HomeTips & TrickMountaineering4 Cara Membuat Api Unggun yang Aman dan Tidak Mudah Padam

4 Cara Membuat Api Unggun yang Aman dan Tidak Mudah Padam

Eigerian punya rencana untuk hiking dan bermalam di gunung dalam waktu dekat ini? Selain mempersiapkan perlengkapan mendaki dan camping yang dibutuhkan, satu hal yang perlu dikuasai banyak pendaki adalah cara membuat api unggun ketika bermalam di alam terbuka. Api unggun memiliki manfaat untuk menghangatkan suhu sekitar, menghindarkan diri dari serangan hewan buas, hingga digunakan untuk memasak makanan saat camping.

Ingat, membuat api unggun tidak boleh sembarangan dilakukan, apalagi jika sedang musim kemarau, maka risiko kebakaran hutan bisa saja terjadi. Cara membuat api unggun tidak sekadar menyalakan api di tumpukan kayu bakar saja, namun ada beberapa panduan langkah demi langkah yang perlu diikuti. 

Pada artikel ini akan dipaparkan panduan cara membuat api unggun dengan aman dan tidak mudah padam saat berkemah di hutan, gunung, dan alam terbuka lainnya.  

Cara Tepat Membuat Api Unggun yang Aman 

1. Pilih Lokasi Api Unggun yang Tepat

Sebelum menentukan lokasi yang tepat untuk menyalakan api unggun, pastikan di tempat kamu bermalam, tidak ada larangan untuk menyalakan api unggun. Jika semua aman, cobalah menemukan titik lokasi bekas api unggun yang sudah ada sebelumnya. Kalau spot bekas api unggun tidak kamu temukan, buatlah lubang di tanah untuk menyalakan api. 

Pilih lokasi api unggun yang berjarak setidaknya lima meter dari tenda dan pepohonan untuk keamanan. Cara membuat spot api unggun cukup mudah dengan menggali lubang sedalam 10 cm dan buatlah pembatas batu-batu besar yang mengelilingi lubang untuk mencegah api menyebar. 

2. Kumpulkan Sumbu Kering dan Kayu Bakar

Tentunya Eigerian membutuhkan bahan bakar berupa sumbu kering dan kayu bakar untuk menyalakan api. Jelajahi area sekitar tempatmu berkemah untuk mencari rumput kering, ranting-ranting kecil, dan potongan kayu bakar yang berserakan dengan ukuran pergelangan tangan. 

Setelah bahan bakar dirasa cukup, tumpuk semua bahan bakar di atas lubang api unggun yang sudah dibuat. Agar lebih cepat, Eigerian bisa membagi tugas dengan teman-teman satu grup, siapa yang membuat lubang api dan siapa yang bertugas mencari kayu bakar di sekeliling area camping.

3. Mulai Menyalakan Api Unggun

Ada banyak cara membuat api unggun yang tidak mudah padam. Pada dasarnya, semua bahan bakar api unggun yang mudah terbakar, ditumpuk di tengah-tengah agar api yang dihasilkan tidak menyebar. Kemudian nyalakan api dengan korek api atau pemantik api lainnya agar api menyala lebih cepat. 

Begitu terdengar api berderak, tambahkan lebih banyak kayu bakar secara bertahap, dimulai dari potongan yang kecil. Nah, sekarang api unggun sudah menyala sempurna dan bisa Eigerian manfaatkan untuk menghangatkan diri di malam hari yang dingin saat berkemah. 

4. Matikan Api Unggun Sebelum Meninggalkan Lokasi

Waktu untuk memadamkan api unggun secara total hanya sekitar 20 menit. Jika api belum padam, tuangkan air ke di atas perapian. Caranya untuk memadamkan api pertama dengan mengambil sebatang tongkat panjang dan aduk bara api yang masih tersisa. 

Gali semua bara api yang masih menyala kemudian tuangkan air ke atasnya untuk memadamkan api unggun yang tersisa. Setelah api padam sepenuhnya, tutup bekas api unggun dengan daun.

Rekomendasi Perlengkapan Mountaineering dari Eiger untuk Berkemah

1. Coghlans Magnesium Fire Starter

cara membuat api unggun
eigeradventure.com

Fire starter atau pemantik api wajib Eigerian bawa di setiap kegiatan outdoor untuk menyalakan api hingga berkali-kali. Coghlans magnesium fire starter sangat nyaman, praktis, dan mudah digunakan untuk menyalakan api unggun di alam bebas. Cara pakainya mudah, dengan kikis alat ini dengan pisau untuk menghasilkan serpihan percikan api hingga 5400F (2982derajat C). 

2. Eiger Inferno Stove

cara membuat api unggun
eigeradventure.com

Selain membuat api unggun untuk menghangatkan badan, Eigerian juga bisa membawa Inferno Stove satu ini. Alat kompor yang ringan dan praktis ini sangat membantu kamu untuk memanaskan air untuk membuat kopi dan memasak saat sedang camping. Dibuat dari material high strength stainless steel yang membuat kompor ini tahan digunakan di alam terbuka.

Nah, kini Eigerian sudah memahami panduan cara membuat api unggun yang aman dan apinya tidak mudah padam saat berkemah di alam terbuka. Dengan mengetahui bahan-bahan dan panduan membuatnya, setidaknya Eigerian tidak lagi kebingungan saat akan membuat api unggun.

Jika Eigerian memiliki rencana untuk naik gunung, atau berkemah di alam terbuka bersama teman-teman, pastikan semua perlengkapan Mountaineering sudah kamu miliki dari Eiger Adventure! Produk lengkap dan terpercaya, kamu bisa berbelanja online dari rumah untuk mendapatkan perlengkapan pendakian yang kamu butuhkan. Dapatkan produk-produk terbaik Eiger yang selalu menawarkan harga promo menarik dengan kualitas yang keren abis! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru