyapa, kamu bisa bercakap-cakap dan bersosialisasi dengan orang desa sambil menyelami kehidupan desa yang menentramkan.

Bisa mengonsumsi lebih banyak makanan organik

Di desa masih banyak ditemui makanan organik seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang ditanam tanpa pestisida atau bahan kimia apapun. Bahkan kita bisa memetik hasil tanaman sayur dan buah-buahan dari kebun, tentu dengan seizin pemiliknya. Selain itu, di desa kita juga bisa mencoba minum air susu sapi murni langsung dari peternakan setelah melihat rangkaian proses pengolahannya.

Menikmati alam tanpa perlu keluar biaya

Serunya di pedesaan, kamu bisa bebas sepuasnya menikmati alam dan beraktivitas tanpa perlu keluar banyak biaya. Kamu bisa berjalan-jalan, mampir ke mana saja, dan melakukan hal-hal unik yang tidak bisa dilakukan di kota. Cobalah trekking, main di sungai, naik perahu di danau, atau sekadar menikmati panorama pegunungan. 

Rekomendasi Aktivitas Jelajah Desa yang Bisa Dilakukan di Lokasi

1. Berpetualang untuk mengenal alam lebih jauh

Ada banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman unik tak terlupakan bertema petualangan. Misalnya river tubing di aliran sungai, memancing, wisata pantai dan melihat lumba-lumba, menyusuri sawah bertingkat (terasering), camping, canoeing, naik perahu, dan lainnya yang lebih ekstrem seperti arung jeram, panjat tebing, hingga susur gua.

2. Bermalam di homestay khas desa wisata

Ada banyak desa wisata yang menyediakan homestay bagi pengunjung untuk bermalam dan singgah sementara. Biasanya bangunan homestay didesain dengan gaya tradisional maupun khas dari pedesaan setempat. Sebaiknya, sebelum sampai di desa dan kamu berniat untuk menginap, pastikan sudah booking homestay jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. 

3. Mengunjungi situs sejarah dan budaya

Saat jelajah desa wisata, pengunjung juga diajak untuk bertualang ke masa lalu dengan mengunjungi situs sejarah dan budaya yang sangat bernilai. Misalnya di Desa Wisata Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat, kamu bisa berwisata di kompleks batu megalitik terbesar di Asia Tenggara.

Di Desa Bejijong, Trowulan, Jawa Timur, kamu juga bisa mengunjungi situs peninggalan bersejarah seperti candi, reruntuhan istana, dan museum, sambil berkeliling desa menggunakan sepeda. Wah, seru bukan?

4. Belajar bertani dan beternak

Sebagian besar desa memiliki penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Saat kamu berkunjung di desa, mengapa tidak mencoba pengalaman dengan mengikuti aktivitas warga lokal sehari-hari? Kamu bisa terjun langsung untuk melihat dan praktik menanam tumbuhan, memanen, memberi makan hewan ternak, dan lain sebagainya.

5. Menari dan membatik

Banyak desa wisata, misalnya Desa Panglipuran yang menyediakan latihan tari daerah dan belajar gamelan Bali untuk orang dewasa dan anak-anak. Ada juga Desa Batik di Imogiri Yogyakarta, yang mempersilahkan pengunjung untuk belajar dan praktik membatik mulai dari cara menggambar, mencanting, hingga menjemur kain batik siap pakai. Selain mendapatkan pengalaman baru, aktivitas-aktivitas ini secara langsung turut melestarikan keragaman budaya tradisional, lho!

Baca juga: Yuk Jelajahi 7 Destinasi Wisata Budaya Terhits di Indonesia!

Jelajah Desa Semakin Menyenangkan dengan Memakai Produk EIGER

EIGER Bentayan SS Shirt

Rekomendasi kemeja buat kamu yang ingin tampil kasual dan santai, yaitu EIGER Bentayan Shirt. Kemeja lengan pendek yang terbuat dari bahan katun berkualitas ini bisa dipakai waktu akan explore atau sekedar santai di alam. Ada dua warna kemeja yang bisa kamu pilih, yaitu brown dan olive.

EIGER Venture Bucket Hat

Bucket hat dari EIGER ini siap menemanimu menjelajahi petualangan baru di alam. EIGER Venture Bucket terbuat dari bahan katun twill yang nyaman dan adem, sehingga cocok buat kamu yang suka beraktivitas outdoor. Desainnya simple dan stylish, bisa buat kamu makin keren di setiap kesempatan.

EIGER Wanderfurther Cross Sling Bag

Butuh tas kecil yang kece untuk dipakai selama jelajah desa? Gunakan EIGER Wanderfurther Cross Sling Bag yang punya kompartemen utama yang luas dan saku depan yang memudahkan kamu mengakses barang-barang kecil. Tas ini memiliki finishing water repellent C6 yang bikin barang bawaan lebih aman dari cipratan dan hujan ringan. 

Di bagian lapisan dalamnya juga terbuat dari bahan polyester daur ulang dan finishing water repellent untuk meminimalisir dampak lingkungan. Praktis, stylish, dan worth it!

EIGER Skyros Sandals

Untuk alas kaki, kamu bisa pilih EIGER Skyros Sandals yang menemani setiap langkah petualanganmu. Sandal ini dibuat dengan pengaturan tali di bagian upper strap agar bisa disesuaikan dan lebih nyaman di kaki.

Tidak hanya itu, langkahmu jadi fleksibel dengan adanya Outsole Vibram, yang memberikan traksi kuat di permukaan basah maupun kering dan anatomical footbed yang mampu mengurangi rasa sakit di kaki.

Skyros Sandals tersedia dalam 3 warna, yaitu black, tan, dan olive.

EIGER Cutlery Pack Set

Cutlery pack set ini dilengkapi dengan peralatan makan yang terbuat dari material stainless steel yang kokoh, seperti sendok, garpu, sumpit, sedotan, dan sikat. Tidak hanya itu, Cutlery Pack Set juga dilengkapi dengan pouch polyester yang bisa membantu kamu menyimpan peralatan makan dengan lebih rapi.

Agar liburanmu semakin seru dan berkesan, jangan lupa kenakan koleksi produk Eiger 1989 dengan desain yang stylish, sehingga membuat tampilanmu keren dan nyaman. Ada juga peralatan basic di atas yang perlu dibawa saat traveling agar aktivitasmu semakin praktis dan mudah.

Belanja online produk EIGER Adventure Official makin mudah dengan berbagai metode payment mulai dari bank transfer, kartu kredit, paylater, hingga COD. Temukan semua produk EIGER favoritmu dengan harga terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru