HomeTips & TrickMountaineeringPunya Banyak Manfaat, Inilah Tips Melakukan Forest Bathing

Punya Banyak Manfaat, Inilah Tips Melakukan Forest Bathing

Apakah Eigerian sudah pernah mendengar istilah forest bathing sebelumnya? Berasal dari Jepang pada tahun 1980-an, saat ini forest bathing sudah lebih dikenal di penjuru dunia. Kegiatan ini bisa jadi penyejuk pikiran di saat penat dengan rutinitas atau pemicu stres sehari-hari, lho.

Forest bathing juga dikenal sebagai shinrin-yoku, di mana istilah ini menggambarkan kegiatan sederhana yaitu menghabiskan waktu di hutan atau alam dengan cara yang sadar dan penuh perhatian. Aktivitas yang satu ini bukan hanya tentang berjalan di hutan, akan tetapi lebih kepada pengalaman sensorik dan emosional yang mendalam dengan alam.

Dalam forest bathing, seseorang akan meresapi lingkungan alam, merasakan aroma hutan, mendengarkan suara alam, menyentuh tanah atau pepohonan, dan secara umum, membiarkan diri mereka tenggelam dalam kehadiran alam. Praktik ini diyakini punya manfaat kesehatan fisik dan mental, termasuk mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Kegiatan Forest Bathing

forest bathing
Sumber: Eiger Adventure

Forest bathing memang dikaitkan dengan berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Meskipun hasilnya bisa bervariasi antar individu, tapi beberapa manfaat umumnya mencakup hal-hal di bawah ini:

  1. Reduksi Stres: Kegiatan forest bathing diketahui bisa mengurangi tingkat hormon stres, seperti kortisol. Udara segar, suara alam, serta atmosfer hutan membantu menciptakan suasana yang menenangkan.
  2. Peningkatan Kesehatan Mental: Berada di alam terbuka akan membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Forest bathing juga dapat menjadi bentuk terapi alam yang mendukung kesehatan mental.
  3. Meningkatkan Konsentrasi dan Kreativitas: Pengalaman di alam juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kreativitas, lho. Kehadiran di hutan akan membantu membersihkan pikiran dan meningkatkan daya konsentrasi.
  4. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh: Kontak langsung dengan alam, termasuk melalui forest bathing, dapat memberikan stimulus positif pada sistem kekebalan tubuh, membantu melawan penyakit dan infeksi.
  5. Peningkatan Kualitas Tidur: Aktivitas di alam terbuka juga bisa membantu mengatur ritme sirkadian dan tidur. Itu artinya, forest bathing akan membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi masalah tidur.
  6. Peningkatan Energi dan Vitalitas: Berada di alam terbuka akan meningkatkan tingkat energi dan vitalitas seseorang. Udara segar, cahaya matahari, serta keindahan alam dapat memberikan dorongan positif.
  7. Peningkatan Daya Imajinasi dan Kesadaran: Forest bathing juga bisa merangsang daya imajinasi dan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar.

Baca juga: Menjelajah Hutan dengan Aman dan Nyaman, Perhatikan 8 Tips Ini 

Tips Melakukan Forest Bathing

forest bathing
Sumber: Eiger Adventure

Melihat ada banyak sekali manfaat dari menikmati atmosfer hutan untuk kesehatan mental, tentu saja aktivitas forest bathing sayang dilewatkan. Namun mungkin bagi yang tinggal di perkotaan, pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara memulainya?

Tak perlu khawatir, karena di bawah ini telah disiapkan beberapa tips untuk menjalankan kegiatan forest bathing dengan maksimal:

1. Pilih Lokasi dengan Bijak dan Sediakan Waktu yang Cukup

Pilihlah hutan atau area alam yang tenang dan nyaman bagi Eigerian dan pastikan tempat tersebut aman dan tidak terlalu ramai untuk meningkatkan pengalaman forest bathing. Sediakan waktu yang cukup untuk melakukan aktivitas forest bathing. Minimal adalah meluangkan waktu selama 20-30 menit untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

2. Datang dengan Pikiran Terbuka

Tips berikutnya, buka pikiranmu untuk pengalaman baru. Jangan membawa masalah atau pikiran stres ke dalam hutan, tapi cobalah untuk hadir sepenuhnya dalam momen tersebut. Hindari menganalisis atau memikirkan terlalu banyak hal, tapi sebaiknya biarkan pikiranmu bersantai dan mengalir tanpa terbebani oleh pemikiran berlebihan.

3. Berjalan dengan Lambat dan Gunakan Indra

Berjalanlah dengan santai dan lambat, lalu rasakan setiap langkah dan nikmati setiap detik pengalaman berada di hutan. Fokuskan perhatian pada indra, dan rasakan sentuhan angin, dengarkan suara alam, serta nikmati aroma hutan. Biarkan dirimu tenggelam dalam pengalaman sensorik.

4. Matikan Gadget, Hentikan Aktivitas Fisik dan Pikiran

Matikan ponsel atau gadget, lalu biarkan dirimu terputus dari dunia digital dan sepenuhnya terhubung dengan alam. Berhentilah sejenak untuk duduk atau berdiri diam, lalu biarkan tubuh dan pikiran Eigerian menjadi lebih rileks. Fokuslah pada napas dan biarkan pikiranmu mengalir bebas.

5. Sentuh Alam

Sentuhlah pohon, rerumputan, atau tanah lalu rasakan tekstur dan energi yang dapat Eigerian alami melalui sentuhan langsung dengan alam. Kemudian, lihat ke sekeliling dengan hati yang terbuka. Amati detail kecil dan keindahan di sekitarmu, dan biarkan dirimu menghargai keajaiban alam.

Jika memungkinkan, biarkan dirimu berjalan atau duduk tanpa tujuan khusus. Biarkan dirimu terbawa aliran alam tanpa batasan atau rencana tertentu.

6. Lakukan Secara Rutin

Melakukan forest bathing secara rutin dan teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Rutin beraktivitas di alam tentunya akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Baca juga: 5 Hutan Wisata Seru untuk Dikunjungi, Segera Agendakan!

Penting untuk diingat bahwa forest bathing bukanlah kegiatan yang memerlukan aturan kaku. Eigerian perlu menyesuai dengan preferensi dan kenyamanan pribadi, yang terpenting adalah Eigerian bisa menikmati momen dan biarkan dirimu meresapi keindahan alam.

Lalu, pastikan untuk memeriksa perbekalan sebelum pergi dan menyesuaikannya dengan jenis perjalanan dan kondisi hutan yang akan Eigerian kunjungi untuk melakukan forest bathing,ya! Jadikan pengalaman forest bathing lebih menyenangkan bersama EIGER Adventure. EIGER menghadirkan berbagai kebutuhan petualangan mulai dari apparel, aksesoris, dan berbagai kebutuhan lainya. Yuk, dapatkan produk originalnya di website resmi EIGER Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru