HomeTips & Trick10 Oleh Oleh Khas Bandung Ini Wajib Dibawa Pulang

10 Oleh Oleh Khas Bandung Ini Wajib Dibawa Pulang

Bandung adalah ibu kota Jawa Barat yang sangat populer dengan beragam tempat wisata serta pusat oleh-olehnya. Di kota yang dijuluki dengan nama Paris Van Java ini ada banyak sekali tempat oleh oleh khas Bandung yang bisa kita datangi untuk membeli buah tangan. Oleh oleh yang ada di Bandung ada beragam pilihannya,  mulai dari pakaian, makanan, aksesoris, hingga perabotan antik yang menarik untuk dibawa pulang.

Tempat Belanja Fashion Murah di Bandung

oleh oleh khas bandung
Sumber: Notif.id

Untuk pilihan pusat oleh oleh khas Bandung, ada beberapa pilihan untuk tempat belanja barang fashion yang murah, yaitu:

1. Pasar Cibaduyut

Di pasar ini, kita bisa berbelanja sepatu, tas, ikat pinggang, hingga aneka aksesoris yang terbuat dari bahan utama kulit. Pasar Cibaduyut sangat populer dengan produksi kulitnya, dengan harga terjangkau. Lokasinya ada di Jalan Cibaduyut Raya Nomor 7, Kecamatan Bojongloa Kidul, Bandung. 

2. Pasar Baru Trade Center

Pasar Baru Trade Center menjadi salah satu tempat berbelanja oleh-oleh yang juga bisa didatangi saat berlibur ke Bandung. Di sini, kita bisa berbelanja barang-barang fashion seperti pakaian hingga kain dalam bentuk eceran hingga grosiran. Jadi, kalau ingin beli secara borongan, kita bisa berbelanja ke pusat oleh oleh khas Bandung yang satu ini. Lokasinya ada di Jalan Otto Iskandar Dinata No.81-89, Bandung. 

3. Factory Outlets

Pusat oleh oleh khas Bandung berikutnya adalah Factory Outlets. Tempat ini sangat populer dan banyak didatangi oleh anak muda, karena menawarkan pakaian khas anak muda yang kekinian. Mulai dari baju atasan seperti kaos, kemeja, hingga tas, sepatu, dan topi. Selain baju khas anak muda, di tempat ini juga ada pakaian untuk anak-anak dan orang dewasa lainnya. Lokasinya ada di Jalan Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Belanja Makanan Murah di Bandung

oleh oleh khas bandung

Selain barang-barang fashion, tentunya tidak lengkap rasanya jika pergi ke Bandung tanpa membawa pulang oleh-oleh makanannya. Ada banyak sekali kuliner yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh khas Bandung, beberapa di antaranya adalah:

1. Kartika Sari

Kartika Sari merupakan salah satu pusat oleh oleh khas Bandung yang sangat populer dan diburu oleh para wisatawan saat datang ke kota kembang. Sebagai toko kue, Kartika Sari telah menjadi pusat oleh oleh khas Bandung sejak tahun 1974. Di dalamnya terdapat aneka jajanan seperti pisang bolen, bagelen, sale pisang, dan aneka keripik renyah. Lokasinya ada di Jalan A. H. Nasution Nomor 133 B, Bandung. 

2. Primarasa

Selain Kartika Sari, ada Primarasa yang juga populer akan kue-kuenya yang cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Bandung. Salah satu kue yang banyak diburu adalah brownies panggangnya yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Tak heran jika Primarasa banyak didatangi oleh para wisatawan. Lokasinya ada di Jalan Pasir Kaliki Nomor 163, Pamoyanan, Bandung. 

3. Brownies Amanda

Tidak lengkap rasanya jika ke Bandung tapi tidak membawa pulang Brownies Amanda. Meskipun sudah ada sejak belasan tahun yang lalu, tapi toko kue Brownies Amanda ini tidak pernah surut peminatnya hingga saat ini. Di Brownies Amanda, kita bisa memilih beragam pilihan brownies kukus dengan rasa yang bervariasi, mulai dari yang original, cheese cream, blueberry, dan masih banyak lagi. Lokasinya ada di Jalan Rancabolang Nomor 29, Manjahlega, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat. 

4. Tahu Susu Lembang

Tempat belanja oleh-oleh yang satu ini menjual tahu khas Lembang yang sangat fenomenal, dan menjadi kesukaan banyak orang. Tahu yang dijual di sana punya tekstur yang sangat lembut dan rasanya lezat, sehingga bisa dijadikan sebagai lauk pendamping nasi atau hanya untuk camilan. Lokasinya ada di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

5. Rumah Sosis

Rumah Sosis menjadi salah satu pusat oleh oleh khas Bandung yang tak kalah populer. Di sana, kita bisa menjumpai aneka jenis sosis dengan berbagai macam rasa yang menggoda. Mulai dari rasa black pepper, garlic, cheese, dan masih banyak lagi. Tidak hanya menunya yang beragam dan rasanya yang enak, harganya juga murah dan terjangkau. Lokasinya ada di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

6. Bolu Susu Lembang

Daerah Lembang tidak hanya populer dengan tempat wisatanya yang asri dan sejuk saja. Tapi juga ada beraneka macam kuliner enak yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, salah satunya adalah Bolu Susu Lembang. Bolu Susu Lembang merupakan salah satu pusat oleh oleh khas Bandung yang masih baru karena baru buka beberapa tahun yang lalu. Meski demikian, kuliner yang satu ini populer dan banyak diburu sehingga laris manis. Bolu Susu Lembang adalah bolu kukus yang punya aneka varian rasa, mulai dari stroberi, talas, cokelat, dan masih banyak lainnya. Lokasinya ada Jalan Raya Lembang Nomor 291.

Baca juga: Daftar Kuliner Bandung yang Tak Boleh Dilewatkan saat Liburan ke Sana

7. Toko Roti dan Kue Sidodadi

Di Bandung ternyata ada banyak tempat oleh-oleh yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, salah satunya adalah Toko Roti dan Kue Sidodadi. Pusat oleh oleh khas Bandung yang satu ini tidaklah besar, tapi di dalamnya menawarkan roti jaman dulu serta aneka jajanan yang bisa kita jadikan sebagai oleh-oleh saat kembali ke kota asal. Lokasinya ada di Jalan Otto Iskandar Dinata Nomor 255, Karanganyar, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241.

Tidak hanya barang fashion dan makanan saja, kita juga bisa berbelanja barang-barang lainnya seperti buku bekas, perabotan antik, dan lain sebagainya. Bagi wisatawan yang suka buku, maka Pasar Palasari bisa menjadi tempat pusat oleh oleh khas Bandung yang di dalamnya terdapat puluhan kios buku. Tidak hanya buku kekinian saja, tapi buku kuno hingga sastra klasik juga bisa didapatkan di sana. Lokasinya ada Jalan Lodaya Nomor 6, Turangga, Bandung. 

Baca juga: Jangan Abaikan Tips Ini Kalau Ingin Staycation Seru Bareng Sahabat

Itulah beberapa pusat oleh oleh khas Bandung yang bisa kita datangi saat pergi berlibur ke Kota Kembang. Dari beberapa rekomendasi pusat oleh oleh khas Bandung yang telah disebutkan di atas, tempat mana yang ingin didatangi lebih dulu? Supaya lebih mudah membawa barang belanjaan, jangan lupa siapkan tote bag lipat yang berfungsi sebagai tas travel tambahan. Eigerian bisa pakai EIGER PACKERBASE TOTE SHOULDER BAG berkapasitas 10 liter yang memiliki fitur tali bahu panjang untuk kemudahan membawa tas dan dilengkapi dengan saku depan untuk memudahkan kita mengambil barang-barang penting. Pilihan produk terbaru Eiger lainnya, cek di website Eiger Adventure.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru