HomeTips & TrickMountaineering6 Fakta Menarik Bandana Multifungsi yang Jarang Diketahui Pendaki Perempuan, Apa Saja?

6 Fakta Menarik Bandana Multifungsi yang Jarang Diketahui Pendaki Perempuan, Apa Saja?

Eigerian pendaki perempuan, ada yang suka  memakai bandana multifungsi saat mendaki gunung? bandana multifungsi mempunyai banyak fakta menarik, lho Eigerian.

Menurut KBBI, bandana adalah benda pipih melengkung (setengah lingkaran) terbuat dari plastik dan sebagainya untuk mengatur rambut bagian depan (terutama pada anak perempuan). Konon, bandana berasal dari India, yaitu “bandhani”. 

“Bandhani” artinya teknik pewarnaan yang sudah lama digunakan oleh produsen tekstil di India. Kemudian, pada masa Perang Dunia II, bandana menjadi pengikat rambut yang populer bagi para pekerja perempuan saat itu.

Lalu, pada masa Versace Spring Summer 2022, bandana kembali digandrungi. Selain sebagai penutup atau ikat kepala, bandana juga sering dililit di pergelangan tangan, leher, dan sebagainya.

Baca Juga: 10 Barang yang Harus Dibawa Saat Mendaki Gunung oleh Pendaki Perempuan

6 Fakta Menarik bandana Multifungsi, Eigerian Wajib Tahu!

Kini bandana dipakai lebih sebagai aksesori. Bagi para pendaki, benda ini mempunyai fungsi-fungsi penting lainnya, apa saja?

1. Bisa Jadi Masker

Bandana multifungsi biasanya digunakan sebagai masker. Masker bandana ini biasanya dapat menutup hidung dan mulut agar tidak menghirup debu atau polusi.

Masker sangat cocok dipakai ketika Eigerian sedang mendaki lalu angin berembus dengan kencang. Lantaran, angin yang kencang bisa membawa banyak kotoran ke wajah, termasuk debu. 

Agar dapat digunakan sebagai masker, Eigerian bisa melipatnya menjadi segitiga. Lalu, biarkan lapisan terbuka di bagian depan. Jika sudah, bawa kedua sudut ke sisi kanan dan kiri leher. Berikutnya, ikat kedua ujung menjadi satu dengan simpul mati dan sesuaikan posisi masker sesuai dengan kebutuhan. 

2. Dijadikan Ikat kepala

Eigerian, bandana bisa dipakai sebagai ikat kepala untuk merapikan rambut yang tergerai, lho! Cobalah ikat bagian ekor atau ujung bandana di atas kepala seperti pita atau sembunyikan di lekukan leher. 

Agar bisa digunakan sebagai ikat kepala, cara yang bisa dilakukan, yaitu lipat bagian sudut bawah sampai ke atas hingga bentuknya menjadi segitiga. Lalu, ambil sudut atas segitiga dan lipat sama panjang ke arah dasar sampai membentuk tali.

Jika sudah, Eigerian bisa langsung mengikat rambut dengan bandana di sekitar kepala sesuai dengan yang diinginkan. Selain untuk mengikat rambut, bandana juga bisa digunakan agar rambut yang tergerai tampak lebih rapi. 

3. Sebagai Lapisan kerudung

Bandana multifungsi memiliki manfaat lainnya yang tidak kalah penting, lho Eigerian! Bagi Eigerian pendaki perempuan yang berhijab bandana bisa digunakan untuk menemukan ciput atau dalaman kerudung sebagai alternatif.

Dengan memakai bandana multifungsi, kerudung yang dipakai akan tampak lebih rapi dan tidak mudah melorot. Cara menjadikan bandana sebagai lapisan kerudung, yaitu lipat bandana sampai membentuk segitiga. 

Lalu, biarkan bagian yang lebar menutup rambut sementara kedua sudut lainnya di bawa ke sisi berlawanan kanan dan kiri kepala. Selanjutnya, ikatkan kedua ujung dengan simpul mati dan kerudung bisa mulai digunakan di atasnya. 

4. Pelengkap penampilan

Bandana multifungsi bisa digunakan juga untuk bergaya. Misalnya, gunakan bandana dengan melilitkannya di pergelangan tangan. 

Gaya ini bisa membuat Eigerian tampak seperti seorang rocker sekaligus utilitarian. Jika begitu, usahakan agar motif atau warna bandana cocok dengan pakaian yang digunakan. Cara menjadikan bandana multifungsi sebagai pelengkap penampilan, yaitu lipat bandana menjadi dua bagian hingga membentuk persegi panjang. 

Lipat sekali lagi jika ingin ukuran bandana bisa lebih kecil. Kemudian, lipat secara diagonal supaya bisa membentuk segitiga. Selanjutnya, lipat ujung segitiga sama panjang ke bagian dasar. Jika sudah, lilitkan bandana multifungsi di pergelangan tangan dan ikat di kedua ujung menjadi satu. 

5. Penyangga tangan ketika patah tulang

Bandana multifungsi bisa digunakan sebagai penyangga ketika patah tulang. Tangan patah atau patah tulang tangan bisa disebabkan oleh cedera di bagian tangan. 

Biasanya, saat tangan mengalami patah tulang, penderitanya akan merasa nyeri hebat di tangan dan bentuk tangan akan tampak tidak normal. Biasanya, penyebab tangan mengalami patah tulang, yaitu jatuh, kecelakaan motor atau mobil, cedera olahraga, dan kecelakaan di lingkungan kerja.

Agar cedera tangan yang patah tulang tidak semakin parah, sebaiknya segera pergi ke dokter. Penanganan perlu segera dilakukan agar tangan yang patah kondisinya tidak semakin parah.

6. Menahan keringat

bandana multifungsi
EIGER X – Pile Divisible

Bandana multifungsi biasanya dibuat dari bahan yang mudah menyerap maupun menahan keringat. Cahaya yang terik selama mendaki gunung, tidak jarang membuat keringat sejumlah pendaki bercucuran.

Agar tetap bisa asik mendaki sampai puncak, kamu bisa memakai bandana multifungsi untuk menahan keringat, Eigerian! Apalagi, bandana multifungsi EIGER X – Pile Divisible terbuat dari bahan nylon yang membuatnya cepat kering.

Selain itu, X – Pile Divisible juga merupakan headband yang cocok dipakai kapan pun dan apa pun kegiatannya. Bahan akriliknya yang elastis menjadikan headband ini mudah disesuaikan dengan lingkar kepala. 

Itulah 6 Fakta bandana Multifungsi yang jarang Eigerian ketahui. Eigerian, tertarik untuk mengoleksi bandana untuk pendakian? Ayo belanja bandana di website resmi EIGER, karena banyak penawaran menarik yang sayang jika dilewatkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru