HomeTips & TrickMountaineering7 Cara Membuat Api Saat Hujan untuk Menghangatkan Badan

7 Cara Membuat Api Saat Hujan untuk Menghangatkan Badan

Hujan sepanjang hari saat pendakian tentu merupakan situasi yang kurang menyenangkan karena sebagian besar perlengkapan yang dibawa basah terkena air. Salah satu cara tercepat mengatasinya adalah dengan mengeringkannya di dekat api. Namun kamu harus menghadapi tantangan menyalakan api karena kondisi tanah dan kayu bakar yang basah. Tenang saja, hampir selalu ada cara membuat api saat hujan dengan menerapkan trik-trik berikut ini.

Jangan biarkan hujan menghentikan langkahmu untuk bertualang di alam bebas. Coba lakukan beberapa cara membuat api saat hujan di bawah ini agar kamu tetap hangat selama berkemah di gunung!

Tips Cara Membuat Api saat Hujan di Alam Bebas

1. Cari Lokasi Api Unggun yang Aman

Saat hujan atau cuaca sedang tidak bersahabat di gunung, carilah lokasi yang tepat untuk membuat api. Jika memungkinkan, carilah tempat di bawah pohon yang lebat. 

Cabang-cabang pohon dapat menciptakan semacam atap alami yang melindungi dari air hujan. Namun harus diingat untuk menjaga jarak aman dari dahan pohon agar api tidak meluas. 

Jika tidak menemukan cabang pohon yang rimbun, bisa gunakan flysheet untuk melindungi area sekitar api unggun dari terpaan air hujan dan angin.

2. Persiapkan dan Lindungi Lubang Api (Fire Pit)

Setelah dapat lokasi yang aman, cara membuat api saat hujan agar berhasil berikutnya dengan mempersiapkan lubang api. Singkirkan semua daun basah dan pastikan kamu memiliki cukup bahan kayu bakar kering sebelum menyalakan api.

Untuk melindungi lubang api, buatlah semacam penahan angin di sekeliling api jika memungkinkan. Kamu juga bisa menggali lubang kecil di sekitarnya untuk melindungi api dari hujan dan angin.

3. Temukan Kayu Kering dan Kikis Bagian Kayu Bakar yang Basah

Terapkan strategi mencari kayu bakar yang kering di lingkungan yang basah dan lembap karena hujan. Carilah dahan mati yang masih bergelantungan di pohon, bukan yang berserakan di tanah. Atau batang pohon mati yang masih berdiri tegak karena bagian dalamnya tetap kering. 

Batang kayu basah yang kamu temukan di sekitar tempat camping juga tetap bisa kamu manfaatkan untuk membuat api unggun. Caranya dengan mengikis kulit batang yang basah dengan menggunakan pisau outdoor yang tajam untuk mendapatkan bagian yang kering sehingga bisa menjadi bahan bakar api. 

4. Susun Kayu Bakar di Lubang Api 

Setelah lubang api telah siap, letakkan kayu bakar kering yang sudah kamu kumpulkan di lubang api dan siap dinyalakan. Susun kayu bakar dengan baik dan potongan kayu bakar yang besar diletakkan di bagian paling luar. Bagian tengah api harus agak terbuka agar udara dapat mengalir. 

5. Bawalah Alat Pemantik Api (Fire Starter) untuk Menyalakan Api

Jika perkiraan cuaca tampak tidak pasti, pastikan kamu selalu membawa alat pemantik api atau fire starter ke dalam ransel saat kegiatan hiking. Alat ini sangat berguna sebagai cara membuat api saat hujan dengan baik.

6. Tetap Bersabar dalam Proses Membuat Api

Membuat api di tengah hujan sangat membutuhkan kesabaran dan waktu yang lebih. Bersabarlah dan berikan waktu yang cukup agar api bisa menyala. Saat api sudah menyala dengan baik, tambahkan lebih banyak kayu bakar atau ranting pohon secara bertahap sesuai kebutuhan.

7. Jangan Lupakan Tips Keamanan Membuat Api saat Hujan

Membuat api di tengah kondisi hujan adalah skill yang berguna untuk survival. Namun dalam proses menyalakan api, keselamatan selalu menjadi prioritas utama, antara lain:

  • Jangan pernah menggunakan bensin atau cairan berbahaya lainnya untuk menyalakan api.
  • Perhatikan kondisi cuaca dan perkirakan arah angin yang bisa menyulut atau memadamkan api.
  • Tetap mematuhi dan menghormati peraturan alam.
  • Selalu pastikan api menyala dalam kondisi terkendali.
  • Siapkan air atau pasir di dekat area api unggun untuk mengantisipasi api melebar karena bisa dipadamkan dengan cepat. 
  • Jangan lupa untuk mematikan api sebelum meninggalkan lokasi.

Rekomendasi Peralatan Outdoor untuk Membuat Api dari EIGER

Gunakan pisau outdoor Eiger Ning Knife 3941, pisau yang sangat berguna dibawa saat berkegiatan di luar ruangan maupun untuk pemakaian sehari-hari.

Jenis pisau lipat dengan bilahnya yang lurus ini terbuat dari material stainless steel berkualitas yang cukup tajam dan bermanfaat untuk memasak hingga memotong kayu.

Fire starter atau pemantik api wajib Eigerian bawa di setiap kegiatan outdoor untuk menyalakan api hingga berkali-kali. Coghlans magnesium fire starter sangat nyaman, praktis, dan mudah digunakan untuk menyalakan api unggun di alam bebas. Cara pakainya mudah, dengan kikis alat ini dengan pisau untuk menghasilkan serpihan percikan api hingga 5400F (2982derajat C). 

Baca juga: Cara Menghangatkan Badan Secara Alami Saat Mendaki

Menyalakan api dalam kondisi hujan di alam terbuka mungkin tampak sulit. Namun dengan pengetahuan, teknik, dan persiapan yang tepat, masalah ini bisa teratasi dengan baik. 

Temukan berbagai produk Eiger Mountaineering Activity untuk mendukung aktivitas kemah saat hujan di alam bebas semakin aman dan nyaman! Mulai dari tenda, jaket, sepatu, topi, kacamata, blanket, pakaian pria dan wanita, backpack, dan masih banyak lagi.

Yuk langsung dapatkan jaminan produk original dari bahan berkualitas di website Eiger Adventure Official sekarang juga. Lengkapi perlengkapan camping-mu sekarang juga dengan harga penawaran spesial, banyak pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih, dan gratis ongkir seluruh Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru