HomeTips & TrickTravelingBerkenalan dengan Geocaching, Games Seru Cari Harta Karun!

Berkenalan dengan Geocaching, Games Seru Cari Harta Karun!

Cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental adalah dengan menghabiskan lebih banyak waktu di alam. Kali ini Eigerian akan diperkenalkan salah satu permainan outdoor yang memadukan penjelajahan di lingkungan terbuka, yang dinamakan geocaching.

Permainan perburuan “simpanan” atau harta karun ini sangat seru dilakukan bersama keluarga atau teman-teman. Dengan menjelajahi satu wilayah ke wilayah lainnya, kamu cukup memanfaatkan alat dan petunjuk yang tersedia untuk menemukan harta karun atau cache yang diincar. 

Penasaran apa saja aspek menarik dan bagaimana cara melakukan permainan outdoor ini dilakukan?

“Geocaching”, Games Cari Harta Karun di Alam Bebas

Geocaching adalah kombinasi antara aktivitas outdoor dan sarana edukasi yang menyenangkan untuk semua kalangan dari berbagai usia. Ini adalah jenis permainan berburu harta karun yang biasanya diikuti secara individu maupun berkelompok. Alat bantu yang dibutuhkan untuk mencari cache atau harta karun yang disembunyikan yaitu menggunakan perangkat yang dilengkapi teknologi GPS.

Intinya, geocaching adalah games menyembunyikan dan menemukan lokasi “harta karun” atau wadah yang dipenuhi barang-barang kecil dengan menggunakan koordinat GPS. Permainan ini bisa dilakukan kapan saja, cukup bermodalkan keinginan untuk menjelajah dan dapat mengakses GPS. 

Bukan tanpa tujuan, games seru ini punya tujuan untuk mengajak orang-orang lebih mengenali dunia di sekitar mereka atau bahkan membawa mereka ke tempat-tempat yang sama sekali belum pernah dikunjungi sebelumnya. 

Aspek Menarik dari Geocaching adalah..

1. Kapan Games ini Pertama Kali Dilakukan?

Geo-caching mirip dengan permainan Letterboxing yang dimainkan pada tahun 1854, bedanya harta karun diletakkan di dalam kotak pos. Geocacher pertama adalah Dave Ulmet yang memainkan games ini di Oregon pada tahun 2000. Sejak saat itu, permainan berburu harta karun ini mulai berkembang dan populer di kalangan komunitas pecinta geografi dan para petualang.

2. Syarat Permainan

Untuk dapat memainkan games ini, geocacher terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Geocaching dan melakukan registrasi. Setelah akun resmi terdaftar, peta untuk mencari cache baru akan ditampilkan dan petualangan bisa langsung dimulai.

Cache yang sudah ditemukan harus dikembalikan di tempat asal untuk dicari oleh geocacher lainnya. Jika cache ingin diambil, tinggalkan benda lain yang mempunyai nilai yang sama atau bahkan lebih berharga. Jangan sekali-kali memindahkan cache dari tempat asalnya.

Uniknya, tempat penemuan cache bisa sangat beragam, mulai dari taman kota, pinggir hutan, dan lainnya. Cache bebas disembunyikan di mana saja, selama tidak membahayakan keselamatan, kagramrena games ini diikuti oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua.

3. Menyiapkan Peralatan yang dibutuhkan

Agar permainan geocaching dapat dilakukan, Eigerian perlu untuk mempersiapkan beberapa peralatan dasar di antara lain seperti:

  • Perangkat GPS portabel atau smartphone yang memiliki GPS
  • Aplikasi Geocaching yang diunduh di smartphone
  • Ransel
  • Buku catatan dan pena untuk mencatat geocache yang ditemukan
  • Barang-barang kecil yang ditempatkan dalam wadah kedap air (seperti pernak-pernik, mainan, koin, dan lainnya)
  • Pakaian yang sesuai dan nyaman untuk aktivitas luar ruangan, mulai dari jaket tahan air, celana, sepatu, dan lain-lain

Cara Mudah Memainkan Games Berburu Geocache

Ilustrasi pernak-pernik geocache. Sumber: instagram.com/geocaching

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, permainan mencari harta karun ini dilakukan dengan bermodal GPS untuk menyembunyikan dan mencari benda unik yang disebut “geocache” atau “cache”. Simpanan berisi benda unik ini disembunyikan di titik-titik tertentu yang ditandai dengan koordinat.

Untuk memainkan permainan seru satu ini, ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan sebelum terjun langsung ke lapangan dan menjelajah!

  • Tugas geocacher adalah misi mencari cache berbentuk kotak kecil menggunakan perangkat GPS atau smartphone berteknologi GPS.
  • Bagi yang sudah berhasil menemukan cache, tuliskan data penemuan dalam aplikasi Geocaching yang dapat diunduh di smartphone.
  • Setelah ditemukan, geocache harus dikembalikan lagi ke tempat semula untuk dicario oleh geocacher lainnya.
  • Isi dari kotak geocacher memang tidak istimewa, namun petualangan untuk mencarinya menjadi letak keseruan dari games satu ini.

Melalui aplikasi Geocaching yang telah diunduh di smartphone, kita bisa mengecek ternyata ada banyak geocache yang lokasinya di Indonesia. Tercatat telah ada sekitar 261 cache yang titik penyebarannya mencakup pantai-pantai di Pulau Bali sampai di kawasan Gunung Bromo.

Baca juga: Cara Menggunakan Kompas HP dan Bidik dengan Benar, Anti Tersesat

Kenakan Produk Fashion dari EIGER yang Nyaman untuk Aktivitas Outdoor 

Para pemain yang disebut sebagai geocacher, perlu mengenakan pakaian yang sesuai dan nyaman agar pergerakan di luar ruangan jadi lebih bebas. Pastikan Eigerian untuk mengenakan pakaian atasan dan celana bawahan yang terbuat dari bahan yang nyaman serta mudah menyerap keringat. 

Berikut ini adalah rekomendasi celana dan pakaian atasan sebagai outfit melakukan permainan berburu harta karun.

EIGER KROMOA WOMEN CARGO PANTS

Kromoa Women Cargo juga bisa menjadi pilihan tepat saat Eigerian mencari celana dengan banyak saku yang pas untuk berkegiatan di luar ruangan sekaligus melakukan aktivitas harian. Terbuat dari bahan yang elastis dengan sedikit aksen tapered, celana cargo ini membuat Eigerian dapat bergerak dengan nyaman baik saat menjalani kegiatan lainnya.

EIGER Kentawan SS Oversize Tees

Persiapkan dirimu untuk petualangan baru dengan memakai kaus lengan pendek Kentawan yang nyaman untuk aktivitas sehari-hari. Kaus berbahan katun 16’S dengan potongan longgar/oversized ini dirancang dengan sablon grafis EIGER di bagian dada.

Selain mengenakan pakaian dan celana yang tepat, lengkapi perlengkapan lainnya mulai dari rompi, topi, tas, jaket, kompas, jam tangan, dan sepatu atau sandal untuk beraktivitas di luar ruangan. Daftar perlengkapan aktivitas outdoor tersebut tersedia juga lho di EIGER!

EIGER Vipera Shoes – Rp1.429.000

EIGER Vipera Shoes adalah sepatu mid-cut yang didesain ringan, breathable, dan mampu memberikan kenyaman pada kaki lewat konstruksi Flexeleton yang fleksibel. Selain itu juga Vibram Rollingait System yang dapat membantu mengurangi tegang otot pada pergelangan kaki.

EIGER Vipera Shoes siap menemanimu menghadapi berbagai medan di alam bebas!

Yuk segera temukan dan belanja berbagai produk fashion berkualitas untuk pria, wanita, dan anak-anak melalui situs resmi Eiger Adventure Official. Dengan jaminan kualitas produk original, kamu bisa memilih produk fashion sesuai selera dan kebutuhanmu.

Dapatkan harga dan promo menarik setiap saat dengan banyak pilihan metode pembayaran yang memudahkan, serta gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Buruan, lengkapi koleksi produk EIGER untuk outfit nyamanmu sehari-hari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru