HomeTips & TrickTraveling5 Destinasi Wisata Berkelanjutan yang Menarik untuk Dikunjungi

5 Destinasi Wisata Berkelanjutan yang Menarik untuk Dikunjungi

Apa itu wisata berkelanjutan atau sustainable tourism? Wisata berkelanjutan diartikan sebagai pengembangan konsep berwisata yang dapat memberikan dampak jangka panjang. Baik itu terhadap lingkungan, sosial, budaya, hingga ekonomi untuk masa kini dan masa depan bagi seluruh masyarakat lokal ataupun wisatawan yang berkunjung.

Sebetulnya konsep sustainable tourism bukan hal baru di Indonesia. Ini bisa dilihat dari banyaknya destinasi wisata berbasis sustainable tourism yang terus bertahan hingga sekarang.

Kira-kira, apa tujuan dari pariwisata berkelanjutan?

Tujuan akhir dari wisata berkelanjutan yaitu untuk mengurangi dampak pariwisata terhadap masyarakat lokal dan lingkungan. Ini berarti memanfaatkan sumber daya secara optimal untuk menghindari konsumsi yang berlebihan, membantu konservasi alam dan membuat upaya sadar untuk menghormati tradisi serta warisan lokal, hingga berkontribusi pada pelestariannya.

Kenapa Wisata Berkelanjutan Itu Penting?

wisata berkelanjutan
Sumber: Eiger Adventure

Konsep wisata berkelanjutan sangat penting karena pariwisata itu tidak hanya bisa menghasilkan manfaat ekonomi bagi daerah setempat dan menyediakan lapangan kerja bagi mereka yang berada di industri. Melainkan juga bisa memiliki konsekuensi negatif, termasuk penggunaan sumber daya yang berlebihan, pemindahan satwa liar, dan kerusakan budaya lokal, sambil berkontribusi pada emisi gas rumah kaca.

Pasalnya, pariwisata diperkirakan akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang, dan kebiasaan pariwisata saat ini akan menjadi tidak berkelanjutan karena akan menjadi lebih merugikan lingkungan, masyarakat lokal, dan sumber daya alam bumi. Hal inilah yang membuat pariwisata berkelanjutan sangat penting untuk kelangsungan jangka panjang industri pariwisata secara keseluruhan.

Dengan memprioritaskan pariwisata berkelanjutan, maka pihak pemerintah, perusahaan perjalanan, maskapai penerbangan, hotel, restoran, hingga wisatawan, semuanya bisa membantu memastikan pariwisata masih memungkinkan di tahun-tahun mendatang. Ketika langkah-langkah diambil untuk memberikan manfaat bagi penduduk setempat dan meminimalkan kerugian yang disebabkan oleh pariwisata, maka itu akan menjadi kekuatan untuk kebaikan di dunia.

Baca juga: 10 Ekowisata Mangrove di Indonesia yang Indah dan Lestari

Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia

wisata berkelanjutan
Sumber: Eiger Adventure (Gambar Hanya Ilustrasi)

Di bawah ini ada lima destinasi wisata berbasis sustainable tourism di Indonesia yang bisa Eigerian kunjungi:

1. Taman Nasional Baluran

Salah satu destinasi wisata yang mengembangkan konsep wisata berkelanjutan di Indonesia adalah Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran ini merupakan tempat wisata berwawasan lingkungan yang mengutamakan konservasi alam sebagai pendukung pelestarian satwa dan lingkungan, sekaligus juga kesejahteraan masyarakat setempat.

Menariknya lagi, taman nasional yang berada di Situbondo, Jawa Timur ini juga dikenal sebagai “Little Afrika” di Jawa, karena punya suasana savana yang khas. Ditambah lagi, di Taman Nasional Baluran terdapat 444 jenis tumbuhan, 28 jenis mamalia, hingga 196 aves, pisces, dan reptil. Sangat menarik untuk dikunjungi, bukan?

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon juga dikenal sebagai destinasi wisata yang mengembangkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Di Taman Nasional Ujung Kulon tidak sekadar melestarikan alam dan Badak Jawa yang kian langka saja, tapi juga sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon, mulai dari snorkeling dan diving di Pulau Peucang, menikmati kekayaan alam di Kepulauan Handeuleum, hingga bermain kano dan canoeing di Pulau Pamanggangan.

3. Sangeh Monkey Forest

Lalu, ada Sangeh Monkey Forest di Bali. Para wisatawan bisa melihat secara langsung habitat alami dari ratusan monyet berekor panjang, sekaligus mengenal lingkungan alam yang masuk dalam kawasan hutan lindung Bali.

Memiliki luas sekitar 10 hektar dengan udara yang sejuk, wisatawan bisa menemukan berbagai jenis flora yang cukup langka di Hutan Sangeh. Di antaranya seperti tanaman amplas, pule, pala, buni, cempaka kuning, dan masih banyak lagi lainnya. Selain menjadi tempat tinggal bagi ratusan monyet berekor panjang, Sangeh Monkey Forest juga menjadi tempat suci bagi masyarakat Hindu di Bali, lho. Sedikitnya ada dua pura di tengah hutan yang disakralkan yaitu Pura Melanting dan Pura Bukit Sari.

4. Umbul Ponggok

Salah satu contoh destinasi wisata yang cukup unik dan menarik perhatian wisatawan adalah Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Konsep sustainable tourism yang ada di Umbul Ponggok yaitu pengelolaan berkelanjutan atau bisnis pariwisata. Sejak awal, tempat wisata ini memang punya potensi sumber air yang melimpah. Hingga akhirnya mendorong masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya air yang biasanya hanya digunakan sebagai irigasi sawah menjadi atraksi wisata, berupa latihan menyelam, berswafoto di dalam air, hingga snorkeling.

Masyarakat lokal yang terjun secara langsung untuk mengelola Umbul Ponggok menjadi kunci sukses destinasi wisata ini. Dengan dukungan penuh masyarakat yang terlibat dalam memanfaatkan potensi alam yang ada, kini Umbul Ponggok menjadikan salah destinasi wisata dengan penghasilan tinggi.

5. Punti Kayu Palembang

Sebagai penyumbang oksigen alami terbesar di Palembang, kawasan Punti Kayu juga menjadi salah satu destinasi wisata dengan konsep sustainable tourism yang menarik untuk dikunjungi. Di Punti Kayu ada deretan pohon pinus dan berbagai flora, seperti mahoni, talog, hingga akasia. Selain itu, para wisatawan juga bisa melihat berbagai macam fauna unik dan langka di Punti Kayu. Di antaranya adalah kera ekor panjang, beruk, tupai, biawak, musang, hingga berbagai serangga langka yang belum diberi nama.

Bukan hanya itu saja, wisatawan yang berkunjung juga bisa belajar sambil berwisata karena wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan satwa, belajar menanam bibit pohon, hingga menikmati berbagai permainan yang menarik di Punti Kayu.

Baca juga: Proses Terbentuknya Gua, Manfaat, dan Destinasi Wisata Gua di Indonesia

Bagaimana, sudah menentukan pilihan untuk berkunjung ke destinasi wisata berkelanjutan yang tersebar di Indonesia?

Tentukan waktu keberangkatan, dan segera berkemas! Jangan lupa untuk memakai outfit yang pas untuk traveling, ya! Kini Eigerian bisa belanja nyaman dan aman di website resmi EIGER Adventure, dapatkan harga terbaik dan jangan lewatkan berbagai promo menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru