HomeTips & TrickMountaineeringRute Pendakian Gunung Merbabu via Selo Terbaru, Catat!

Rute Pendakian Gunung Merbabu via Selo Terbaru, Catat!

Apakah Eigerian memiliki rencana mendaki Gunung Merbabu tahun ini? Jika iya, jalur pendakian Merbabu via Selo bisa jadi pilihan yang tepat.

Sebagai informasi, Gunung Merbabu merupakan gunung berapi yang terletak di Jawa Tengah, dengan ketinggian puncak utamanya mencapai 3.145 mdpl.

Gunung terpopuler di Jawa Tengah ini terletak sekitar 30 km sebelah utara Kota Solo dan 40 km sebelah barat Kota Semarang.

Ada banyak pendaki yang ingin menjajal gunung yang satu ini. pasalnya, Gunung Merbabu memiliki pemandangan yang indah dengan padang rumput yang luas, hutan pinus, dan pemandangan lautan awan dari puncaknya.

Gunung ini juga populer karena rute pendakian yang relatif mudah dan dapat dicapai dalam waktu satu hari. Salah satunya jalur pendakian Merbabu via Selo.

Bagi Eigerian yang punya rencana mendaki Gunung Merbabu via Selo, simak panduan berikut, ya!

Baca Juga: Aturan dan Cara Mengonsumsi Norit, Obat Diare Saat Mendaki Gunung

Cara ke Basecamp Gunung Merbabu via Selo

Merbabu via Selo
(Foto pemandangan Gunung Merbabu. Sumber: Unsplash.com)

Ada beberapa moda transportasi yang bisa Eigerian gunakan untuk sampai ke basecamp Gunung Merbabu via Selo.

Bagi Eigerian yang akan berangkat dari Jakarta dan sekitarnya, berikut panduan rutenya!

1. Kendaraan Pribadi

Jika Eigerian ingin menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta dan Sekitarnya, Eigerian dapat langsung menuju basecamp Merbabu via Selo.

Dari Jakarta, Eigerian dapat memulai perjalanan menuju Boyolali. Sebab, basecamp pendakian via Selo berlokasi di Boyolali, tepatnya di dekat Pasar Selo.

Kendaraan mobil maupun motor dapat digunakan hingga sampai ke basecamp pendakian, sehingga Eigerian tidak perlu transit jika menggunakan kendaraan dari Jakarta.

2. Naik Bus

Merbabu via Selo
(Foto transportasi bus ke Boyolali. Sumber: Unsplash.com)

Jika ingin menggunakan bus, Eigerian dapat naik bus dari Jakarta atau sekitarnya menuju Terminal Boyolali.

Sesampainya di Boyolali, Eigerian dapat berganti bus tujuan Pasar Cepogo.

Perjalanan dilanjutkan naik bus kecil ke Pasar Selo, kemudian disambung dengan ojek sampai ke basecamp pendakian.

Apabila Eigerian datang bersama rombongan besar, Eigerian dapat menyewa mobil pick-up untuk menyimpan barang bawaan.

3. Naik Kereta

Perjalanan menuju basecamp Merbabu via Selo dapat ditempuh melalui tiga kota besar, yakni Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Disarankan mengambil rute Stasiun Solo atau Semarang karena lokasinya yang lebih strategis untuk menuju basecamp.

Dari stasiun akhir, Eigerian dapat menggunakan bus menuju Terminal Boyolali.

Perjalanan dilanjutkan menuju Pasar Cepogo, Pasar Selo, dan menyewa mobil atau ojek menuju basecamp.

Baca Juga: Tekanan Udara di Gunung, Penyebab Pendaki Sulit Bernapas?

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Merbabu via Selo
(Foto sabana Gunung Merbabu. Sumber: Unsplash.com)

Jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo merupakan rute yang paling populer dan sering digunakan oleh para pendaki.

Jalur ini dapat dicapai dengan mudah dari kota Semarang atau Solo, dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan darat.

Berikut panduan jalur pendakian via Selo yang perlu Eigerian ketahui.

  • Basecamp Selo: Pendakian dimulai dari basecamp Selo yang terletak di Desa Cepit, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Basecamp ini merupakan titik awal pendakian dan tempat registrasi pendaki. Pendakian dimulai dari ketinggian sekitar 1.800 mdpl.
  • Pos 1 (Dok Malang): Setelah mendaftar Simaksi di basecamp, Eigerian akan melewati hutan pinus menuju Pos 1 atau yang biasa disebut Dok Malang. Jarak dari basecamp ke pos 1 dapat ditempuh dalam waktu sekitar 90 menit. Pos 1 memiliki ketinggian sekitar 2.189 mdpl.
  • Simpang Macan: ari Pos 1, kita akan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 500 m atau sekitar 45 menit untuk sampai di Simpang Macan. Di sini, ketinggiannya mencapai sekitar 2.270 mdpl.
  • Pos 2 (Pandean): Setelah melewati Simpang Macan, Eigerian akan melanjutkan perjalanan menuju Pos 2 yang disebut Pandean. Perjalanan ke Pos 2 memakan waktu sekitar 40 menit dengan jarak sekitar 42 m. Pos 2 memiliki ketinggian sekitar 2.412 mdpl.
  • Pos 3 (Batu Tulis): Setelah melewati Pos 2, perjalanan dilanjutkan melalui perbukitan menuju Pos 3 atau yang disebut Batu Tulis. Perjalanan memakan waktu sekitar 40 menit dengan jarak sekitar 603 m. Pos 3 memiliki ketinggian sekitar 2.595 mdpl dan merupakan tempat untuk beristirahat sebelum menuju sabana.
  • Sabana 1: Setelah melewati Pos 3, kita akan disambut dengan hamparan sabana khas Gunung Merbabu. Untuk menuju ke Sabana 1, memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 648 m. Area sabana merupakan salah satu spot terbaik untuk berfoto di Gunung Merbabu.
  • Sabana 2: Dari Sabana 1, kita dapat melanjutkan perjalanan sejauh sekitar 320 m yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.
  • Puncak Triangulasi: Perjalanan menuju Puncak Triangulasi dapat ditempuh dalam waktu sekitar 90 menit dari Sabana 2. Selama perjalanan, Eigerian dapat menikmati keindahan Gunung Merbabu dan lautan awan yang memukau.

Baca Juga: 8 Ide Pose Keren di Gunung, Biar Gak Mati Gaya

Sebagai informasi, tidak ada sumber air di jalur pendakian via Selo. Oleh sebab itu, pastikan Eigerian membawa cukup air, ya!

Selain mempersiapkan fisik, mental, dan perbekalan, pastikan Eigerian juga menyiapkan perlengkapan pendakian terbaik.

Eigerian dapat menggunakan tas carrier, sepatu gunung, jaket, perlengkapan berkemah, dan peralatan pendakian lain dari EIGER.

Dengan berbelanja perlengkapan pendakian melalui situs Website EIGER Adventure Official, kita berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik.

Termasuk gratis ongkir seluruh Indonesia, potongan harga spesial, serta jaminan produk original. Yuk, belanja sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru