HomeTips & TrickMountaineering4 Tips Cari Teman Mendaki Gunung untuk Pemula

4 Tips Cari Teman Mendaki Gunung untuk Pemula

Pendakian pertama selalu jadi pengalaman yang menantang dan seru. Namun demikian kegiatan ini termasuk salah satu hal yang ekstrim dan punya risiko tinggi. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk Eigerian mencoba cari teman mendaki gunung yang lebih pengalaman, jadi persiapan yang dilakukan dan perjalanan bisa dilakukan secara lancar.

Mungkin sekarang dengan banyaknya media sosial dan komunitas yang ada di dalamnya akan jauh memudahkan Eigerian untuk mendapatkan teman. Tapi untuk tetap menjamin keselamatan Eigerian tanpa mendiskreditkan pihak manapun, beberapa tips dan cara berikut bisa dipakai supaya mendapat partner naik gunung yang tepat, aman, dan bisa memberikan pengalaman terbaik.

Baca Juga: Cara Melipat Tenda yang Benar dan Menyimpannya dalam Carrier

Ini Cara Cari Teman Mendaki Gunung yang Ideal

Cari Teman Mendaki Gunung
Sumber: freepik.com

Beberapa cara dan poin ini bisa kamu pakai untuk mencari teman mendaki gunung dari media sosial. Tentu saja, tetap waspada dan selektif dalam memilih partner pendakian jadi hal yang wajib, untuk menghindari risiko hal yang tidak diinginkan saat pendakian.

1. Coba Masuk Komunitas

Komunitas pendaki gunung jumlahnya tidak sedikit, dan cukup mudah ditemukan. Hanya dengan memasukkan kata komunitas dan nama gunung saja, kamu akan mendapat hasil yang cukup banyak dan opsi yang luas.

Tapi ingat, sebelum masuk ke komunitas tersebut, lakukan juga desk research kecil untuk melihat asal-usul komunitas, kegiatan, testimoni orang-orang yang pernah join di sana, dan siapa penanggung jawab dan bagaimana interaksi yang terjadi di dalam komunitas tersebut.

Jika dirasa cukup terang dan semua jelas, maka kamu bisa mencoba mendaftarkan diri dan mencari circle baru dari komunitas ini.

2. Berbagi Kontak dengan Teman Mendaki

Setelah masuk dan mengajukan diri untuk cari teman mendaki gunung, jangan ragu bertukar kontak untuk keperluan pendakian. Saling mengikuti akun media sosial, kemudian melihat rekam jejak orang-orang yang akan jadi teman pendakian, jadi hal dasar yang wajib dilakukan.

Dengan begini Eigerian bisa lebih mengenal orang yang akan menemani waktu pendakian, atau bahkan grup yang akan berangkat bersama. Rasa tenang dan kepercayaan bisa mulai ditanam dan dimunculkan dari sini.

3. Jangan Tergesa-Gesa

Karena perlu waktu yang cukup lama untuk mencari orang yang sama sekali baru dalam pendakian pertamamu, maka sebaiknya rencanakan jauh-jauh hari. Jangan tergesa-gesa, dan pastikan kamu menemukan orang-orang yang tepat untuk menemani pendakian pertamamu.

Dengan waktu yang cukup, kamu bisa mengenal orang-orang ini, kamu bisa mengetahui interaksi dan komunikasinya sehingga bisa beradaptasi, agar perjalanan yang dilakukan bisa lebih nyaman dan persiapan yang dilakukan bisa maksimal.

4. Ajak Orang yang Dikenal

Sebenarnya akan lebih baik jika saat kamu cari teman mendaki gunung kamu bisa mengajak orang yang kamu kenal sejak lama dan memiliki pengalaman. Jika tidak, kamu bisa mengajak temanmu untuk melakukan pengalaman baru ini bersama-sama, agar paling tidak kamu punya seseorang yang kamu kenal dan percaya.

Sebaiknya hindari mendaki gunung berdua dengan orang yang sama sekali baru untuk meminimalisir risiko pada hal yang tidak diinginkan. Tentu niat semua orang dalam pendakian idealnya baik, tapi tetap saja mencegah lebih baik dari pada harus berhadapan dengan situasi yang tidak diinginkan bukan?

Manfaat Mendaki Bersama Teman atau Komunitas

Cari Teman Mendaki Gunung
Sumber: freepik.com

Untuk pendakian pertama sangat disarankan dilakukan bersama dengan orang yang berpengalaman. Bahkan pada pendakian berkitnya, berkelompok bisa membawa beberapa manfaat yang sangat bagus untuk Eigerian, baik untuk diri sendiri atau untuk kegiatan pendakian yang dilakukan.

Beberapa manfaat pendakian bersama teman antara lain adalah sebagai berikut.

  • Teman baru dengan kedekatan yang lebih baik, pendakian selalu menunjukkan karakter asli seseorang. Jadi ketika kamu mendapat teman baru untuk mendaki, maka bisa jadi kamu dapat teman untuk jangka panjang
  • Membagi barang bawaan agar lebih ringan
  • Memberikan bantuan dalam berbagai kondisi, mulai dari menekan ego agar perjalanan lebih menyenangkan, dan mengurangi gesekan argumen yang bisa membuat perjalanan tidak nyaman
  • Pendakian gunung selalu membawa manfaat baik untuk kesehatan, karena gerakan fisik dan penggunaan otot yang intens
  • Manfaat kesehatan untuk diri sendiri, baik kesehatan fisik atau kesehatan mental
  • Memiliki teman berbagi pengalaman baru, teman belajar, dan teman melakukan aktivitas yang menyenangkan
  • Saling menyimpan kontak darurat untuk berjaga-jaga

Sudah Siap Mendaki Gunung? Mulai Lirik Produk Eiger Adventure!

Sebenarnya semua perlengkapan pendakian bisa kamu temukan dengan mudah di situs resmi Eiger Adventure. Misalnya beberapa gear berikut ini, yang esensial dibawa untuk pendakian.

1. Sea to Summit 70D Tarp Poncho

Cari Teman Mendaki Gunung
Sumber: Eiger Adventure

Produk ini bisa digunakan tidak hanya untuk melindungi tubuh Eigerian dari hujan, tapi juga menutup sebagian besar carrier yang Eigerian bawa. Memang ukurannya agak besar, tapi perlindungan optimal bisa didapatkan dengan memakainya saat hujan. Produk ini sendiri masih belum tersedia kembali, dan dalam waktu dekat segera di-restock.

2. Eiger X-Mens Camp Explore Pants

Cari Teman Mendaki Gunung
Sumber: Eiger Adventure

Dengan celana panjang berbahan tangguh ini, kamu akan mendapatkan kenyamanan saat mendaki atau beraktivitas di area camp. Harganya ada di angka Rp440,100, dan bisa didapatkan hingga ukuran 40.

3. Eiger Stromble Padded Jacket 1.0

Cari Teman Mendaki Gunung
Sumber: Eiger Adventure

Untuk jaket, kamu bisa menggunakan produk ini. Dengan pad yang disematkan di produknya, kehangatan akan didapatkan saat kamu mendaki gunung yang semakin tinggi semakin dingin. Jaket keren ini bisa didapatkan di harga Rp683,100 saja.

Baca Juga: Kenali 12 Ciri Ciri Kekurangan Oksigen saat Mendaki Gunung 

Tentu masih banyak lagi produk Eiger Adventure yang bisa kamu dapatkan di situs resminya secara langsung. Jadi sambil kamu cari teman mendaki gunung, kamu juga bisa browsing pada perlengkapan pendakian pribadi yang wajib dibawa. Pastikan selalu berbelanja di situs resmi Eiger Adventure untuk mendapatkan harga terbaik pada produknya, gratis ongkir, opsi pembayaran yang beragam, dan tentunya jaminan produk ori. Selamat merencanakan pendakian pertamamu, dan semoga lancar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru