HomeTips & TrickMountaineeringHutan Pinus Rahong, Camping Ground Asri dan Indah di Bandung

Hutan Pinus Rahong, Camping Ground Asri dan Indah di Bandung

Hutan Pinus Rahong merupakan salah satu objek wisata alam di Bandung. Tak jauh dari Jakarta, kawasan wisata ini menawarkan suasana alam yang masih asri dan tersembunyi.

Hutan Pinus Rahong dikenal juga sebagai Wanawisata Rahong, terletak di kawasan Pangalengan dengan posisi yang sangat strategis, berada di pinggir jalan raya utama Rahong.

Terdapat enam klaster wisata yang berlokasi di sekitar area ini, yaitu Hutan Pinus Rahong, Datar Pinus, Wisata Alam Singkur, Wisata Kampung Singkur, Bukit Rahong, dan Jembatan Cirahong.

Hutan Pinus Rahong menawarkan udara yang sejuk dan suasana yang menenangkan, sangat cocok menjadi lokasi camping bersama teman atau keluarga.

Selain itu, Hutan Pinus Rahong juga menawarkan berbagai paket wisata menarik, seperti arung jeram, trekking, outbound, camping, downhill, flying fox, off road, dan lain-lain.

Baca Juga: 17 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung, Bisa Jalan Kaki!

Lokasi dan Transportasi ke Hutan Pinus Rahong

hutan pinus rahong
(Foto lokasi Hutan Pinus Rahong. Sumber: EIGER Adventure)

Hutan Pinus Rahong terletak di Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Akses jalan menuju kawasan wisata Hutan Pinus Rahong terbilang mudah.

Eigerian hanya perlu mengikuti jalan utama dari Pangalengan menuju Situ Cileunca. Lokasi Wanawisata Rahong juga tersedia di Google Maps dan bisa diakses menggunakan mobil atau motor.

Jika Eigerian berencana menggunakan mobil dari Jakarta, Eigerian dapat keluar dari Gerbang Tol Buah Batu, lalu belok ke arah persimpangan Ciwidey dan Pangalengan.

Selanjutnya, ambil jalur ke kiri menuju Pangalengan dan terus ikuti jalan sampai tiba di Situ Cileunca.

Tak jauh dari situ, Eigerian akan menemukan jalan masuk ke Wanawisata Rahong, yang berada di sisi kiri jalan.

Baca Juga: 11 Rute Sepeda Bandung yang Cocok untuk Gowes Santai

Harga Tiket Wisata dan Jam Buka

hutan pinus rahong
(Foto aktivitas wisata di Hutan Pinus Rahong. Sumber: EIGER Adventure)

Camping Ground Hutan Pinus Rahong memiliki beberapa cluster seperti yang disebutkan di awal. Setiap cluster memiliki biaya tambahan yang berbeda berdasarkan kelengkapan fasilitasnya.

Secara umum, harga tiket masuk Wanawisata Rahong sebesar Rp5.000 per orang. Selain itu, ada biaya parkir motor sebesar Rp5.000 dan mobil Rp10.000.

Selain tiket masuk, ada tambahan biaya wisata lainnya jika Eigerian ingin mencoba beberapa wahana dan fasilitas wisata berikut:

  • Tiket masuk Camping Ground Legok Reret Rp20.000/orang
  • Tiket masuk Camping Ground Pineus Tilu Rp600.000 (weekday) dan Rp800.000 (weekend)
  • Rafting (maksimal 6 orang): Rp125.000-Rp150.000/orang
  • Paintball (minimal 4 orang): Rp80.000/orang
  • Flying Fox: Rp15.000/orang

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Seperti Luar Negeri, Catat ya!

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata di Hutan Pinus Rahong

hutan pinus rahong
(Foto daya tarik wisata Hutan Pinus Rahong. Sumber: EIGER Adventure)

Ada berbagai daya tarik wisata dan aktivitas menyenangkan yang bisa Eigerian lakukan di Wanawisata Rahong. Berikut deretan keseruannya!

1. Berkemah di Tepi Sungai

Hutan Pinus Rahong memiliki area berkemah yang tak biasa. Selain berada di tengah hutan pinus, di Camping Ground Pineus Tilu, kita juga dapat merasakan sensasi berkemah di tepi sungai.

Aliran sungai yang berasal dari Situ Cileunca ini memiliki debit air yang relatif stabil karena bisa diatur dari pintu air danau, sehingga aman untuk berkemah bersama keluarga.

Di sini, kita juga bisa berkemah sambil menikmati BBQ, bercengkerama di tengah hutan pinus. Dan bersantai di atas hammock.

Pastikan Eigerian membawa jaket hangat karena suhu udaranya yang cukup dingin.

2. Aktivitas Outdoor

Selain berkemah, kita juga bisa mendapatkan pengalaman baru dengan mencoba beberapa aktivitas outdoor yang menyenangkan.

Tersedia berbagai aktivitas outdoor di tempat ini, seperti flying fox, paintball, fun game, dan berbagai spot foto menarik.

Datar Pinus memang dijadikan sebagai area outdoor, dan juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari konser, prewedding, hingga gathering formal atau informal.

Baca Juga: 5 Tempat Healing Di Bandung Paling Nyaman dan Recommended

3. Wisata Alam Singkur

Usai menjajal berbagai aktivitas outdoor, kita bisa bersantai sambil menikmati aneka jajanan di Wisata Alam Singkur.

Area ini berlokasi di tepi Sungai Palayangan dan terdapat sejumlah warung yang berada di pinggir sungai.

Di sini, tersedia berbagai jenis camilan dan minuman hangat. Lokasi ini sering dijadikan tempat istirahat bagi peserta arung jeram.

Bagi Eigerian yang tidak ingin berkemah, terdapat fasilitas penginapan berbentuk kabin di Wisata Alam Singkur dengan pemandangan sungai dan perbukitan.

4. Wisata Kampung Singkur

Selanjutnya adalah Wisata Kampung Singkur yang juga berlokasi di tepi sungai.

Area ini menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas yang lebih beragam, dengan fokus utama pada berbagai pilihan penginapan untuk glamping di pinggir sungai.

Kita juga dapat mencoba berbagai aktivitas lainnya seperti rafting dan tubing, offroad, hingga paintball.

Baca Juga: 12 Tempat Camping di Pangalengan, Dijamin Bikin Betah!

5. Bukit Rahong

Terakhir, terdapat area wisata Bukit Rahong yang biasanya dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Di sini terdapat beberapa instalasi yang dirancang semenarik mungkin sebagai lokasi foto.

Beberapa objek foto dibuat dari bambu atau kayu, sehingga memberikan kesan yang sejuk dan asri.

Selain untuk berfoto, banyak juga yang memanfaatkan area ini untuk mengadakan acara kecil, seperti reuni sekolah atau arisan.

Demikian informasi seputar Wanawisata Rahong yang cocok dijadikan sebagai area berkemah.

Jika Eigerian ingin berkemah dengan membawa perlengkapan sendiri, pastikan Eigerian sudah menyiapkan perlengkapan camping yang lengkap dan memadai.

Eigerian dapat menemukan dan membeli perlengkapan camping seperti tenda, sleeping bag, matras, kompor outdoor, nesting, lampu tenda, dan peralatan lain melalui situs Website EIGER Adventure Official.

Dengan berbelanja melalui situs resmi EIGER, kita berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik, gratis ongkir, dan jaminan produk original.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru