HomeTips & TrickMountaineeringIni 6 Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa, Ada Tambahan?

Ini 6 Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa, Ada Tambahan?

Menghabiskan waktu untuk bersentuhan dengan alam akan jadi booster semangat yang bagus. Selain bisa menghirup udara segar, kegiatan seperti camping juga bisa membuat Eigerian semakin menghargai lingkungan. Untuk mendukungnya, tentu diperlukan seperangkat perlengkapan camping yang tepat supaya kegiatan ini bisa dinikmati dengan baik.

Tapi sebenarnya apa saja sih perlengkapan camping yang ‘wajib’ dibawa? Apakah tenda, sleeping bag, dan perbekalan saja sudah cukup?

Nah, untuk tahu lebih jauh, berikut beberapa perlengkapan yang idealnya dibawa untuk mendukung kegiatan seru bersama teman-teman ini.

Daftar Perlengkapan ‘Wajib’ untuk Camping

perlengkapan camping
Sumber: Eiger Adventure / Eiger Lone BV 1P Tent

1. Pertama, Tenda

Well, tanpa tenda bagaimana Eigerian bisa camping?

Maka dari itu perlengkapan pertama yang harus dibawa adalah tenda. Menjadi tempat utama untuk istirahat dan melakukan berbagai aktivitas, tenda yang berkualitas dan sesuai dengan jumlah peserta camping harus dibawa.

Banyak jenis tenda yang bisa digunakan, dan ini akan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jenis dome jadi opsi yang banyak dipilih karena dianggap lebih mudah dan cepat didirikan serta praktis.

2. Matras

Menjadi alas untuk tidur atau duduk-duduk, matras adalah perlengkapan berikutnya yang wajib kamu bawa. Selain dalam rangka kenyamanan, keberadaan matras juga bisa membantu kamu tidur dengan suhu yang lebih hangat, karena suhu dingin dari tanah tidak langsung terkena tubuh.

Dengan matras yang tepat kamu bisa terhindar dari lembabnya tanah, suhu dingin, hingga kerikil dan kondisi basah di bawah tenda.

3. Sleeping Bag

Perlengkapan esensial selanjutnya adalah kantong tidur, atau sleeping bag. Seperti namanya, perlengkapan ini akan jadi kantong yang digunakan untuk tidur dengan nyaman, dan terlindung dari suhu dingin yang ada di alam terbuka.

Sleeping bag sendiri sangat direkomendasikan jika kamu camping di lokasi yang cukup tinggi, atau memiliki kecenderungan suhu rendah. Jika camping di area pantai, kamu bisa membawa selimut sebagai penggantinya.

4. Alat Memasak

Memang biasanya di bumi perkemahan atau tempat camping terdapat kantin yang dibuka untuk umum. Tapi kurang seru jika tidak memasak sendiri bukan? Maka dari itu, alat masak jadi peralatan camping selanjutnya yang harus dibawa.

Apapun makanan yang kamu masak nantinya, dijamin memiliki rasa yang enak. Jika tidak keberatan sedikit repot, bahan makanan bisa dibawa untuk menggantikan makanan instan.

5. Senter dan Lampu Darurat

Untuk menunjang penerangan di malam hari kamu bisa mengandalkan senter dan lampu darurat. Lampu dari smartphone juga bisa menjadi alternatif, tapi daya tahannya tentu tidak akan terlalu lama dan sinar yang dipancarkan kurang optimal.

Pastikan kamu membawa cadangan baterai, atau mengisi daya lampu yang kamu bawa sebelum berangkat.

6. Pisau Lipat dan Korek Api

Yap, dua peralatan ini juga harus dibawa agar Eigerian tidak menemui kesulitan saat akan melakukan berbagai hal. Pisau lipat dan korek api punya fungsi yang beragam dan bisa membantu kegiatan camping jadi lebih seru.

Yang perlu diingat, dua perlengkapan ini sebaiknya digunakan ketika diperlukan saja, dan bukan untuk main-main.

Selain peralatan camping di atas, mungkin Eigerian bisa menambahkan sendiri apa yang kira-kira diperlukan. Misalnya saja obat-obatan pribadi, peralatan P3K, dan lainnya, sesuai dengan kebutuhan camping.

6 Tips Agar Camping Aman dan Nyaman

perlengkapan camping
Sumber: Eiger Adventure

Setelah tahu beberapa peralatan camping yang wajib dibawa, persiapan sudah bisa mulai dilakukan. Sebelum berangkat, ada beberapa tips yang bisa dijadikan acuan supaya camping menjadi aman dan nyaman.

Tips ini sendiri adalah sebagai berikut:

  • Pilih tempat yang tepat, kriterianya adalah mudah diakses, tersedia lahan api unggun, dekat dengan sumber air bersih, dan memiliki tanah yang solid.
  • Cermati waktu yang pas, pastikan Eigerian juga mencermati cuaca dan musim, supaya tidak harus berhadapan dengan risiko hujan badai atau cuaca ekstrim lain.
  • Perlengkapan yang berkualitas, tidak perlu terlalu banyak, namun pastikan perlengkapan yang dibawa berkualitas dan esensial.
  • Persiapan fisik dan mental, meski sifatnya rekreasional kamu harus tetap menyiapkan fisik dan mental. Ingat, kamu akan berada di alam terbuka selama beberapa waktu, dan ini perlu fisik yang sehat dan mental yang siap.
  • Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan ambil apapun kecuali foto dan kenangan. Membawa trashbag akan jadi hal yang tepat untuk sampah yang kamu hasilkan.
  • Siapkan perlindungan dari serangga dan hewan liar. Bukan tidak mungkin kegiatan camping terganggu oleh serangga dan hewan liar. Bawa pembasmi serangga, dan pastikan kamu melakukan langkah pencegahan pada kontak dengan hewan liar. 

Tidak Perlu Bingung Mencari Perlengkapan Camping yang Tepat

perlengkapan camping
Sumber: Eiger Adventure

Jika EIgerian sudah mulai merencanakan kegiatan camping, maka tidak perlu lagi repot mencari perlengkapan yang tepat. Pada dasarnya, Eiger Adventure menyediakan setiap kebutuhan yang dimiliki, dengan kualitas perlengkapan yang jelas tidak main-main.

Sederet perlengkapan esensial di bawah ini bisa jadi solusi atas berbagai kebutuhan yang kamu miliki.

Eiger Versatile Kit Tent Accessories

perlengkapan camping
Sumber: Eiger Adventure

Adalah peralatan berkemah yang mudah dibawa untuk membantu kegiatan camping, dengan harga hanya Rp292.500 saja

Eiger Soluna Lantern Lighting Equipment 

perlengkapan camping
Sumber: Eiger Adventure

Adalah lentera camping yang bisa dilipat sehingga ringkas untuk dibawa. Bisa digunakan sebagai sumber pencahayaan dan pengisi daya, dengan harga hanya Rp179.100

Eiger Tarp Pole Tent Accessories

perlengkapan camping
Sumber: Eiger Adventure

Adalah salah satu produk Eiger yang bisa membantu kamu mendirikan shelter untuk tenda saat berkemah, dengan harga satu set-nya hanya Rp350.100

Eiger Solar Shower 20L Water Storage

perlengkapan camping
Sumber: Eiger Adventure

Adalah shower bag portabel dengan kapasitas mencapai 20 liter dan memudahkan kamu menyimpan air. Harganya adalah Rp225.000

Eiger Pack Towel

perlengkapan camping
Sumber: Eiger Adventure

Adalah produk handuk yang terbuat dari bahan microfiber dengan bobot ringan dan cepat kering. Harganya adalah Rp62.100

Eiger Sleep Sack 600 Sleeping Bag

perlengkapan camping
Sumber: Eiger Adventure

Cocok untuk beristirahat saat camping dilakukan. Harganya adalah Rp548.100

Perlengkapan camping yang wajib dibawa tersebut bisa kamu temukan dengan mudah pada situs resmi ini, Eiger Adventure Official. Lengkap, berkualitas, dan memiliki banyak opsi model, gear terbaik dari Eiger akan menjadi partner camping yang tepat untuk kamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru