HomeTips & TrickMountaineeringKulit Lecet Saat Mendaki? Ini 7 Tips Antisipasinya!

Kulit Lecet Saat Mendaki? Ini 7 Tips Antisipasinya!

Bagi para pendaki, keluhan akibat kulit lecet di beberapa bagian tubuh saat mendaki gunung sangat mungkin terjadi. Jika Eigerian mengalami hal ini, tentu pendakianmu akan terasa tidak nyaman

Dikutip dari laman Backpacker, lecet merupakan suatu kondisi kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh gesekan yang berlebihan antara kulit dan pakaian atau kulit dan kulit. 

Faktor yang membuat kondisi tersebut semakin buruk, yaitu kelembapan dan tekanan yang bisa memperburuk lecet.

Adapun lokasi tubuh yang paling sering mengalami lecet, yakni kaki, pundak, ketiak, pergelangan tangan, dan paha bagian dalam.

Lecet pada kulit ketiak biasanya terjadi karena beberapa hal, seperti pemakaian baju yang ketat terutama di bagian ketiaknya. Ketika sedang melakukan pendakian, gesekan mulai terjadi jika Eigerian mengalami keringat berlebih, udara yang panas, dan gerah. 

Lalu, kulit lecet pada ketiak juga bisa terjadi karena shoulder strap yang berada di dekat ketiak terlalu ketat dan lebar sehingga bisa menekan ke samping ketiak.

Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena pemakaian tali beha yang terlalu kencang lalu terkena keringat sehingga menyebabkan kulit kemerahan.

Kulit pada ketiak akan semakin lecet apabila Eigerian membawa ransel yang cukup berat dan hal ini pun rentan terjadi bagi kamu yang mempunyai tubuh berisi.

Hal lainnya ketika Eigerian melakukan pergerakan dalam jangka waktu lama dan outfit yang dipakai berbahan kasar.

Pada beberapa kasus, paha bagian dalam pun bisa lecet apalagi kalau celana yang dipakai ketat dan bahan yang tidak sesuai sehingga kalau keringat menetes akan membuat kulit paha bagian dalam dan celana tergesek-gesek.

Kulit leceet pada paha bagian dalam juga bisa disebabkan posisi ritsleting di samping celana.

Baca Juga: 7 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari Agar Tidak Gelap

Tips Agar Terhindar dari Kulit Lecet

Agar bisa terhindar dari kulit lecet saat mendaki, Eigerian bisa menerapkan beberapa tips berikut:

1. Gunakan pakaian yang tepat

Sebelum mendaki, Eigerian perlu memastikan agar tubuh tetap kering dengan menggunakan pakaian yang kering dan memiliki fitur quick dry.

Pakaian berbahan sintetis ini merupakan bahan pakaian yang bisa menyerap kelembapan dan berpotensi mengurangi lecet secara signifikan. 

Dalam hal ini, pastikan untuk menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringat dan jangan sampai basah kuyup.

Selain itu, hindari memakai bahan katun karena bahan ini bisa membuat kulit Eigerian lebih lembap dan sirkulasi udara yang minim bisa menyebabkan pakaian jenis katun tidak cepat kering.

Sementara jika paha bagian dalam Eigerian lecet, cobalah memakai celana yang nyaman berbahan spandeks. 

2. Pastikan ukuran pakaian dan ransel sesuai

Sebelum berangkat dalam pendakian gunung, pastikan pakaian dan ransel yang dibawa memiliki ukuran yang tepat, ya Eigerian!

Begitu juga dengan celana yang dipakai untuk mendaki gunung. Celana dengan ukuran pinggang yang longgar bisa menjadi penyebab terjadinya gesekan. 

3. Bawa petroleum jelly, untuk atasi kulit lecet

Sebelum memulai pendakian, sebaiknya persiapkan untuk membawa petroleum jelly. Jadi bila Eigerian mengalami kulit lecet di beberapa titik tertentu di tubuh, cobalah untuk mengoleskan pelumas, seperti petroleum jelly saat terjadi lecet.

Ini merupakan cara yang berguna untuk mengatasi lecet ringan di bagian tubuh mana pun bahkan berguna untuk menggosok paha dan ketiak. 

4. Lapisi dengan perekat untuk hindari kulit lecet

Sebagian orang sering mengalami kulit lecet di area-area tertentu, seperti bahu, ketiak, pinggul, punggung bawah, selangkangan, dan paha bagian dalam.

Bila kamu sering mengalami kulit lecet di area tersebut, cobalah untuk menutupnya dengan perekat sebelum melakukan pendakian.

Bila menambahkan pelindung antara kulit dan segala sesuatu yang bisa menyebabkan lecet atau iritasi merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya peradangan secara keseluruhan. 

5. Usahakan untuk tetap terhidrasi

Cara berikutnya agar terhindar dari kulit lecet saat mendaki adalah usahakan untuk tetap terhidrasi. Dengan tetap terhidrasi, maka tubuh juga bisa terhindar dari peradangan.

Lantaran saat mengalami dehidrasi, tubuh akan kehilangan lebih banyak garam melalui keringat.

Kemudian, kulit akan menjadi lebih kering. Kulit yang kering itu akan meningkatkan kemungkinan terjadinya gesekan maupun iritasi tambahan. Dengan minum air yang cukup, setidaknya kulit kamu akan tetap elastis dan lembap. 

Rekomendasi Outfit Mendaki Agar Kulit Tidak Lecet

Berikut rekomendasi outfit yang tepat untuk mendaki gunung:

1. Gunakan kemeja flanel

Tidak hanya bisa membantu menghangatkan tubuh, kemeja flanel memiliki bahan yang tidak kaku dan bisa membantu kamu untuk terlindung dari sinar matahari saat pendakian siang hari.

Dengan paduan outfit lain, kemeja flanel tentunya bisa memberikan kesan tanggung, klasik, dan tetap up to date.

2. Pakai celana jenis kargo

Celana jenis kargo adalah celana yang paling cocok digunakan saat mendaki gunung dari segi fungsional dan penampilan.

Salah satu celana kargo yang bisa kamu gunakan dari EIGER, yaitu Punegara Convertible Pants. Celana ini menyediakan fitur windproof dan waterproof pada derajat tertentu.

Dengan begitu, celana kargo bisa memberikan perlindungan saat hawa dingin. Selain itu, celana kargo juga memiliki banyak saku sehingga bisa menjamin kebebasan gerak saat mendaki.

3. Pilih jaket yang bisa menghangatkan tubuh

Ketika mendaki gunung, kamu tentu membutuhkan jaket yang berkualitas dan bisa menghangatkan tubuh. Apalagi, suhu pegunungan saat malam hari atau siang hari tergolong sangat dingin. 

Ketika memilih jaket yang digunakan untuk mendaki gunung, perhatikan ketebalan, kekuatannya menahan percikan air, kemampuannya menghangatkan tubuh, hingga fleksibilitas bahan yang dipakai. Salah satu jaket dari EIGER yang bisa kamu pilih, yaitu Mentaya 2in1 Jacket WS.

4. Pilih sepatu gunung yang terbaik

Saat mendaki gunung, kamu tentu akan melewati berbagai medan yang berbeda. Medan itu, mulai dari menanjak, berlumut, berair, dan sebagainya. Biasanya, sepatu gunung yang direkomendasikan memiliki desain yang cocok di bagian luar, tapi cukup tebal dan nyaman di bagian dalam. 

Bagian luar dengan bahan anti air atau kulit cukup tebal bisa membantu agar kaki bisa terlindungi lebih baik. Salah satu sepatu yang direkomendasikan, yaitu X-Urban Raptor Shoes.

Aman Saat Mendaki Dengan EIGER! 

Nah, itulah tips agar Eigerian terhindar dari kulit lecet saat mendaki. Setelah mengetahui beberapa tips tersebut, tentunya Eigerian bisa lebih berhati-hati ketika berpetualang di alam terbuka. 

Selain itu, saat beraktivitas di luar ruangan kamu harus gunakan perlengkapan yang aman dan nyaman.

Eigerian bisa dapatkan berbagai perlengkapan outdoor seperti tas, celana, sepatu, kaos, dan aksesoris lainnya dengan berbelanja di website resmi EIGER

Kamu juga bisa dapatkan berbagai promo menarik dan kemudahan saat berbelanja. Yuk jadikan perjalanan dan petualanganmu lebih menyenangkan bersama EIGER!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru