HomeTips & TrickMountaineering7 Larangan saat Mendaki Gunung, Eigerian Harus Aware!

7 Larangan saat Mendaki Gunung, Eigerian Harus Aware!

Aktivitas naik gunung sejak lama memang telah banyak digemari para pendaki, baik itu yang masih pemula maupun pro. Bukan tanpa alasan, banyak orang gemar mendaki gunung karena ingin menjelajah alam bebas, menikmati sunrise, hingga bentuk mencintai alam. Tak hanya persiapan soal fisik, mental, dan perlengkapan mountaineering saja, pendaki juga wajib mengetahui larangan saat mendaki gunung. 

Selayaknya tamu yang berkunjung, pendaki harus mematuhi aturan-aturan pendakian yang berlaku. Beberapa alasan terdapat larangan saat mendaki gunung seperti menjaga “kesucian” gunung yang dianggap sakral oleh masyarakat lokal, mengurangi risiko selama pendakian, serta melestarikan lingkungan dan satwa liar.

Kami merangkum hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung untuk menjaga keamanan dan kenyamanan sesama pendaki dan lingkungan. 

Catat Daftar Larangan saat Mendaki Gunung

Terdapat berbagai aturan tertulis maupun tidak tertulis yang sepantasnya harus ditaati dan dihormati oleh para pendaki. Pada prinsipnya, pendaki harus menjaga sikap, etika, dan tindakan selama mendaki. 

Ada himbauan penting yang harus diperhatikan pendaki, yaitu dilarang mengambil apapun kecuali foto, dilarang meninggalkan apapun kecuali jejak, dan satu lagi, dilarang membunuh apapun kecuali waktu. 

Agar Eigerian bisa taat aturan selama menjelajah alam, simak satu per satu aturan dan larangan saat mendaki gunung.

1. Dilarang Mengotori Gunung dan Membuang Sampah Sembarangan

Etika paling utama yang harus diterapkan oleh siapapun yang mendaki gunung adalah menjaga lingkungan alam dan kebersihan gunung. Jangan sedikitpun kamu mengotori gunung dan membuang sampah sembarangan selama pendakian. 

Tentunya selain karena kotor dan sulit terurai, sampah akan merusak lingkungan dan membuat gunung tak lagi asri. Dengan penuh kesadaran, maka bawa sampahmu turun dari gunung dan jangan tinggalkan sampah sekecil apapun di gunung.

Selalu ingat, di mana pun berada, menjaga alam menjadi tanggung jawab kita bersama demi kelestarian lingkungan. 

2. Dilarang Memotong Jalur Pendakian

Demi keselamatan jiwa, jangan sekali-kali memotong jalur pendakian atau membuat jalur baru. Biasanya larangan ini diabaikan karena pendaki ingin coba-coba atau mencari jalan pintas. Maka ikutilah jalur pendakian atau rute yang tersedia. Kamu bisa saja tersesat saat memotong jalur atau melewati medan yang berbahaya. 

Sumber: Eiger Adventure

3. Jangan Ganggu Habitat Satwa dan Flora di Gunung

Larang saat mendaki berikutnya adalah mengganggu habitat alami satwa dan flora di gunung. Sebab tujuan pendaki mendaki adalah untuk menjelajahi habitat alami dan menikmati indahnya pemandangan alam, sehingga dilarang keras untuk merusaknya dengan cara apapun

Sebagian gunung di Indonesia juga berada di kawasan konservasi dan hutan lindung. Jadi, aksi merusak dan mencelakai satwa yang hidup di habitat aslinya bisa diganjar dengan hukuman perundang-undangan.

4. Stop Vandalisme di Gunung!

Mungkin kita sering mendengar ada oknum tak bertanggung jawab yang suka melakukan tindakan vandalisme di gunung. Contohnya seperti mencoret-coret batu alam dan papan petunjuk di jalur pendakian, dengan nama atau kata-kata lainnya. 

Tak hanya aksi corat-coret saja, bahkan oknum nakal malah merusak fasilitas di gunung bahkan mengubah tata letak papan petunjuk arah. Tentu tindakan tidak terpuji ini merusak kelestarian alam dan sangat membahayakan pendaki lain karena berisiko tersesat. 

Selain kamu menghindari perbuatan vandalisme ini, jangan sungkan untuk menegur orang-orang yang bertindak vandalisme saat menemui di jalur pendakian.

5. Jangan Mengotori Sumber Air di Pegunungan

Lagi-lagi soal etika dan nilai kebersihan lingkungan yang harus dijunjung saat mendaki gunung. Jagalah kebersihan sumber air yang ada di sepanjang jalur pendakian yang kamu lalui. Lantaran sumber air pegunungan sangat berharga bagi para pendaki, seperti untuk keperluan untuk minum dan memasak. 

Semua pendaki gunung wajib saling menjaga kebersihan sumber air yang tersedia di jalur pendakian. Jangan coba-coba iseng untuk mengotori sumber air yang akhirnya akan merugikan pendaki lain yang sangat membutuhkan air.

6. Tidak Asal Menyalakan Api Unggun

Sumber: Eiger Adventure

Pastikan saat akan menyalakan api unggun, kamu benar-benar membutuhkannya. Biasanya api unggun digunakan untuk menghangatkan tubuh saat suhu dingin atau mengusir hewan buas. Untuk keperluan memasak, sebaiknya gunakan kompor gunung yang portable dan mudah dibawa. 

Pilih lokasi api unggun yang aman dan pastikan api yang dinyalakan tidak merembet terkena tanaman kering yang mudah terbakar. Setelah selesai digunakan, jangan lupa untuk memadamkan api unggun sebelum meninggalkan lokasi. 

7. Tidak Buang Air Sembarangan di Gunung

Selama pendakian tentunya kebutuhan membuat hajat ‘buang air’ tidak dapat dihindari oleh setiap pendaki. Nah, sebelum melakukannya, kamu harus tahu larangan buang air sembarangan di gunung. Tujuannya pastinya untuk menjaga kelestarian alam, kebersihan diri, dan tidak mengganggu pendaki lain.

Jika ingin buang air, carilah lokasi yang jauh dari jalur pendakian, jauh dari camping area, serta jauh dari sumber mata air. Gunakan teknik gali lubang tutup lubang saat buang air supaya tidak mengganggu pendaki lain. 

Pastikan juga lokasi yang dipilih untuk buang air jauh dari aliran air dan aman dari binatang buas. Bawa juga air, lap, atau tisu basah (sebagian gunung melarang penggunaan tisu basah), untuk membersihkan diri.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum dan Setelah Mendaki Gunung

Mendaki Lebih Aman dan Nyaman Pakai Produk EIGER

Daftar larangan saat mendaki gunung di atas perlu diperhatikan oleh setiap pendaki baik yang masih pemula maupun pro. Sebab tujuan larangan tersebut diterapkan semata untuk membuat pendakian jadi lebih aman, minim risiko, serta tidak merusak alam dan mengganggu kenyamanan pendaki lain. 

Di samping mematuhi himbauan petugas dan larangan saat mendaki gunung, kamu wajib menyiapkan perlengkapan mountaineering jauh-jauh hari sebelum pendakian. Mulai dari tas gunung, jaket waterproof, sepatu gunung. tenda, trekking pole, alat masak, sleeping bag, dan lainnya agar pendakianmu semakin nyaman.

Eiger Adventure Official menyediakan berbagai perlengkapan outdoor dengan jaminan produk original, komplit, dan pastinya high quality. Proses belanja mudah dengan berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih, dari bank transfer, paylater, hingga COD.

Belanja online langsung dari website resmi EIGER Adventure Official berkesempatan mendapatkan promo menarik dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Yuk, checkout barang yang kamu butuhkan sekarang juga!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru