HomeTips & TrickGreen & HealthyKenali Tanda Botol BPA Free dan Tips Perawatannya

Kenali Tanda Botol BPA Free dan Tips Perawatannya

Selama ini Eigerian mungkin sudah sering melihat label BPA free pada berbagai botol dan wadah plastik yang dijual di pasaran. Memangnya, apa sebenarnya arti dari istilah BPA free dan seperti apa tanda botol BPA free?

Botol atau wadah plastik berlabel BPA free biasanya dipilih karena dinilai lebih aman. Alasannya utamanya adalah paparan BPA diketahui bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. BPA adalah sebuah singkatan dari bisphenol A yang merupakan sejenis senyawa kimia yang sering digunakan dalam produksi plastik, termasuk botol air minum. Senyawa ini ternyata bisa bocor ke dalam air atau makanan yang disimpan di dalam wadah plastik. Sudah ada banyak studi yang menyebutkan potensi dampak negatifnya terhadap kesehatan manusia.

Nah, botol air minum dengan tanda BPA free diproduksi tanpa menggunakan bahan kimia bisphenol A. Ini berarti, produk dengan tanda BPA free dianggap jauh lebih aman karena tidak mengandung senyawa yang bisa terlibat dalam perubahan hormon dan berpotensi memicu masalah kesehatan.

Tanda Botol BPA Free

tanda botol bpa free
Sumber: Eiger Adventure

Penggunaan plastik memang sulit untuk dihindari dalam kehidupan sehari-hari, tapi Eigerian tidak perlu khawatir. Berdasarkan penelitian, paparan BPA dalam jumlah yang sangat kecil dinilai masih aman bagi kesehatan. Batas aman paparan BPA yaitu 0,1–0,5 µg/kg/hari.

Nah, untuk meminimalkan paparan BPA tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memilih produk berlabel BPA free untuk wadah atau kemasan makanan dan minuman. Lalu, seperti apa ciri-ciri atau tanda botol BPA free?

Botol dengan label BPA free memiliki ciri-ciri tertentu yang menjadikannya pilihan yang lebih aman. Sebagaimana dikutip dari laman Water Boy Inc, produk BPA free ini pada umumnya diproduksi menggunakan bahan alternatif yang tidak mengandung BPA. Biasanya, botol dengan label ini terbuat dari plastik yang lebih aman, seperti polietilen, polipropilen, serta bahan logam seperti stainless steel. Botol air minum yang aman juga biasanya mencantumkan label BPA free secara jelas dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang kandungan bahan yang digunakan.

Nah, sebelum Eigerian membeli atau memakai produk plastik termasuk botol minum, sebaiknya Eigerian memahami bagaimana cara mengetahui apakah produk tersebut sudah BPA free. Simak beberapa alternatif cara berikut ini, yuk!

1. Melalui Label BPA Free

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengenali produk plastik BPA free yaitu dengan mencari label BPA free di produk tersebut. Biasanya, label BPA free ini terletak di bagian luar kemasan produk ataupun di sisi bawah produk.

2. Melalui Kode BPA Free

Selain mencari label BPA free, Eigerian juga bisa mencermati produk yang berpotensi mengandung bahan turunan BPA, seperti BPS dan BPF. Kode-kode ini biasanya berupa angka yang terletak di sebuah arah panah berbentuk segitiga dan umumnya terletak di bagian bawah produk.

  • Kode 1, 2, 4, dan 5: berarti produk itu terbebas dari BPA dan bahan turunan berbahaya.
  • Kode 7: berarti produk itu masih mengandung BPA dan wajib dihindari penggunaannya.
  • Kode 3 dan 6: berarti produk itu tidak mengandung BPA, tapi masih mengandung bahan turunan berbahaya lain yang juga perlu dihindari penggunaannya.

Lantas, apakah botol berlabel BPA free benar-benar aman?

Sebetulnya, tidak semua produk berlabel BPA free benar-benar aman untuk digunakan karena diperkirakan masih ada 70% dari produk-produk berlabel BPA free yang berisiko bisa meluruhkan zat berbahaya pada makanan ataupun minuman. Faktanya, ada turunan bahan BPA yang masih sering digunakan oleh produsen produk plastik sebagai pengganti BPA, yaitu BPF dan BPS. Sebuah studi juga banyak menemukan bahwa produk plastik dengan bahan BPF dan BPS ini mengandung senyawa yang dapat mengganggu fungsi sel.

Jadi, mulai sekarang Eigerian harus benar-benar cermat dalam memilih produk berlabel BPA free sekaligus produk yang berpotensi mengandung bahan turunan BPA, ya!

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghemat Air untuk Kehidupan Sehari-hari

Tips Merawat Botol BPA Free Agar Tetap Aman Digunakan

tanda botol bpa free
Sumber: Eiger Adventure

Merawat botol dengan tanda BPA free dengan baik, tentunya tidak hanya penting untuk menjaga kualitas air atau minuman yang dikonsumsi tetap bersih saja. Akan tetapi juga untuk memastikan umur panjang dan keamanan botol tersebut. Sebagaimana dikutip dari Green Matters, langkah-langkah sederhana seperti mencuci botol secara teratur dengan air hangat dan sabun ringan bisa dilakukan untuk membantu menghindari penumpukan kuman. Penggunaan sikat pembersih botol juga dinilai mampu menjadi solusi untuk membersihkan bagian dalam yang sulit dijangkau.

Selain itu, sebaiknya Eigerian juga menghindari menggunakan botol BPA free untuk menyimpan minuman yang terlalu panas atau mengisi botol dengan cairan yang bersuhu tinggi. Sebab, plastik dapat melepaskan zat kimia lebih cepat pada suhu tinggi, dan ini akan memengaruhi keamanan dan kualitas air yang dikonsumsi. Jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk perawatan yang diberikan oleh produsen untuk memastikan botol tetap aman dan efisien digunakan.

Rekomendasi Botol BPA Free dari EIGER

Bagi Eigerian yang membutuhkan botol minum BPA free, tak perlu bingung karena EIGER menawarkan berbagai botol minum atau tumbler dengan kelebihannya masing-masing. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. BAATARA WATER BOTTLE 3L

tanda botol bpa free

Botol minum Baatara 3L ini berdaya tahan kuat dan ringan untuk memastikanmu tetap terhidrasi di tengah kesibukan harian. Pegangan dan bentuk botol didesain supaya nyaman digenggam sehingga bisa dibawa bepergian ke mana saja dengan praktis. Eigerian bisa menikmati kesegaran di setiap tegukan dengan aman karena botol minum ini terbuat dari material Ecozen bebas BPA.

2. KENALI INDONESIA 500ML

tanda botol bpa free

Rekomendasi botol BPA free berikutnya adalah botol minum Kenali Indonesia 500ml yang menawarkan desain minimalis dengan motif menarik dari beberapa keindahan budaya dan alam Indonesia. Botol ini sangat cocok untuk menemani kegiatan harianmu. Terbuat dari bahan stainless steel, botol minum ini bebas dari bahan BPA dengan tutup anti bocor sehingga sangat aman digunakan saat berpergian. Selain itu, botol ini dilengkapi juga dengan double wall vacuum insulated, di mana fitur ini berfungsi untuk menjaga minumanmu tetap dingin ataupun hangat dalam waktu beberapa jam.

Baca juga: 5 Kerajinan dari Botol Bekas yang Mudah Dibuat

Berbagai macam produk original dari EIGER lainnya bisa langsung dicek di laman website resmi EIGER Adventure atau langsung saja kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kini Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure. Silakan unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, banyak promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru