HomeTips & TrickGreen & Healthy12 Cara Mengusir Kecoa yang Ampuh dan Anti Ribet

12 Cara Mengusir Kecoa yang Ampuh dan Anti Ribet

Ada berbagai cara mengusir kecoa dari rumah. Kecoa seringkali menjadi salah satu hama rumah yang mengganggu. Keberadaannya dapat mengancam kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Melansir dari Healthline, kecoa membawa bakteri salmonella yang berbahaya jika mengkontaminasi makanan.

Serangga kecil ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti disentri, kolera, dan demam tifoid.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa langkah efektif yang dapat Eigerian lakukan untuk mengatasi masalah kecoa di rumah.

Baca Juga: 12 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya, Simak ya!

Cara Mengusir Kecoa dari Rumah

Berikut kumpulan cara mengusir kecoa yang bisa Eigerian coba.

1. Bersihkan Sisa-Sisa Makanan

cara mengusir kecoa
(Foto sisa makanan. Sumber: Freepik.com)

Membersihkan sisa makanan merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengusir kecoa dari rumah. Kecoa umumnya tertarik pada sisa makanan dan tumpahan minuman yang ada di rumah.

Dengan menjaga kebersihan dapur dan area makan, serta membersihkan sisa-sisa makanan dengan segera, kita dapat mencegah kecoa berkembang biak dan bersarang di rumah.

2. Bersihkan Barang-Barang Tak Terpakai

Membersihkan barang-barang tak terpakai di rumah juga dapat menjadi langkah efektif dalam mengusir kecoa. Kecoa cenderung menyukai tempat-tempat yang gelap dan tersembunyi, termasuk di antara barang-barang yang jarang digunakan.

Dengan membersihkan barang-barang tak terpakai, Eigerian dapat mengurangi tempat persembunyian kecoa. Misalnya, kotak penyimpanan, peralatan elektronik yang rusak, atau tumpukan kardus.

Baca Juga: 12 Jenis Tanaman yang Cocok di Musim Hujan, Tetap Subur!

3. Hindari Tempat-Tempat Lembab di Rumah

cara mengusir kecoa
(Foto tempat lembab di rumah. Sumber: Freepik.com)

Membersihkan tempat-tempat lembab di rumah merupakan langkah penting dalam mengusir kecoa. Kecoa cenderung menyukai tempat-tempat yang lembab, seperti dapur, kamar mandi, atau area yang dekat dengan pipa air.

Dengan mengurangi tempat yang lembab dan gelap di rumah, Eigerian dapat mencegah kecoa bersarang dan berkembang biak.

4. Rajin Membuang Sampah Sisa Makanan

Kecoa sangat tertarik pada sisa-sisa makanan di tempat sampah, karena merupakan sumber makanannya. Dengan membuang sampah dapur secara teratur, kita dapat mengurangi sumber makanan yang menarik bagi kecoa.

Pastikan untuk menggunakan kantong sampah yang tahan bau dan rapat, serta mengikatnya dengan baik sebelum membuangnya.

5. Menutup Lubang atau Celah-Celah di Rumah

cara mengusir kecoa
(Foto celah pintu rumah. Sumber: Freepik.com)

Kehadiran kecoa di rumah bisa jadi berasal dari lingkungan sekitar. Kecoa bisa masuk ke dalam rumah melalui lubang air, celah pintu, atau area sempit lain.

Dengan meminimalisir celah yang ada di rumah, Eigerian dapat mencegah kehadiran serangga kecil ini.

Baca Juga: 12 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Harus Dihindari

6. Gunakan Daun Salam

Daun salam mengandung senyawa alami yang memiliki efek pengusir serangga, termasuk kecoa. Aroma yang dihasilkan oleh daun salam diketahui tidak disukai oleh kecoa.

Eigerian dapat menempatkan daun salam segar atau kering di area yang sering dilalui kecoa. Selain itu, Eigerian juga dapat menumbuk daun salam dan merendamnya dengan air panas.

Air rendaman itu bisa dijadikan sebagai semprotan kecoa.

7. Gunakan Perangkap Soda Kue

cara mengusir kecoa
(Foto baking soda. Sumber: Freepik.com)

Soda kue mengandung gas yang dapat membunuh kecoa. Bahan ini bisa dimanfaatkan dengan cara menaburkan soda kue di atas sisa makanan.

Kemudian, tempatkan di lokasi yang sering dilalui kecoa atau di tempat persembunyiannya. Dalam beberapa saat, Eigerian akan mendapati beberapa kecoa yang mati.

8. Manfaatkan Aroma Bawang Putih

Aroma bawang putih rupanya tidak disukai kecoa. Eigerian dapat mengiris beberapa siung bawang putih atau menghancurkannya.

Taburkan bawang putih tersebut di lokasi yang sering dilalui kecoa. Perlu diingat bahwa bawang putih hanya bersifat pengusir dan tidak secara langsung membunuh kecoa. Namun, kecoa akan cenderung menghindari area yang mengeluarkan aroma bawang putih.

Baca Juga: 12 Manfaat Kelambu, Bisa Cegah Penyakit Malaria!

9. Semprotkan Minyak Atsiri

cara mengusir kecoa
(Foto minyak atsiri. Sumber: Freepik.com)

Minyak atsiri dapat digunakan sebagai pengusir kecoa. Minyak atsiri adalah minyak yang diambil dari berbagai bagian tumbuhan seperti daun, bunga, atau kulit kayu, yang memiliki aroma yang kuat.

Beberapa jenis minyak atsiri, seperti minyak cengkeh, minyak peppermint, atau minyak kayu putih, memiliki sifat pengusir alami terhadap kecoa.

10. Taburkan Ampas Kopi

Tahukah Eigerian? Ampas kopi rupanya dapat membantu mengusir kecoa. Sebab, aroma dan kandungan asam di dalamnya tidak disukai serangga kecil ini.

Eigerian dapat mengeringkan ampas kopi lalu menaburkannya di sudut-sudut ruangan, di dalam lemari, maupun di bawah meja makan.

11. Larutan Cuka

cara mengusir kecoa
(Foto larutan cuka. Sumber: Freepik.com)

Kecoa juga tidak menyukai bau asam yang dihasilkan cuka. Eigerian dapat menggunakan campuran cuka dan air dan menyemprotkannya ke area tertentu.

Misalnya, disemprotkan di sekitar tempat sampah, di area dapur, di tempat lembab, atau di sudut-sudut ruangan.

Eigerian dapat mengulangi penggunaan cuka untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga: 12 Sampah Dapur yang Bermanfaat untuk Tanaman dan Cara Mengolahnya

12. Cairan Obat Kumur

Cairan obat kumur mungkin dapat membantu mengusir kecoa dari area tertentu di rumah. Obat kumur umumnya mengandung bahan-bahan yang memiliki sifat pengusir serangga, seperti minyak eukaliptus, minyak peppermint, atau minyak pohon teh.

Kecoa cenderung tidak menyukai aroma yang kuat dan menyengat dari bahan-bahan tersebut.

Untuk menggunakan cairan obat kumur sebagai pengusir kecoa, Eigerian dapat mencampurkan beberapa tetes obat kumur dengan air dalam botol semprot.

Semprotkan campuran tersebut ke area yang sering terlihat kecoa, seperti celah-celah dinding, sela-sela pintu atau jendela, atau di sekitar tempat-tempat makanan.

Selain menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, Eigerian juga perlu menjaga kesehatan diri untuk melindungi diri dari berbagai masalah kesehatan. Terutama masalah kesehatan yang muncul akibat kehadiran kecoa.

Untuk itu, Eigerian dapat memulai pola hidup sehat dengan membiasakan diri berolahraga secara teratur.

Agar dapat mendukung kenyamanan selama berolahraga, Eigerian perlu menggunakan perlengkapan dan pakaian yang nyaman dari EIGER.

Melalui situs Website EIGER Adventure Official, kita bisa menemukan berbagai produk perlengkapan olahraga seperti jogging, bersepeda, hiking, hingga trail running.

Tersedia berbagai promo menarik dan jaminan produk original hanya untuk Eigerian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru