HomeTips & TrickGreen & Healthy12 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya, Simak ya!

12 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya, Simak ya!

Ada beberapa cara membasmi kutu kasur dan telurnya secara sintetis maupun alami. Kutu kasur adalah parasit kecil yang bisa menjadi momok bagi banyak orang.

Organisme ini bersembunyi di tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti lipatan kasur, sofa, dan celah-celah furnitur, sehingga membuatnya sulit untuk ditemukan dan dibasmi.

Lebih buruk lagi, kutu kasur mempunyai siklus hidup yang cepat, memungkinkan mereka untuk berkembang biak dalam jumlah yang besar dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, Eigerian perlu menemukan tanda-tanda adanya kutu kasur di rumah dan mengetahui cara membasminya agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Baca Juga: 12 Contoh Boros Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Cek Yuk!

Mengenal Kutu Kasur

cara membasmi kutu kasur
(Foto ilustrasi kutu kasur. Sumber: Unsplash.com)

Kutu kasur atau Cimex lectularius, adalah spesies kecil dari serangga hematofaga (penghisap darah) yang biasanya ditemukan di tempat tidur atau area lain di sekitar tempat tidur.

Parasit ini biasanya hidup di kasur dan dapat dengan mudah menghisap darah kita selama tidur.

Dilansir dari CDC, kutu kasur menghisap darah manusia sebagai sumber makanannya. Kutu kasur dewasa biasanya berukuran sekitar 5-7 mm dan berwarna coklat atau merah-kecoklatan.

Kutu kasur menggigit manusia dan hewan lain untuk menghisap darah. Gigitannya sering kali tidak terasa, tetapi bisa meninggalkan bekas gigitan berwarna merah dan terasa gatal.

Walaupun kutu kasur dikenal sebagai pengganggu dan bisa menimbulkan gatal-gatal atau ruam pada kulit, parasit ini tidak diketahui menyebarkan penyakit berbahaya.

Namun, gangguan kutu kasur bisa menimbulkan stres dan gangguan tidur. Dalam beberapa kasus, reaksi alergi terhadap gigitan bisa berakibat serius.

Jika Eigerian merasa gatal di area kulit dan muncul ruam atau bintik-bintik kecil kemerahan setelah tidur, hal ini bisa menjadi indikasi keberadaan kutu kasur.

Baca Juga: 12 Jenis Tanaman yang Cocok di Musim Hujan, Tetap Subur!

Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya

Berikut beberapa cara membasmi kutu kasur yang bisa Eigerian coba, simak ya!

1. Jemur Kasur

cara membasmi kutu kasur
(Foto ilustrasi menjemur kasur. Sumber: Unsplash.com)

Cara pertama membasmi kutu kasur adalah dengan menjemur kasur di bawah sinar matahari. Kutu cenderung berkembang biak di area yang lembab, seperti di lipatan kasur.

Menjemur kasur dapat membantu membunuh kutu kasur dan mencegahnya berkembang biak.

Selain menjemur kasur, jangan lupa menjemur bantal, guling, dan selimut agar bebas dari kutu, ya!

2. Steam Cleaning

Penggunaan mesin pembersih uap (steam cleaner) juga dapat membantu membasmi kutu kasur, terutama dalam furnitur dan ranjang.

Uap panas dapat membunuh kutu kasur di semua tahap siklus hidup mereka jika suhunya cukup tinggi. Eigerian bisa mencobanya pada benda lain seperti sofa, bantal, dan selimut.

3. Menaburkan Silica Gel

cara membasmi kutu kasur
(Foto silica gel. Sumber: Freepik.com)

Silica gel bisa Eigerian temukan saat membeli tas atau sepatu baru. Bahan ini ternyata efektif membasmi kutu kasur, lho.

Silica gel pada dasarnya berfungsi mencegah kelembaban yang berlebih. Hal ini dapat mencegah pertumbuhan jamur dan kutu pada kasur, bantal, atau sofa.

Dengan menaburkan silica gel, kita dapat mencegah pertumbuhan kutu kasur yang mengganggu.

Baca Juga: 12 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Harus Dihindari

4. Suhu Dingin

Selain dijemur di bawah sinar matahari, menyimpan selimut kasur ke dalam freezer juga dapat membunuh kutu kasur.

Sebab, parasit kecil ini tidak tahan terhadap suhu dingin. Untuk mencoba cara ini, Eigerian dapat membungkus selimut dengan plastik, kemudian menyimpannya ke dalam freezer selama beberapa hari.

5. Menaburkan Garam

cara membasmi kutu kasur
(Foto garam dapur. Sumber: Freepik.com)

Membuat semprotan air garam ternyata efektif membunuh kutu kasur dan telurnya, lho. Eigerian dapat melarutkan garam dengan air, kemudian masukkan ke dalam botol semprot.

Selanjutnya, kita bisa menyemprotkan air garam ke area yang menjadi sarang kutu kasur secara berkala.

6. Insektisida

Saat ini, sudah tersedia produk insektisida yang dapat membunuh kutu kasur. Eigerian dapat menggunakannya di rumah. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan berhati-hati.

Penggunaan secara berlebih dapat membahayakan kesehatan jika terhirup ke dalam tubuh.

7. Campuran Minyak Tanah dan Kapur Barus

cara membasmi kutu kasur
(Foto kapur barus. Sumber: Mongabay.co.id)

Cara membasmi kutu kasur berikutnya adalah dengan campuran minyak tanah dan kapur barus. Kedua bahan ini dapat dijadikan semprotan yang dapat membasmi kutu.

Gunakan semprotan ini secara berkali dan berhati-hati agar tidak terhirup ke dalam tubuh, ya!

Baca Juga: 12 Manfaat Kelambu, Bisa Cegah Penyakit Malaria!

8. Mencuci dengan Air Panas

Sama seperti menjemur di bawah sinar matahari, mencuci selimut atau sarung bantal dan guling dengan air panas dapat membasmi kutu dan telurnya.

Eigerian dapat mencuci seperti biasa, hanya saja, gunakan air panas saat merendam selimut dan sarung bantal.

9. Semprotan Cuka

cara membasmi kutu kasur
(Foto cairan cuka. Sumber: Freepik.com)

Cuka apel dapat digunakan untuk membasmi kutu kasur. Caranya dengan memasukkan air cuka ke dalam botol semprot.

Dengan cara ini, semprotan cuka dapat membunuh kutu dan telurnya. Eigerian tidak perlu mencampurkan cuka dengan air dan bahan lainnya.

10. Lilin

Selain berguna saat pemadaman listrik, lilin juga dapat membantu mengusir kutu kasur. Caranya, teteskan cairan lilin yang meleleh ke lipatan kasur atau area lain yang kerap ditinggali kutu.

Eigerian dapat meneteskan cairan lilin sesuai kebutuhan. Pastikan Eigerian tetap berhati-hati saat mencoba cara ini, ya!

11. Kulit Durian

cara membasmi kutu kasur
(Foto kulit durian dapat membasmi kutu kasur. Sumber: Freepik.com)

Buah dengan aroma yang sangat menyengat ini ternyata dapat membantu mengatasi kutu kasur. Caranya dengan menempatkan kulit durian di area tempat bersarangnya kutu.

Baca Juga: 12 Sampah Dapur yang Bermanfaat untuk Tanaman dan Cara Mengolahnya

12. Gunakan Minyak Esensial

Cara lain membasmi kutu kasur adalah dengan minyak esensial. Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak esensial tertentu, seperti minyak teh, dapat membantu membasmi kutu kasur.

Demikian cara membasmi kutu kasur yang perlu Eigerian ketahui. Selain membasmi kutu kasur, Eigerian dapat meningkatkan kualitas dan kenyamanan tidur dengan berolahraga secara teratur.

Eigerian bisa menggunakan perlengkapan olahraga dan traveling yang nyaman dari EIGER dengan mengunjungi situs Website EIGER Adventure Official.

Melalui situs resminya, Eigerian dapat menemukan berbagai produk berkualitas dan original dengan pilihan promo yang menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru