HomeTips & TrickGreen & Healthy6 Jenis Plastik Ramah Lingkungan, Bisa Jadi Alternatif Saat Belanja!

6 Jenis Plastik Ramah Lingkungan, Bisa Jadi Alternatif Saat Belanja!


Eigerian tahu gak, ternyata ada beberapa jenis plastik ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk mengganti jenis plastik pada umumnya. Berikut adalah beberapa jenis plastik ramah lingkungan yang harus kamu ketahui. 

Saat ini, penggunaan kantong plastik telah menyebabkan permasalahan lingkungan yang amat serius.

Sampah plastik yang dibuang sembarangan bisa mencemari tanah, air, bahkan udara. Hal itu disebabkan karena plastik bukan berasal dari bahan senyawa biologis.

Sampah dari plastik ini membutuhkan waktu lama agar bisa terurai, bisa mencapai 100 hingga 500 tahun. 

Seiring dengan jumlah penggunaan sampah plastik yang terus meningkat, diperlukan alternatif kantong plastik ramah lingkungan.

Terlebih saat ini masyarakat banyak menggunakan kantong plastik saat belanja ataupun memesan makanan. 

Terdapat beberapa jenis plastik ramah lingkungan yang bisa kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Yuk simak untuk tahu lebih lanjut!

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 7 Simbol Jenis-Jenis Plastik Beserta Contoh dan Penggolongannya

Manfaat Plastik Ramah Lingkungan 

Sebelum mengenal lebih jauh terkait jenis-jenis plastik ramah lingkungan, Eigerian harus tahu terlebih dahulu sejumlah manfaat dan kelebihan dari plastik ramah lingkungan. 

Nah, di bawah ini adalah beberapa kelebihan dari plastik ramah lingkungan, yaitu:

  • Proses penguraian pada jenis bioplastik dan biodegradable tidak memakan waktu yang lama seperti plastik pada umumnya. 
  • Sampah plastik dari jenis bioplastik seperti yang terbuat dari singkong, bisa digunakan sebagai pupuk kompos pada tumbuhan.
  • Plastik jenis eco bisa digunakan kembali dalam jangka waktu yang lama. 
  • Saat dibakar, plastik ramah lingkungan ini akan menghasilkan karbondioksida. 

Itulah beberapa manfaat dan kelebihan dari plastik ramah lingkungan. Tentunya dengan penggunaan jenis plastik ini, bisa mengurangi pencemaran pada lingkungan. 

Jenis-jenis Plastik Ramah Lingkungan

Seiring dengan meningkatnya penggunaan plastik, sampah plastik pun semakin banyak dan menjadi ancaman terhadap lingkungan. 

Oleh karena itu diperlukan alternatif baru, dengan menghadirkan plastik ramah lingkungan. Berikut adalah jenis-jenis plastik yang harus Eigerian ketahui. 

Bioplastik

Bioplastik merupakan jenis plastik ramah lingkungan yang terbuat dari bahan alami, yang paling populer adalah singkong.

Plastik jenis ini mudah diurai oleh mikroba yang ada di tanah atau dalam air. Dengan memproduksi dan menggunakan bioplastik bisa menjadi solusi limbah plastik saat ini. 

Hasil produksi pada plastik ramah lingkungan dari bahan alami ini bernama polylactid acid (PLA). PLA memiliki penampakan dan ciri yang menyerupai polyethylene dan polypropylene, yakni dua jenis plastik yang berasal dari bahan petrokimia. 

Manfaat lain dari penggunaan bioplastik salah satunya yang terbuat dari singkong, bisa membantu ekonomi para petani sekaligus membudidayakan tanaman singkong. 

Plastik Eco

Jenis plastik ramah lingkungan selanjutnya adalah plastik eco. Plastik ini dibuat dari proses daur ulang bahan-bahan plastik yang berasal dari petrokimia, untuk digunakan kembali. 

Tentunya plastik yang didaur ulang tidak diproduksi menjadi produk yang sama, biasanya akan diproduksi menjadi plastik dengan kualitas yang rendah. 

Produk-produk yang terbuat dari plastik eco pun, umumnya bukan jenis produk sekali pakai, melainkan produk yang bisa digunakan beberapa kali untuk jangka waktu yang lama. 

Biodegradable

Berikutnya ada plastik ramah lingkungan biodegradable, yang merupakan jenis plastik yang mudah terurai. Contohnya seperti singkong, rumput laut, kentang, hingga jamur. 

Bahan dasar dari plastik biodegradable ini adalah bahan organik dan petrokimia tradisional yang dipadukan dengan bahan tambahan. Bahan tambahan tersebutlah yang membuat sampah dari plastik ini lebih mudah terurai. 

Nantinya, plastik biodegradable ini akan terurai oleh sinar (photodegradable) dan oksigen (oxydegradable). Namun harga dari plastik ini biasanya lebih mahal dari plastik konvensional, karena teknologinya yang belum berkembang luas. 

Oxo-Biodegradable

Di urutan keempat ada plastik oxo-biodegradable. Jika kamu baru mengetahuinya, plastik ramah lingkungan ini ditujukan untuk terurai di lanskap terbuka atau permukaan laut. 

Symphony, selaku produsen terbesar dari produk oxo-biodegradable di Inggris, tidak memproduksi jenis plastik ini untuk terdegradasi di tempat pembuangan sampah, maupun tenggelam di lautan. 

Hal itu dikarenakan oxo-biodegradable mengandung zat penstabil, yang membuat plastik ini lebih bermanfaat dan memiliki ketahanan yang lama yang bisa mencapai  hingga 18 bulan. 

Akan tetapi dalam proses penguraian plastik ini diperlukan waktu yang sangat beragam. Hal itu dikarenakan penyesuaian dengan suhu lingkungan, baik itu hangat, dingin, panas, lembap, dan lainnya. 

Plastik Kompos

Plastik ramah lingkungan selanjutnya yakni plastik kompos. Ini bisa jadi salah satu jenis yang banyak dijadikan pilihan, akan tetapi tidak dirancang untuk jangka waktu yang lama. 

Bahan yang digunakan untuk membuat plastik ini disesuaikan dengan namanya. Jadi, setelah tidak digunakan harapannya bisa menjadi pupuk untuk tanaman atau tumbuhan di rumah. 

Yang menarik dari jenis plastik kompos adalah hanya bisa terurai secara alami di lingkungan pengomposan industri dan ditujukan agar dibuang di lingkungan tersebut. 

Tidak hanya bermanfaat sebagai pupuk, plastik jenis ini ternyata bisa digunakan sebagai tempat makanan setelah melewati proses pengujian soal kenyamanan terhadap tubuh manusia. 

Alhasil, plastik ini aman untuk digunakan karena tidak ada racun dalam makanan, dan bisa digunakan untuk berbagai makanan baik panas maupun dingin. 

Plastik Daur Ulang

Plastik daur ulang adalah jenis plastik yang diproduksi dengan mendaur ulang bahan plastik lama untuk membuat produk baru. 

Saat ini terdapat banyak sekali variasi produk yang dihasilkan dari plastik daur ulang. Contohnya plastik ramah lingkungan seperti hasil daur ulang dari pakaian atau furniture yang menggunakan ekoplastik pengganti kayu. 

Plastik daur ulang bisa dibuat menjadi berbagai macam produk dengan variasi dan motif yang beragam dan menarik. Namun plastik daur ulang ini memiliki kekurangan yakni digunakan untuk memproduksi barang dengan kualitas yang lebih rendah.

Alternatif Pengganti Kantong Plastik

Sebagai bentuk mengurangi penggunaan plastik dan pencemaran lingkungan, ada beberapa alternatif kantong yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa alternatifnya.

Besi tahan karat (stainless steel)

Bahan stainless merupakan sangat mudah dibersihkan dan bisa digunakan berkali-kali. Stainless steel terbuat dari bahan besi yang kuat dan sangat tahan lama hingga bertahun-tahun. 

Silikon platinum

Wadah dari bahan silikon platinum sangat aman untuk makanan. Bahan ini sangat fleksibel, tahan lama, dan tahan panas sehingga cocok dijadikan alternatif selain plastik. 

Beeswax wrap

Pembungkus kain berlapis beeswax wrap ini sangat ramah lingkungan, mudah dibersihkan, dan dapat digunakan secara berkelanjutan. 

Kayu dan bambu

Kayu dan bambu merupakan bahan baku yang terbarukan dan alami. Kedua jenis bahan baku ini bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus barang-barang atau makanan. 

Selain itu, kayu dan bambu memiliki ketahanan yang cukup lama juga ramah terhadap lingkungan sehingga bisa jadikan alternatif. 

Kertas dan karton

Kedua bahan ini bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan barang-barang dan makanan. Sampah dari kertas dan karton juga dapat terurai dengan baik selama tidak ada bahan plastik bersamanya. 

Mari Berkontribusi Untuk Jaga Lingkungan

Dengan beberapa pilihan pengganti plastik di atas, Eigerian secara perlahan bisa mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari. 

Jika Eigerian masih memiliki kesulitan untuk meninggalkan penggunaan plastik konvensional, kamu bisa memilih jenis-jenis  plastik ramah lingkungan. 

Tentunya gerakan normalisasi penggunaan plastik ramah lingkungan hanya dapat dilaksanakan jika setiap individu masyarakat turut berpartisipasi merealisasikannya. 

Jika kesadaran tersebut telah muncul, maka masalah pencemaran lingkungan bisa diatasi secara perlahan. Yuk jadi bagian dari perubahan dan berkontribusi agar lingkungan tetap lestari. 

Untuk berkontribusi agar lingkungan tetap lestari, EIGER melakukan kerjasama dengan Plasticpay yang merupakan gerakan sosial sampah plastik berbasis platform digital dengan menghadirkan Reverse Vending Machine

Mesin pengumpul plastik ini dapat Eigerian manfaatkan untuk mengurangi sampah plastik yang nantinya dapat ditukarkan menjadi poin Eiger Adventure Club. Poin tersebut bisa kamu tukarkan menjadi voucher belanja berbagai produk yang ada di EIGER.

Selain itu, Eigerian bisa dapatkan banyak kantong atau tas belanja yang ramah lingkungan di EIGER. Tinggal belanja di website Eiger Adventure Official saja! Tidak hanya tas, ada berbagai produk original lainnya yang bisa Eigerian temui di eigeradventure.com. Dijamin makin keren deh kalau pakai produk EIGER!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru