HomeTips & TrickDaftar Kuliner Bandung yang Tak Boleh Dilewatkan saat Liburan ke Sana

Daftar Kuliner Bandung yang Tak Boleh Dilewatkan saat Liburan ke Sana

Kuliner Bandung sangat beragam, mulai dari kaki lima, cafe, hingga restoran. Tidak heran kalau Bandung menjadi destinasi wisata kuliner yang populer. Sebut saja beberapa kuliner khas kota kembang yang sudah dikenal karena cita rasanya seperti mie kocok, siomay, batagor, hingga surabi. Tidak hanya keempatnya, masih ada banyak ragam kuliner Bandung yang patut dicoba. Sebagai referensi, berikut ini adalah daftar tempat wisata kuliner Bandung yang bisa dikunjungi. 

1. Iga Bakar Si Jangkung

Tempat kuliner pertama yang wajib dikunjungi adalah Iga Bakar Si Jangkung. Tempatnya memang tidak begitu luas, namun cita rasanya dijamin bikin ketagihan. Selain Iga bakar, ada juga daging ayam, daging kambing, dan menu lain yang tidak kalah enaknya. Iga bakar si Jangkung ini sangat cocok disantap bersama nasi panas. 

  • Lokasi: Jl. Cipaganti Nomor 75G, Pasteur, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.
  • Jam buka: 10.30 WIB – 20.00 WIB
  • Kisaran harga:  di bawah Rp50.000,-  per orang

2. Nasi Kalong Bandung

Kuliner Bandung selanjutnya ada Nasi Kalong Bandung, yang selalu ada setiap perutmu keroncongan di malam hari. Nasi Kalong Bandung ini buka mulai malam hingga dini hari. Nasinya berasal dari nasi merah, jadi sangat cocok untuk disantap di malam hari. Meskipun buka di malam hari, namun Nasi Kalong Bandung ini tidak pernah sepi pengunjung. Karena menekankan konsep “prasmanan”, jadi setiap pengunjung yang datang bisa mengambil sendiri menu makan yang diinginkan.

  • Lokasi: Jalan R.E Martadinata (Jalan Riau) Nomor 57, Bandung.
  • Jam buka: 19.00 WIB – 03.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp50.000,- per orang

3. Warung Bu Eha

Warung nasi yang satu ini dibilang cukup melegenda, karena sudah berdiri sejak tahun 1947 silam. Di Warung Nasi Bu Eha, kita bisa menemukan menu makanan sunda rumahan yang sangat menggugah selera. Menu makanan yang menjadi ciri khas di warung Bu Eha adalah sambel dadak. Menariknya lagi, warung kuliner legendaris yang satu ini konon katanya langganan dari keluarga Presiden Soekarno. 

  • Lokasi: Pasar Cihapit, Kota Bandung.
  • Jam buka: 07.00 WIB – 15.00 WIB (hari Minggu tutup)
  • Kisaran harga: kurang dari Rp40.000,- per orang

4. Batagor Hanjuang Astina

kuliner bandung

Batagor adalah akronim dari baso tahu goreng, di mana jenis kuliner yang satu ini sudah menyebar ke seluruh pelosok di Indonesia. Namun Batagor Hanjuang Astina memiliki citarasa dan ciri khasnya sendiri. Batagor Hanjuang Astina sudah berjualan di Jalan Astina sejak tahun 90-an, dan merupakan jajanan kuliner khas Bandung yang murah, tapi rasanya tidak kalah dengan menu restoran.

  • Lokasi: Jalan Astina, Cicendo, Bandung.
  • Jam buka: 07.00 WIB – 16.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp10.000,- per porsi

5. Bakmi Apin

Kuliner Bandung selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi Bakmi Apin, yang berada di Jalan Sukajadi. Rasa Bakmi Apin rasanya sangat nikmat, yang bisa bikin ketagihan. Satu porsi bakmi berisi daging ayam, kerupuk kulit, serta kuah bakso yang segar. Menu andalan lainnya adalah yamien manis, yang merupakan menu mie dengan topping kecap manis yang dominan.

  • Lokasi: Jl. Sukajadi Nomor 158, Pasteur, Kota Bandung.
  • Jam buka: 08.00 WIB – 20.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp26.000 hingga Rp43.000 per porsi

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Camping Di Bandung Bersama Keluarga

6. Rumah Sosis Bandung

Kuliner Bandung selanjutnya adalah Rumah Sosis Bandung yang berada di kawasan Lembang. Tempat kuliner yang satu ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Rumah sosis berada dekat dengan Pabrik tahu susu Lembang, Pabrik bolu susu Lembang, dan juga Lembang Wonderland. Rumah Sosis ini merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja oleh-oleh khas Bandung, khususnya Lembang.

  • Lokasi: Jl. Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 WIB – 19.00 WIB

7. Es Duren Pak Aip

Wisata kuliner Bandung yang terakhir akan adalah Es Duren Pak Aip, yang sudah ada sejak tahun 1987. Es Duren Pak Aip ini menjadi tempat wisata kuliner favorit ketika berada di Bandung. Saking enaknya, Es Duren Pak Aip ini digemari oleh siapa saja. Menu yang disajikan cukup bervariatif, yaitu terdapat sekitar 20 varian rasa yang dapat kita coba. Mulai dari rasa original, hingga durian alpukat.

  • Lokasi: Jl. Tubagus Ismail Raya Nomor 5G, Dago Atas, Bandung.
  • Jam buka: 10.00 WIB – 22.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp24.000 – Rp27.000,- per porsi
kuliner bandung

Beberapa rujukan tempat wisata kuliner Bandung yang telah disebutkan di atas, yang pastinya enak dan enak banget. Jadi, tentukan pilihan sekarang, kuliner Bandung mana yang mau dicicipi lebih dulu. Supaya wisata kulinermu lebih nyaman, tidak ada salahnya jika membawa botol minum sendiri dari rumah. Selain lebih terjamin kebersihannya, kita juga bisa mengurangi sampah dari botol plastik sekali pakai.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Lembang Ini Punya Pemandangan Alam yang Indah

Campers Carafe adalah botol  minum yang cocok digunakan untuk menemanimu saat traveling, maupun kegiatan sehari-hari. Terbuat dari bahan stainless steel, botol minum yang berdesain simpel dan ringan ini dilengkapi dengan tas botol berbahan kanvas, dilengkapi dengan tali yang dapat disesuaikan. Dengan begitu, Eigerian bisa dengan mudah dan nyaman membawa botol minum kemanapun. Untuk cari tahu produk terbaru Eiger, langsung saja cek di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru