HomeTips & TrickGreen & HealthyCoba Olahraga Sambil Duduk di Tengah Aktivitas Padat Merayap

Coba Olahraga Sambil Duduk di Tengah Aktivitas Padat Merayap

Buat Eigerian yang bekerja kantoran maupun sedang bersekolah dan kuliah, setiap harinya tidak lepas dari aktivitas duduk hingga berjam-jam. Kebiasaan setiap hari ini tentunya dapat memicu risiko gangguan kesehatan yang terjadi, seperti pegal, kesemutan, kaku, hingga sakit pinggang. Untuk meminimalisir dampaknya, Eigerian bisa lho mencoba berbagai jenis olahraga sambil duduk yang bisa dilakukan di kantor maupun saat break mengerjakan tugas kuliah. 

Tidak harus menunggu waktu yang pas untuk berolahraga, kamu bisa melakukan olahraga sambil duduk kapan pun dan di mana pun berada. Dengan meluangkan sedikit waktu saat break, tubuhmu akan bergerak membakar kalori dan meregangkan otot yang tegang. Kelihatannya mungkin sepele, namun manfaatnya luar biasa untuk kesehatan fisik maupun psikis. 

Jenis Olahraga Sederhana yang Dapat Dilakukan Sambil Duduk 

Menurut WHO, setiap orang dewasa dianjurkan untuk melakukan aktivitas olahraga selama 30 menit setiap harinya. Namun bagi sebagian orang dengan aktivitas padat hampir setiap harinya, rasanya hal ini memerlukan effort lebih untuk meluangkan waktu. Meski begitu, kamu tetap bisa lho melakukan olahraga ringan saat di kantor maupun ketika break belajar agar kesehatan tetap terjaga. Cobalah beberapa gerakan olahraga sambil duduk berikut ini. 

1. Rotasi Pergelangan Kaki (Ankle Rotation)

Latihan sederhana ini dilakukan dengan hari-hati dan tidak memerlukan banyak usaha. Cukup duduk di atas kursi kerjamu, lakukan rotasi pergelangan kaki untuk menghilangkan pegal. Mulai dengan duduk tegak di kursi kemudian angkat satu kaki sedikit dan arahkan jari kaki ke atas.

Putar pergelangan kaki secara perlahan searah jarum jam selama 10 putaran penuh. Lalu lakukan rotasi ankle dengan berlawanan arah jarum jam sebanyak 10 kali. Ulangi dengan kaki lainnya dan kendurkan pergelangan kaki saat duduk. 

2. Upper Body Twist

Latihan sambil duduk ini mempunyai manfaat untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas dan meningkatkan jangkauan gerakmu. Cara lakukan upper body twist sangat mudah. Duduk tegak dan silangkan tangan satu sama lain seperti memeluk tubuh sendiri. Dengan posisi kaki rata di lantai, putar tubuh ke kiri dan tahan selama lima hitungan. Kemudian ulangi pada sisi yang lain dan pastikan pinggul tetap menghadap ke depan.

3. Angkat Kaki Sambil Duduk (Seated Leg Lift)

Untuk memperkuat otot kaki dan perut, kamu bisa melakukan latihan angkat kaki sambil duduk. Cara melakukannya dengan duduk posisi tegak dan letakkan tangan di tepian kursi. Pegang sisi kursi dan sandarkan punggung ke belakang agar tulang belakang tetap lurus. Lalu angkat kedua kaki dari lantai dan letakkan kembali di lantai. Ulangi sampai tiga set, masing-masing 10 gerakan angkat kaki. 

4. Forward Stretch

Gerakan forward stretch. Credit image: www.sehatq.com

Lakukan forward stretch untuk gerakan peregangan punggung atas atau peregangan ke depan yang bisa kamu lakukan hanya dengan duduk. Caranya mudah, pertama rentangkan kedua tangan ke arah depan. Tundukkan kepala hingga sejajar dengan lengan. Kemudian lengan terus didorong maju hingga merasakan otot punggung bawah tertarik. Tahan pose forward stretch ini selama 10-30 detik. 

5. Ekstensi Lutut (Knee Extension)

Olahraga ringan sambil duduk lainnya yang sangat mudah dilakukan ini bertujuan melatih otot lutut. Cara melakukannya dengan menjaga kedua lutut tetap rapat dengan kaki di lantai. Angkat dan luruskan satu kaki ke depan. Tahan posisi ini selama satu detik lalu tekuk kembali kaki secara perlahan sampai kaki kembali bertumpu pada lantai. Ulangi gerakan yang sama pada kaki lainnya.

6. Triceps Stretch

Gerakan Triceps Stretch. Credit image: www.sehatq.com

Agar tubuh bagian atas tetap rileks dan pegal-pegal hilang, cobalah gerakan triceps stretch. Gerakan triceps stretch artinya peregangan pada lengan atas bagian belakang atau tepatnya otot trisep. Caranya pertama dengan mengambil posisi duduk yang benar dan nyaman. 

Angkat dan tekuk tangan kanan sampai menjangkau punggung atas bagian kiri. Gunakan tangan kiri untuk menyentuh siku kanan lalu tarik ke arah kepala. Tahan posisi ini selama 30 detik kemudian ulangi pada sisi tangan yang lain. 

Manfaat Rutin Melakukan Olahraga Sambil Duduk

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga duduk bagi kesehatan fisik dan psikis, antara lain:

Memperkuat otot yang kehilangan massa-nya seiring waktu. Dengan rutin lakukan latihan ringan, ini membantu membangun otot dan tulang, memperbaiki postur tubuh, hingga meredakan nyeri punggung yang kerap dikeluhkan.

Menjadikan olahraga duduk sebagai rutinitas di sela-sela kesibukanmu juga dapat membantu meregangkan otot yang juga akan melatih fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

Aktivitas fisik secara teratur juga dapat meningkatkan kesehatan jantung karena setiap gerakan membantu memompa darah untuk memperkuat jantung. Dengan detak jantung yang meningkat, maka membantu tubuh memindahkan oksigen dan darah lebih efisien.

Olahraga yang dilakukan sambil duduk juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi yang buruk pada peredaran darah bisa menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki, masalah pencernaan, hingga kelelahan. Nah, dengan sirkulasi darah yang meningkat maka dapat menghilangkan pembengkakan atau rasa tidak nyaman pada tangan, tungkai, dan kaki. 

Olahraga Semakin Semangat dengan Memakai Produk EIGER

Beberapa produk Eiger berikut ini cocok kamu pakai saat melakukan olahraga yang lebih dari sekedar duduk. Untuk mencapai tubuh yang kuat dan bugar, luangkan waktu setidaknya 30 menit dalam sehari untuk berolahraga di luar rumah maupun bisa hanya di rumah. Produk Eiger berikut ini cocok kamu gunakan saat melakukan olahraga seperti stretching, cardio, HIIT, lompat tali, aerobik, zumba, dan lainnya. Cek daftar produknya berikut ini.

1. Eiger Dawson Water Storage 

Eiger Dawson Water Storage
Sumber: eigeradventure.com

Ini adalah botol minum yang cocok digunakan untuk menemani Eigerian berkegiatan sehari-hari termasuk saat latihan kardio. Botol minum yang satu ini memiliki fitur double wall vacuum insulated, yang memungkinkan untuk membuat minuman kita tetap panas atau dingin selama kurang lebih 12 jam.

Terbuat dari bahan stainless steel dengan food grade murni, botol minum ini bebas BPA, sehingga aman untuk digunakan.

2. Eiger Mens Flowmotion XT Shorts

Eiger Mens Flowmotion XT Shorts
Sumber: eigeradventure.com

Men’s Flowmotion XT Shorts mendukungmu saat berolahraga dengan legging berbahan elastis yang nyaman digunakan. Celana pendek yang dipadukan dengan inner legging ini membuatmu bergerak aktif dan berkeringat berkat teknologi Tropic Dry yang mempercepat proses pengeringan. Jangan ragu memilih celana ini karena dilengkapi ban pinggang elastis, adjuster tali bagian dalam, serta saku di beberapa titik.

3. EIGER AGLEIA SKIRT LEGGING 2.0 BASELAYER

Eiger Agleia Skirt 2.0 Baselayer
Sumber: eigeradventure.com

Bagi Eigerian yang berhijab, kini tak perlu bingung lagi memakai legging yang pas untuk olahraga baik di rumah maupun outdoor. Dengan desain hijab-friendly, Agleia Skirt Leggings 2.0 memberi kenyamanan sekaligus menyempurnakan style-mu saat berolahraga. 

Terbuat dari bahan 100% Polyester yang elastis dan cepat kering berkat teknologi Tropic Dry. Ada juga gusset pada area selangkangan, serta desain belahan samping pada rok yang membuatmu maksimal bergerak.

Mulai sekarang jangan malas untuk berolahraga ya meskipun aktivitas setiap hari padat merayap. Meskipun hanya melakukan olahraga sambil duduk, namun ini sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap fit dan pikiran fresh kembali. Supaya Eigerian tambah semangat untuk berolahraga, miliki berbagai koleksi produk Eiger untuk menemanimu berolahraga. 

Tidak perlu lagi repot datang ke store, langsung kunjungi situs Eiger Adventure. Temukan berbagai perlengkapan, seperti sarung tangan, matras, legging, baju olahraga, dan lainnya. Dapatkan produk terbaik dari Eiger dengan harga terjangkau dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru