HomeTips & TrickLifestyle8 Cara “Break The Comfort” versi EIGER! Tertarik Coba Salah Satunya, Eigerian?

8 Cara “Break The Comfort” versi EIGER! Tertarik Coba Salah Satunya, Eigerian?

Pernah dengar istilah “Break the Comfort“? Sebagai pencinta alam atau orang yang hobi berkegiatan di luar ruang, mendaki gunung tentu menjadi kegiatan luar ruang yang biasa dilakukan. Bisa dibilang, mendaki gunung kini menjadi zona nyaman bagi sejumlah orang.

Seorang pencetus teori manajemen bisnis bernama Alasdair White mengungkapkan bahwa zona nyaman mampu memberikan kepastian, rasa aman, dan perasaan familier saat seseorang menjalani suatu aktivitas.

Berada di zona nyaman memacu seseorang untuk melakukan banyak hal dengan performa yang stabil tanpa gangguan, sebab ia tidak mengalami banyak tekanan. Dilansir dari laman Universitas Stekom, berada di zona nyaman akan membuat Eigerian beristirahat, bersantai, dan memulihkan energi usai bekerja keras.

Baca Juga: Alasan Kamu Harus Cobain Kegiatan Caving

Jadi, Kenapa Mesti Break the Comfort?

caving di cikarae
Caving di Cikarae, Jawa Barat. Sumber: EIGER Adventure

Meski zona nyaman terasa sangat menyenangkan, tidak ada salahnya lho Eigerian untuk break the comfort. EIGER mengajak kamu untuk break the comfort, nih Eigerian!

Melalui campaign #BreakTheComfort ini, EIGER ingin mengajak Eigerian untuk beristirahat sejenak, menemukan hal baru, kegiatan baru di luar rutinitas. Bukan berarti meninggalkan comfort zonenya sepenuhnya, tapi untuk menyegarkan diri sejenak. 

Karena setiap perjalanan, setiap kegiatan akan selalu memiliki cerita dan kesan yang berbeda. Selain itu, dengan break the comfort, kamu akan menikmati beberapa manfaat yang menguntungkan. 

Pertama, bisa mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Break the comfort akan memberikan dorongan untuk memperdalam pengetahuan tentang keinginan dalam hidup. Selain itu, keluar dari zona nyaman juga bisa membantu kamu untuk mengenali kelebihan dan kekurangan dalam diri dengan lebih baik lagi. 

Kedua, bisa berkenalan dan menjalin hubungan dengan lebih banyak orang. Berdiam dan menikmati zona nyaman, akan membuatmu terus bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di lingkungan dan lingkaran hidup saja. Dengan keluar dari zona nyaman, kamu bisa mengenal lebih banyak orang, memperluas relasi, dan bersosialisasi dengan lebih banyak orang di luar sana. 

Ketiga, keluar dari zona nyaman akan mendukung Eigerian untuk menjadi pribadi yang lebih terbuka, kritis, dan praktis terhadap apa pun. Dengan keluar dari zona nyaman, Eigerian juga akan berpikir lebih hati-hati dan bijaksana. 

Keempat, keluar dari zona nyaman akan mengantar Eigerian ke langkah kecil menuju sukses. Meski awalnya terasa sangat berat dan menyedihkan, perlahan proses yang dialami pasti akan membaik. Eigerian akan merasakan kenyamanan lain yang mampu membantu mencapai kesuksesan.

Eigerian apakah mendaki gunung termasuk zona nyamanmu? Bersama EIGER dalam rangka #BreakTheComfort mari melangkah sejenak untuk menemukan hal baru dari aktivitas di luar zona nyaman. 

8 Cara Break The Comfort Versi EIGER

break the comfort - kayaking
Kayaking. Sumber: EIGER Adventure

Meski melakukan sesuatu di luar kebiasaan bukanlah hal yang mudah bahkan bisa gagal, tapi break the comfort tidak ada salahnya untuk dicoba lho Eigerian. Berikut lima cara break the comfort versi EIGER.

1. Lakukan micro adventure

Mirco adventure merupakan kegiatan luar ruang yang mungkin dilakukan di sekitar tempat tinggal. Tidak perlu menempuh waktu sampai berhari-hari, Eigerian bisa melakukan micro adventure pada akhir pekan. Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk micro adventure, yaitu menemukan titik awal, memilih rute menuju destinasi, dan memastikan perlengkapan yang perlu dibawa.

2. Weekend hiking

Hiking merupakan salah satu cara menghabiskan weekend agar bisa melepas stres atau healing. Olahraga yang biasa dilakukan dengan aktivitas pendakian ini mampu membuat Eigerian mengisi waktu liburan di alam terbuka yang menyegarkan. Agar weekend hiking terasa menyenangkan, pastikan untuk memilih jalur hiking yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman, ya Eigerian!

3. Hitchhiking

Eigerian pernah coba hitchhiking? Hitchhiking sering disingkat dengan hitching. Hitchhiking merupakan suatu gaya dalam melakukan perjalanan dengan cara menumpang kendaraan orang lain sehingga biaya transportasi terhitung gratis. Tampak sulit dilakukan, cara lain untuk mendapat tumpangan ketika hitchhiking, yaitu menggunakan media sign, seperti kertas atau kardus yang diberi tulisan “Butuh Tumpangan”.

4. Solo traveling

Solo traveling merupakan suatu kegiatan luar ruang yang dilakukan tanpa orang lain. Biasanya, solo traveling dilakukan untuk sekadar menyegarkan pikiran. Beberapa manfaat solo traveling, yaitu membantu untuk mengenal diri sendiri, meningkatkan rasa percaya diri, mendapat teman baru, dan mempelajari cara mengatur keuangan.

5. Touring

Touring merupakan aktivitas yang dilakukan sekelompok orang yang menempuh jarak jauh dengan memakai kendaraan dan lebih sering memakai motor. Perjalanan ini biasanya dilakukan ke luar kota bahkan lintas provinsi. Adapun persiapan touring yang bisa dilakukan, yaitu menentukan rute perjalanan, menyiapkan alat komunikasi, persiapkan kendaraan dengan baik, membawa barang bawaan secukupnya, dan mempersiapkan dana touring.

Baca Juga: Pengertian Touring, Persiapan, dan 5 Manfaatnya

6. Caving

Eigerian ada yang tertarik untuk caving? Caving atau susur gua merupakan salah satu olahraga ekstrem alam bebas yang menuntut kekompakan tim dengan berbagai perlengkapan pengaman. Saat sedang caving, Eigerian diminta untuk merangkak, memanjat, bahkan berenang sesuai dengan karakteristik gua yang dilalui. Indonesia mempunyai lokasi caving yang beragam, di antaranya Gua Cikenceng di Jawa Barat, Cikarae di Jawa Barat, Gua Jomblang di Gunung Kidul, Gua Gong di  Pacitan, dan Gua Parat di Pangandaran.

7. Canyoning

Canyoning merupakan aktivitas menyusuri aliran air di ngarai atau canyon. Ngarai merupakan semacam celah alami di lereng gunung yang terbentuk oleh arus air, biasanya ada bagian curam dengan tebing di kedua sisinya. Canyoning membutuhkan beragam keterampilan, seperti rappeling, renang, memanjat, dan sebagainya. 

8. Kayaking

Kayaking merupakan olahraga air yang mendorong Eigerian untuk mengendalikan sebuah perahu menggunakan dayung bernama kayak. Walau terdengar sederhana, tapi kayaking termasuk olahraga yang cukup menantang dan bisa memacu adrenalin. Adapun lokasi kayaking yang bisa Eigerian coba, seperti Raja Ampat di Papua, Pantai Sanur di Bali, Nusa Lembongan di Bali, Batu Lumpang di Jawa Barat, dan Sungai Asahan di Sumatera Utara.

Nah, itulah 8 cara break the comfort versi EIGER! Eigerian berani coba aktivitas luar ruang yang mana? Untuk melengkapi koleksi outdoor activity pilihan Eigerian, ayo cek selengkapnya di website resmi EIGER!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru